13 July 2024
Indeks

7 Manfaat Nutrisi Jeruk Nipis, Kenali Efek Sampingnya

  • Bagikan
Jeruk nipis (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Jeruk nipis atau lemon nipis adalah buah yang asam, bulat, berwarna hijau cerah hingga kuning, dan dapat mengeluarkan aroma khas. Pohon jeruk nipis tergolong kecil, banyak cabang, dan berduri.

Secara internasional, ada banyak spesies jeruk nipis yakni jeruk kunci (Citrus aurantifolia), jeruk persia (Citrus latifolia), jeruk gurun (Citrus glauca), dan jeruk makrut (Citrus hystrix). Masing-masing spesies ini memiliki karakteristik yang unik, tapi manfaat nutrisi yang dikandungnya sama-sama baik untuk tubuh.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Melansir laman Healtline, berikut penjelasan tentang manfaat nutrisi jeruk nipis, serta kegunaan dan efek sampingnya.

Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Mereka dapat membantu meningkatkan kekebalan, mengurangi kemungkinan penyakit jantung, mencegah batu ginjal, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Meski kecil, jeruk nipis sarat dengan nutrisi – terutama vitamin C. Satu jeruk nipis utuh (67 gram) menyediakan: Kalori= 20; Karbohidrat=7 gram; Protein= 0,5 gram; Serat= 1,9 gram; Vitamin C= 22% dari Nilai Harian (DV); Besi= 2% dari DV; Kalsium= 2% dari DV; Vitamin B6= 2% dari DV; Tiamin= 2% dari DV; Kalium= 1% dari asupan makanan yang direkomendasikan.

Jeruk nipis juga mengandung sejumlah kecil riboflavin, niasin, folat, fosfor, dan magnesium. Dengan kandungannya yang kaya nutrisi tersebut maka memakan buah jeruk nipis atau minum air jeruk nipis memberikan berbagai manfaat kesehatan.

1. Sumber antioksidan yang baik

Antioksidan adalah senyawa penting yang melindungi sel Anda dari molekul yang disebut radikal bebas. Dalam jumlah tinggi, radikal bebas dapat merusak sel Anda, dan kerusakan ini terkait dengan kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan banyak jenis kanker.

Jeruk nipis kaya akan senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh Anda, termasuk flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat.

2. Dapat meningkatkan kekebalan

Jeruk nipis kaya akan vitamin C, nutrisi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Dalam penelitian tabung reaksi, vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang membantu melindungi tubuh Anda dari infeksi dan penyakit.

Dalam penelitian pada manusia, mengonsumsi vitamin C membantu mempersingkat durasi dan tingkat keparahan pilek.

Vitamin C juga dapat membantu luka pulih lebih cepat dengan mengurangi peradangan dan merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein esensial yang membantu perbaikan luka.

Selain vitamin C, jeruk nipis adalah sumber antioksidan yang bagus, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mempertahankan sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Bisa membuat kulit jadi sehat

Jeruk nipis memiliki beberapa khasiat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Pertama, mereka tinggi vitamin C. Vitamin ini diperlukan untuk membuat kolagen, protein yang membuat kulit Anda kencang dan kuat. Jeruk nipis ukuran sedang (67 gram) menyediakan lebih dari 20% Nilai Harian untuk nutrisi ini.

Misalnya, satu penelitian yang lebih tua pada lebih dari 4.000 wanita menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak vitamin C memiliki risiko keriput dan kulit kering yang lebih rendah seiring bertambahnya usia.

Kedua, jeruk nipis mengandung antioksidan tinggi, yang dapat membantu memerangi perubahan kulit yang berkaitan dengan usia.

Stres oksidatif adalah suatu kondisi akibat ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh Anda. Ini dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.

Sebuah penelitian pada tikus menemukan bahwa meminum minuman jeruk secara positif memengaruhi beberapa tanda ini dengan mengurangi kerutan dan meningkatkan produksi kolagen.

4. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

menurut sebuah penelitian yang lebih tua, jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Selain itu, vitamin C dapat melindungi dari aterosklerosis – penyakit di mana plak menumpuk di arteri Anda, membuatnya menyempit.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa memberi makan kulit jeruk nipis dan jus kelinci membantu memperlambat perkembangan aterosklerosis.

5. Dapat mencegah batu ginjal

Batu ginjal adalah kristal mineral kecil yang seringkali menyakitkan untuk dikeluarkan. Mereka dapat terbentuk di dalam ginjal Anda ketika urin Anda sangat pekat atau Anda memiliki mineral pembentuk batu tingkat tinggi, seperti kalsium, dalam urin Anda.

Buah jeruk seperti jeruk nipis mengandung asam sitrat tinggi, yang dapat mencegah batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urin.

Satu studi menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak buah jeruk memiliki risiko batu ginjal yang jauh lebih rendah.

6. Meningkatkan penyerapan zat besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Kadar zat besi darah yang rendah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Tanda-tanda anemia defisiensi besi antara lain kelelahan, kesulitan bernapas saat berolahraga, pucat, serta kulit dan rambut kering.

Orang yang menjalani pola makan vegan atau vegetarian berisiko lebih besar mengalami anemia defisiensi besi, karena produk nabati mengandung zat besi yang tidak terserap dengan baik seperti zat besi dalam daging dan produk hewani lainnya.

Makanan tinggi vitamin C, seperti jeruk nipis, dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

Misalnya, satu penelitian pada orang yang mengikuti diet vegetarian menemukan bahwa meminum segelas limun (8,5 ons atau 250 mL) bersamaan dengan makanan nabati meningkatkan penyerapan zat besi hingga 70%.

7. Dapat menurunkan risiko kanker

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak normal. Buah jeruk memiliki senyawa yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu.

Secara khusus, flavonoid – yang berfungsi sebagai antioksidan – dapat membantu menghentikan ekspresi gen yang mendorong perkembangan kanker.

Selain itu, penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa buah jeruk dapat menekan pertumbuhan atau penyebaran usus besar, tenggorokan, pankreas, payudara, sumsum tulang, limfoma, dan sel kanker lainnya.

Potensi Efek Samping Jeruk Nipis

Jeruk nipis umumnya aman dikonsumsi dengan sedikit atau tanpa efek samping. Namun, jika Anda alergi terhadap buah jeruk lainnya, hindari jeruk nipis, karena dapat menyebabkan gejala alergi makanan, seperti pembengkakan, gatal-gatal, dan kesulitan bernapas. Jika ini terjadi, segera cari bantuan medis.

Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami refluks asam karena makan jeruk nipis atau minum jus karena keasamannya. Gejala pencernaan lainnya mungkin termasuk mulas, mual, muntah, dan kesulitan menelan.

Jeruk nipis sangat asam dan paling baik dinikmati dalam jumlah sedang. Makan banyak jeruk nipis dapat meningkatkan risiko gigi berlubang, karena asam dalam jeruk nipis – dan buah jeruk lainnya – dapat mengikis enamel gigi.

Untuk melindungi gigi Anda, pastikan untuk berkumur dengan air putih setelah makan jeruk nipis atau minum jusnya.

Dalam beberapa kasus, mengoleskan jeruk nipis langsung ke kulit Anda dapat membuatnya lebih sensitif terhadap sinar ultraviolet (UV) matahari dan menyebabkan peradangan. Ini dikenal sebagai fitofotodermatitis. (===)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan