21 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Manfaat Sukun untuk Kesehatan, Kurangi Nyeri Sendi hingga Turunkan Risiko Diabetes

  • Bagikan
Ada banyak manfaat sukun untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Ada banyak manfaat sukun untuk kesehatan.

Sukun kaya akan nutrisi seperti serat, potasium, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan tiamin, yang semuanya penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Selain itu, buah ini mengandung antioksidan yang mengurangi peradangan dan melawan radikal bebas.

Selain kaya nutrisi, buah tropis ini juga sering dianggap sebagai karbohidrat kompleks sehingga digadang-gadang menjadi salah satu makanan pokok pengganti nasi.

Lantas, apa saja manfaat sukun untuk kesehatan? Berikut penjelasannya melansir laman Healthier Steps:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah mekanisme pertahanan tubuh terhadap zat-zat yang dapat menimbulkan penyakit.

Ketika sistem kekebalan tubuh kuat maka tubuh berada dalam posisi yang lebih baik untuk mencegah berkembangnya infeksi. Ini juga dapat membantu pulih dengan cepat dari suatu penyakit.

Mengonsumsi sukun adalah salah satu cara untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sukun mengandung bioflavonoid yang telah terbukti menurunkan risiko infeksi.

Selain itu, buahnya mengandung tiamin atau vitamin B1, yang penting untuk produksi asam lambung (asam klorida).

Asam klorida bertanggung jawab atas pemecahan makanan yang efisien selama pencernaan yang mendorong penyerapan nutrisi.

Ini berarti tubuh akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menyerap nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Tiamin juga merupakan nutrisi antistres. Artinya dapat menurunkan hormon stres kortisol.

Sementara kortisol dapat membantu tubuh mengatasi stres, peningkatan kronis dapat mengurangi sel kekebalan yang melawan penyakit (sel darah putih), membuat Anda berisiko terkena infeksi.

Melawan Stres Oksidatif

Stres oksidatif hanyalah ketidakseimbangan antara radikal bebas dalam tubuh vs antioksidan. Dengan kata lain, stres oksidatif terjadi ketika radikal bebas dalam tubuh lebih banyak daripada yang dapat dikendalikan oleh antioksidan.

Radikal bebas adalah produk sampingan alami dari banyak reaksi kimia dalam tubuh. Radikal bebas juga dapat diciptakan oleh paparan faktor lingkungan seperti asap rokok, radiasi UV dari matahari, dan polusi.

Di alam, radikal bebas bersifat tidak stabil dan mudah bereaksi menyebabkan kerusakan sel yang dapat mengakibatkan berbagai kondisi kronis, antara lain penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Antioksidan bekerja dengan menetralkan senyawa ini, membuatnya stabil dan kecil kemungkinannya untuk bereaksi.

Penelitian menunjukkan bahwa sukun mengandung berbagai senyawa antioksidan, termasuk triterpen dan flavonoid, yang dapat membantu mencegah efek radikal bebas dalam tubuh.

Sumber Vitamin C yang Baik

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dan antioksidan kuat yang juga terbukti melawan stres oksidatif dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan satu cangkir sukun mentah menyediakan lebih dari 100% kebutuhan vitamin C harian Anda, menjadikannya sumber vitamin C yang baik

Mendapatkan cukup vitamin C juga dapat membantu penyembuhan luka dan perbaikan jaringan dengan meningkatkan produksi kolagen, mempromosikan kulit yang sehat, mencegah tanda-tanda penuaan dini, dan mengurangi peradangan.

Selanjutnya mendukung kepadatan tulang, mengurangi kemungkinan infeksi saluran kencing, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi kemungkinan stroke, mencegah penyakit alzheimer, mencegah penyakit kudis, dan menyembuhkan katarak.

Sumber Asam Amino Esensial yang Baik

Asam amino adalah blok bangunan protein. Asam amino merupakan molekul yang bergabung membentuk protein.

Sukun menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, terutama lisin dan leusin.

Manfaat lisin dalam tubuh sangat banyak, di antaranya memberikan dukungan kekebalan tubuh, mengubah asam lemak menjadi energi, membantu tubuh menyerap kalsium, zat besi, dan seng serta mendukung kesehatan bibir.

Di sisi lain, leusin dapat membantu pembentukan otot, merangsang produksi hormon pertumbuhan, meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan tulang, mempercepat penyembuhan luka, membakar lemak, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Mengurangi Nyeri Persendian

Nyeri sendi adalah masalah umum, terutama di usia tua. Ini dapat terjadi sebagai akibat dari cedera atau kondisi seperti radang sendi. Apapun penyebabnya, mengonsumsi sukun dapat membantu meringankan rasa sakit.

Sukun mengandung berbagai senyawa anti-inflamasi seperti kumarin, stilbenoid, flavonoid, dan xanthones, yang dapat membantu melawan peradangan dan mengurangi nyeri sendi dan pembengkakan.

Menurunkan Risiko Diabetes

Sukun adalah sumber serat baik, yang merupakan nutrisi penting untuk mengatur gula darah.

Serat adalah karbohidrat dalam makanan nabati yang tidak dapat dicerna selama pencernaan, yang membantu memperlambat pencernaan. Hal ini menyebabkan pelepasan glukosa yang lambat namun stabil ke dalam darah untuk waktu yang lama.

Sukun juga tinggi antioksidan dan senyawa alami lainnya yang dapat membantu melawan kerusakan sel dan mencegah peradangan dan mencegah resistensi insulin.

Selain itu, sukun adalah buah rendah glisemik, artinya tidak meningkatkan kadar gula darah Anda setelah makan.

Memiliki Efek Antikanker

Seringkali, kanker berkembang karena kerusakan DNA sel yang menyebabkan sel tumbuh tak terkendali. Kerusakan ini biasanya terjadi karena terlalu banyak terpapar radikal bebas dalam jangka waktu yang lama.

Antioksidan dalam sukun dapat membantu mengais radikal bebas, mencegahnya menyebabkan kerusakan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan dapat menghilangkan sel kanker bila digunakan bersamaan dengan pengobatan kanker kemoterapi dan radioterapi.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah salah satu kondisi kesehatan paling umum yang mempengaruhi banyak orang.

Perubahan gaya hidup, terutama perubahan pola makan dan olahraga, adalah hal utama yang dapat menurunkan angka ini. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi tertentu seperti potasium dapat membantu.

Sukun adalah sumber potasium dan mineral penting lainnya yang dapat membantu mengatur tingkat tekanan darah.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sukun telah digunakan sebagai obat hipertensi yang efektif.

Nah, itulah sederet manfaat sukun untuk kesehatan. Ada baiknya untuk memasukkan buah ini dalam menu makanan Anda. (—-)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan