15 July 2024
Indeks

Empat Penyebab Penuaan Kulit Terjadi Lebih Cepat

  • Bagikan
Penuaan kulit
Penuaan kulit. (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Berapa uang yang Anda habiskan untuk perawatan kulit? Pastilah banyak sekali, apalagi dengan cara pewatan modern yang mahal dan berkelas. Tahukah Anda apa saja penyebab penuaan kulit terjadi lebih cepat? Berikut ini penjelasannya.

Penurunan Hormon Wanita

Kerutan membuat wajah Anda terlihat lebih tua. Ini karena jumlah serat kolagen berkurang seiring bertambahnya usia dan kulit kehilangan elastisitasnya. Estrogen, hormon wanita, adalah kunci produksi kolagen dan elastin.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Estrogen, yang juga dikenal sebagai hormon kecantikan kulit, mulai berkurang secara bertahap sekitar pertengahan usia 40-an, dan menurun tajam sekitar masa menopause, menyebabkan flek, kerutan, dan kendur.

Oksigen Reaktif

Oksigen aktif memiliki efek positif melindungi tubuh dari bakteri patogen dan virus jika dalam jumlah yang sesuai, tetapi memiliki sifat menghancurkan bahkan sel normal bila dihasilkan secara berlebihan.

Proliferasi oksigen aktif dalam tubuh menyebabkan kanker, arteriosklerosis, diabetes, dan lain sebagainya serta penuaan kulit. Peningkatan oksigen aktif menghancurkan kolagen dan elastin, mempercepat penuaan.

Oksigen aktif dihasilkan tidak hanya dari oksigen yang masuk ke tubuh melalui pernapasan, tetapi juga dari bahan tambahan makanan, stres, dan sinar ultraviolet, jadi Anda harus berhati-hati dengan apa yang Anda makan.

Proses Glikasi

Glikasi kulit merupakan penyebab utama cepatnya penuaan kulit. Glikasi mengacu pada kerusakan sel karena kelebihan gula yang diambil dari makanan yang mengikat protein.

Zat buruk yang dihasilkan saat terglikasi disebut AGEs (advanced glycation end products). Akumulasi AGEs dalam pembuluh darah menyebabkan infark miokard dan infark serebral, akumulasi pada tulang menyebabkan osteoporosis, dan akumulasi pada mata berkontribusi pada katarak, yang memengaruhi kesehatan seluruh tubuh.

Sinar Ultraviolet

Akumulasi kerusakan Ultraviolet (UV) adalah penyebab utama bintik hitam. Pigmen melanin yang dihasilkan oleh reaksi perlindungan UV umumnya kembali ke warna kulit asli dalam waktu sekitar 4 minggu, tetapi karena siklus pergantian melambat seiring penuaan, akumulasi pada kulit tetap ada dan akhirnya menjadi noda sebagai pigmentasi. (===)

 

Sumber: life.saisoncard.co.jp

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan