23 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Gejala Menopause dan Siapa Saja yang Rentan Mengalaminya

  • Bagikan
Pasangan. (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Menopause adalah istilah yang tersematkan kepada kaum wanita ketika tidak subur lagi untuk berketurunan. Namun ternyata, seorang pria bisa saja mengalami menopause loh.

Gejala menopause terjadi karena penurunan hormon estrogen pada wanita dan testosteron pada pria. Bagi wanita, menopause mulai saat siklus menstruasi menjadi lebih pendek atau muncul ketidakteraturan menstruasi.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Gejala menopause yang menonjol dipengaruhi oleh kebiasaan gaya hidup dan lingkungan sekitar. Memperbaiki kebiasaan gaya hidup dan hidup di lingkungan yang bebas stres penting untuk bertahan dari menopause.

Selama menopause, Anda mungkin mengalami gejala. Tidak jarang beberapa di antaranya mengganggu kehidupan sehari-hari. Jika menurut Anda itu adalah gejala menopause, lakukan pemeriksaan sendiri dan cek indeks menopause. Bergantung pada skornya, mungkin perlu mengunjungi institusi medis. Jangan khawatir sendirian, bicarakan dengan rumah sakit.

Dikutip dari life.saisoncard.co.jp, berikut penjelasan tentang gejala-gejala menopause serta ciri-cirinya.

Apa Itu Menopause?

Periode 10 tahun, yang meliputi lima tahun sebelum menopause dan lima tahun setelah menopause. Usia rata-rata menopause, misalnya di Negara Jepang, adalah sekitar 50 tahun, tetapi terdapat perbedaan individu yang besar.

Menopause sudah cukup parah jika mengganggu kehidupan sehari-hari. Pada wanita, gejala muncul saat kadar estrogen turun tajam, dan pada pria, gejala bisa muncul di akhir usia 40-an saat kadar testosteron mulai menurun.

Ciri-ciri Orang yang Rawan Menopause

Penyebab utama menopause pada wanita adalah penipisan estrogen. Estrogen tidak berhenti disekresikan secara tiba-tiba, tetapi secara bertahap menurun saat berfluktuasi. Namun, tidak hanya penurunan estrogen tetapi juga faktor lain yang terlibat secara kompleks. Ada tiga faktor yang berkontribusi terhadap timbulnya menopause: faktor fisik seperti penuaan, faktor psikologis seperti riwayat pengasuhan dan kepribadian, faktor sosial seperti hubungan di tempat kerja dan di rumah.

Menopause juga sebagai gangguan stres. Gejalanya cenderung berat bagi mereka yang memiliki kepribadian negatif dan mereka yang tidak menjalin hubungan dengan baik.

Mereka yang tidak dapat menghasilkan equol (zat mirip estrogen) dalam tubuhnya lebih mungkin mengalami gangguan menopause dibandingkan mereka yang dapat menghasilkan equol.

3 Gejala Menopause

Gejala menopause pada wanita secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga jenis. Gejala umum termasuk kilatan tiba-tiba yaitu hot flashes, bahu kaku, dan sakit kepala. Selain karena penurunan estrogen juga disebabkan oleh berbagai faktor seperti lingkungan dan kepribadian, serta adanya perbedaan individu. Jika gejala yang diperkenalkan di sini mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kandungan.

1. Gejala yang berkaitan dengan pelebaran pembuluh darah dan pembuangan panas

Gejala menopause yang paling umum terkait dengan vasodilatasi dan pembuangan panas meliputi: semburan panas, hot flash, dan berkeringat.
Hot flashes adalah gejala di mana tubuh tiba-tiba menjadi panas dan berkeringat tak terkendali. Sekitar 60% wanita mengalaminya.

2. Gejala fisik

Gejala fisik meliputi: pusing, palpitasi, rasa sesak di dada, sakit kepala, bahu kaku, sakit pinggul atau punggung, nyeri sendi, dingin, mati rasa, dan merasa mudah lelah.

Penyebabnya bervariasi tergantung gejalanya. Ada hal-hal karena gangguan saraf otonom yang disebabkan oleh fluktuasi dan penurunan estrogen dan berbagai tekanan.

3. Gejala kejiwaan

Gejala kejiwaan meliputi: suasana hati yang tertekan, kehilangan motivasi, merasa terganggu, ketidakstabilan emosi, dan insomnia.

Munculnya gejala mental tidak hanya karena ketidakseimbangan hormon, tetapi juga karena stres sehari-hari. Jika Anda menjalani kehidupan yang penuh tekanan, gejalanya bisa menjadi parah dan mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, jadi berhati-hatilah. (===)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan