18 April 2024
Indeks

Stres Menyebabkan Kemandulan pada Wanita dan Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

  • Bagikan
Stres Wanita
Stres pada wanita. (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Ketika Anda mencoba untuk hamil, mungkin Anda cenderung merasa tidak sabar dan cemas karena tidak bisa hamil, dan dapat terluka oleh kata-kata santai orang-orang di sekitar sehingga Anda cenderung stres.

Tahukah Anda, ketika stres menumpuk, itu memengaruhi pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, dan jatuh ke dalam lingkaran setan yang menyebabkan stres lagi. Selain itu, stres dapat berdampak negatif pada kehamilan. Karena itu, selama perawatan kehamilan dan kesuburan, penting untuk mengurangi stres.

Iklan Astra Honda Sultratop

Melalui laman sugucare.jp, Ahli Reproduksi dari Universitas Kedokteran di Jepang Yoshitomo Kobori menjelaskan secara detail bagaimana stres saat hamil menyebabkan kemandulan dan bagaimana cara mengatasi stres saat hamil. Berikut penjelasannya.

Stres yang berlebihan dapat menyebabkan masalah ovulasi dan implantasi

Biasanya, sel telur berkembang sesuai dengan urutan hormonal, dan sel telur yang berkembang dengan baik mengalami ovulasi. Namun, stres yang berlebihan mengganggu sekresi hormon yang diperlukan untuk menyebabkan ovulasi, yang mencegah sel telur mengeluarkan instruksi dengan benar dan menyebabkan gangguan ovulasi.

Banyak dari Anda mungkin pernah mengalami tidak haid saat pindah, mendapat pekerjaan baru, atau menjelang ujian. Inilah tepatnya bagaimana stres memengaruhi ovulasi.

Selain itu, ketika sistem saraf otonom terganggu oleh stres, itu juga mengganggu sekresi hormon luteinizing, yang diperlukan untuk memudahkan telur yang telah dibuahi tertanam di dalam rahim. Tanpa progesteron yang cukup, lapisan rahim tidak bisa cukup menebal, menyebabkan kegagalan implantasi.

Gangguan ovulasi dan implantasi adalah salah satu penyebab paling umum kemandulan wanita. Agar tidak meningkatkan risiko kemandulan, penting untuk mendapatkan metode pereda stres dan pengendalian diri Anda sendiri.

Cara mengatasi stres selama kehamilan dan perawatan kesuburan

Selain stres sehari-hari selama kehamilan, ada banyak kekhawatiran dan tekanan. Namun, Anda bisa mengurangi risiko kemandulan akibat stres dengan cara melepaskan dan menyelesaikannya secara tepat tanpa terlalu banyak menahannya sendiri.

Berikut cara khusus untuk mengatasi stres yang dapat Anda coba.

Menyesuaikan kebiasaan sehari-hari

Untuk mengatasi stres dengan baik, yang terpenting adalah tubuh sehat terlebih dahulu. Pastikan Anda makan makanan yang seimbang, tidur dan istirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur.

Secara khusus, olahraga memiliki efek melepaskan perasaan negatif dan mengatur ritme tidur. Jika Anda bekerja terlalu keras, Anda akan lelah.

Tuliskan stres di atas kertas

Ketika stres, kecemasan, dan ketidaksabaran kehamilan dan perawatan kesuburan tumbuh dan menyakitkan, tuliskan di atas kertas. Dengan menuliskan kekhawatiran dan stres Anda, Anda dapat melihatnya secara objektif, dan Anda akan dapat memikirkan berbagai hal dengan tenang.

Demikian pula, memiliki seseorang untuk diajak bicara dan mendengarkan dapat membantu Anda merasa lebih ringan. Bicaralah dengan seseorang yang Anda percayai, seperti pasangan, teman, atau anggota keluarga. Jika Anda merasa kesulitan untuk berbicara tentang kesuburan dan perawatan kesuburan, maka Anda bisa melakukan konseling kesuburan yakni berkonsultasi dengan dokter spesialis. (===)



google news sultratop.com
  • Bagikan