13 April 2024
Indeks

7 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Sangat Menyehatkan Tubuh

  • Bagikan
Buncis
Buncis tergolong makanan tinggi karbohidrat yang sangat menyehatkan. (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Meskipun diet rendah karbohidrat bermanfaat bagi sebagian orang, tidak ada alasan untuk menghindari makanan tinggi karbohidrat. Melansir Healthline, berikut adalah 7 makanan tinggi karbohidrat yang sangat sehat bagi tubuh Anda.

1. Buncis

Buncis adalah bagian dari keluarga kacang-kacangan. Buncis yang dimasak mengandung 27,4 gram karbohidrat per porsi 100 gram, bersama dengan hampir 8 gram serat. Bahan makanan ini juga merupakan sumber protein nabati yang baik.

Iklan Astra Honda Sultratop

Buncis mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk zat besi, fosfor, dan vitamin B. Buncis tidak hanya dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung dan pencernaan, tetapi beberapa penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa buncis juga dapat membantu melindungi dari jenis kanker tertentu. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

2. Jeruk Bali

Ini adalah buah jeruk dengan rasa manis, asam, dan pahit. Jeruk bali mengandung sekitar 8% karbohidrat dan kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan.

Menurut beberapa penelitian pada manusia dan hewan, jeruk bali dapat meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan manajemen gula darah.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa senyawa tertentu yang dalam jeruk bali dapat membantu mencegah batu ginjal, menurunkan kadar kolesterol, bahkan berpotensi memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Namun, para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian tentang efek jeruk bali pada manusia.

3. Kacang Merah

Kacang merah adalah anggota keluarga kacang-kacangan. Kacang merah yang dimasak mengandung sekitar 21,5 gram karbohidrat per 100 gramnya, dalam bentuk pati dan serat. Legum ini juga tinggi protein.

Kacang merah adalah sumber yang baik dari banyak vitamin, mineral, dan senyawa tanaman. Kacang ini juga kaya akan senyawa antioksidan, termasuk antosianin dan isoflavon.

Banyak manfaat kesehatannya termasuk peningkatan regulasi gula darah dan penurunan risiko kanker usus besar dengan mengkonsumsi kacang merah.

4. Pisang

Pisang adalah buah populer yang paling banyak penggemarnya. Satu pisang besar (136 gram) mengandung sekitar 31 gram karbohidrat, baik dalam bentuk pati maupun gula (20).

Pisang juga tinggi potasium dan vitamin B6 dan C, serta mengandung beberapa senyawa tanaman yang bermanfaat.

Berkat kandungan potasiumnya yang tinggi, pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Pisang hijau mentah lebih tinggi pati. Ini berubah menjadi gula alami saat pisang matang, berubah menjadi kuning dalam prosesnya. Jadi, Anda akan cenderung mendapatkan lebih banyak pati dan lebih sedikit gula jika Anda makan pisang saat kurang matang.

Pisang mentah dan kurang matang juga mengandung pati resisten dan pektin dalam jumlah yang cukup, keduanya mendukung kesehatan pencernaan dan menyediakan bahan bakar untuk bakteri yang menguntungkan di usus Anda.

5. Jeruk

Buah jeruk terdiri dari air dan terdiri dari sekitar 15,5 gram karbohidrat per porsi 100 gram. Jeruk juga merupakan sumber serat yang baik .

Jeruk sangat kaya akan vitamin C, potasium, dan beberapa vitamin B. Selain itu, mengandung asam sitrat, serta beberapa senyawa tumbuhan dan antioksidan yang kuat.

Makan jeruk dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah batu ginjal. Jeruk juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan lain yang Anda makan, yang dapat membantu melindungi dari anemia defisiensi besi.

6. Apel

Apel terkenal dengan rasanya yang manis, asam, dan teksturnya yang renyah.

Buah ini tersedia dalam berbagai warna, ukuran, dan rasa, yang semuanya umumnya mengandung sekitar 14–16 gram karbohidrat per 100 gram.

Apel juga mengandung banyak vitamin dan mineral, tetapi biasanya hanya dalam jumlah kecil.

Namun, apel adalah sumber vitamin C, antioksidan, dan serat yang baik.

Apel juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan, termasuk peningkatan pengelolaan gula darah dan kesehatan jantung.

Penelitian awal menunjukkan bahwa menambahkan apel ke dalam makanan Anda bahkan dapat dikaitkan dengan penurunan risiko jenis kanker tertentu. Namun ini masih perlu lebih banyak penelitian.

7. Blueberry

Blueberry sering dipasarkan sebagai makanan super karena kandungan antioksidannya yang kaya.

Sebagian besar terdiri dari air, serta sekitar 14,5 gram karbohidrat per 100 gram.

Blueberry juga mengandung banyak vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi, termasuk vitamin C, vitamin K, dan mangan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa blueberry adalah sumber senyawa antioksidan yang baik, yang dapat membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang merusak. Studi menunjukkan bahwa makan blueberry bahkan dapat meningkatkan daya ingat pada orang dewasa yang lebih tua. (====)



google news sultratop.com
  • Bagikan