23 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Daftar Makanan & Minuman yang Bisa Meredakan Nyeri Haid

  • Bagikan
Meredakan nyeri haid
Nyeri haid (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Banyak wanita yang bermasalah dengan haid atau menstruasi setiap bulannya. Jika Anda khawatir dengan nyeri saat haid, mengapa tidak memperhatikan keseimbangan gizi dan makanan serta minuman. Lalu pertanyaannya, apa makanan dan minuman yang meredakan nyeri haid?

Ahli diet di klinik medis umum Jepang, Miyuki Kitagawa menjelaskan bahwa memperhatikan pola makan sehari-hari dapat membantu mencegah atau meringankan nyeri haid atau kram menstruasi. Asupan protein, karbohidrat, lemak, sayuran, dan buah yang seimbang akan membantu menyeimbangkan hormon Anda.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Melalui laman woman-type.jp, Kitagawa meminta agar para wanita berhati-hati dengan makanan yang condong ke makanan olahan, makanan instan, permen, dan karbohidrat. Sebisa mungkin usahakan untuk membuat makanan rumahan. Jika sulit, lebih baik memilih makanan yang sedikit pengolahan.

“Sarapan adalah suatu keharusan, meskipun sederhana. Jika Anda melewatkan sarapan, Anda akan kehabisan nutrisi yang menjadi sumber energi Anda untuk hari itu,” ucap Kitagawa.

Dari penjelasan Kitagawa, berikut ini daftar makanan dan minuman yang meredakan nyeri haid.

1. Yoghurt

Susu yang dihasilkan melalui fermentasi bakteri tertentu akan menjadi yoghurt. Makanan ini rasanya agak asam dan bentuknya seperti krim. Untuk meredakan kram menstruasi, jangan hanya mengkonsumsi yoghurt tapi perlu juga sayur dan buah.

Perhatikan juga, bahwa untuk mencerna dan menyerap apa yang Anda makan, suhu makanan di perut Anda harus naik ke tingkat yang sama dengan suhu tubuh Anda. Jadi, pilihlah minuman dan makanan bersuhu ruangan atau hangat untuk mengurangi beban tubuh Anda.

2. Bawang Bombai

Jenis ini tergolong bawang besar yang dapat Anda temukan di pasar atau super market. Selain jadi bumbu masakan, bawang bombai ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya, bawang bombai dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Komponen berbau “allicin” yang terkandung dalam dinding sel bawang bombai memiliki efek melancarkan sirkulasi darah dan menghangatkan tubuh. Ini larut dalam air, maka membuat bawang bawang bombai jadi saus adalah pilihan terbaik.

Untuk mencegah dan meredakan nyeri haid, penting untuk mencegah tubuh kedinginan dan sebaiknya meningkatkan sirkulasi darah. Bahan rekomendasi untuk ini selain bawang bombai adalah bawang putih, daun bawang, jahe, bawang merah, dan daun bawang. Sayuran ini mengandung komponen penciuman dan rasa pedas yang dapat memberikan efek menghangatkan tubuh.

Kacang-kacangan seperti alpukat, labu, paprika merah, dan almond, serta belut kaya akan vitamin E dan membantu melancarkan sirkulasi darah. Dengan melancarkan sirkulasi dalam tubuh dan mencegah kontraksi rahim yang berlebihan, nyeri haid dapat berkurang.

3. Jahe

Bahan pedas “gingerol” yang terkandung dalam jahe mentah berubah menjadi “shogaol” saat dipanaskan atau dikeringkan. Ini dapat memperlancar aliran darah dan menghangatkan tubuh.

Jika Anda meminumnya panas, itu akan membuat Anda lebih hangat. Gingerol memiliki efek bakterisidal, sehingga baik untuk awal masuk angin.

4. Alpukat, Labu, Almond

Alpukat, labu, dan almond semuanya kaya akan vitamin E yang meningkatkan sirkulasi darah. Karena vitamin E larut dalam lemak/minyak, lebih baik bila memasaknya dengan perpaduan keduanya. Masak labu hingga lunak, lalu campur dengan mayones dan makanlah.

5. Nasi Merah, Tiram, Bayam, Biji Wijen, Kacang Tanah, Ubi Jalar

Salah satu penyebab nyeri haid adalah kontraksi rahim saat haid. Jika terlalu banyak kalsium intraseluler, rahim akan berkontraksi lebih banyak. Jadi Anda perlu mengkonsumsi magnesium, yang berfungsi mengeluarkan kelebihan kalsium.

Magnesium banyak terkandung dalam nasi merah, tiram, bayam, biji wijen, kacang tanah, dan ubi jalar.

Selain itu, Anda juga perlu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6 seperti bawang putih, tuna, bonito, salmon, sauri, ayam, dan hati. Makanan yang kaya vitamin B6 dapat mengendurkan rahim dengan cara yang sama seperti magnesium. (===)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan