16 June 2024
Indeks
Iklan Dispar Sultra Jelajahi Sulawesi Tenggara

Susu Jadi Penyebab Jerawat, Simak Penjelasan Ini

  • Bagikan
Susu Penyebab Jerawat
Susu jadi penyebab jerawat. (Sumber gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Pernahkah jerawat Anda bertambah setelah mengkonsumsi susu atau produk turunannya. Susu sebagai penyebab jerawat masih memerlukan penelitian atau studi lebih lanjut.

Jerawat adalah bisul berukuran kecil terutama terjadi pada wajah, khususnya pada remaja. Tak hanya pada muka jerawat juga bisa terjadi di punggung, bahu, dan dada.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Melansir healthline, banyak faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan jerawat, termasuk genetika, stres, dan kadar hormon yang berfluktuasi.

Pemicu makanan, terutama produk susu, juga berperan dalam timbulnya jerawat, meskipun kaitan ini masih kontroversial.

Pola makan dapat memainkan peran penting dalam perkembangan jerawat. Makanan dari produk susu sering disebut-sebut sebagai penyebab utama timbulnya jerawat.

Tinjauan terhadap 14 penelitian menemukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara susu dan perkembangan serta tingkat keparahan jerawat pada remaja dan orang dewasa.

Namun penelitian tersebut bersifat observasional, artinya tidak dapat membuktikan hubungan sebab-akibat.

Namun demikian, mengonsumsi susu dan produk susu telah terbukti meningkatkan hormon yang terlibat dalam perkembangan jerawat yang disebut faktor pertumbuhan seperti insulin 1.

Kendati susu dihubungkan sebagai penyebab jerawat, tidak semua produk susu dikaitkan dengan perkembangan jerawat, misalnya yogurt dan keju. (===)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan