26 May 2024
Indeks

Catat, Ini Sederet Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

  • Bagikan
Buah naga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan yang lebih baik (Foto: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh tak perlu diragukan lagi. Buah ini menawarkan beberapa nutrisi dan vitamin untuk kesehatan yang lebih baik.

Karena buah naga penuh dengan vitamin dan nutrisi, serta menawarkan antioksidan yang berpotensi melawan penyakit, tidak mengherankan jika mengonsumsi buah ini secara teratur dapat memberikan pengaruh positif pada kesehatan dan kebugaran Anda.

Iklan Astra Honda Sultratop

Melansir laman Everyday Health, berikut sederet manfaat buah naga untuk kesehatan.

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan jantung dan mungkin membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, buah naga bisa menjadi jawabannya.

Antioksidan dalam buah dan bijinya (yang dapat dimakan) memberi tubuh asam lemak omega-3 dan omega-9, membantu mengurangi kolesterol jahat LDL, yang menurut penelitian semuanya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Ini bisa termasuk flu biasa dan infeksi.

Buah naga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan asing (kuman dan bakteri) dan radikal bebas.

Radikal bebas adalah atom tidak stabil dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Membantu Pencernaan

Serat makanan dalam buah naga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan kesehatan usus.

Orang dewasa membutuhkan antara 21 dan 38 g serat per hari. Sekitar 100 g buah naga mengandung 2,9 g serat, atau 10 persen dari nilai harian. Serat makanan yang cukup berkontribusi pada keteraturan usus serta dapat mencegah dan mengobati sembelit.

Berperan dalam Pencegahan Kanker

Tidak hanya kemampuan meningkatkan kekebalan, buah naga merah juga mengandung lycopene, antioksidan kuat yang memberi warna pada buah merah. Antioksidan ini telah terbukti membantu mengurangi sel kanker dalam tubuh.

Menurut beberapa laporan, ekstrak buah naga merah dapat berperan dalam pencegahan dan pengobatan kanker payudara. Namun, peneliti perlu melakukan penelitian lebih lanjut tentang hal ini.

Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Serat dalam buah naga juga dapat membantu penderita diabetes tipe 2 tetap kenyang lebih lama dan menurunkan berat badan, membantu menormalkan kadar gula darah.

Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi buah naga juga membawa manfaat bagi kulit. Ini dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, kerutan, kulit kering, dan jerawat.

Manfaat kulit potensial berasal dari vitamin C dan antioksidan dalam buah. Vitamin dan mineral ini dapat berperan dalam memperbaiki kerusakan sel secara bertahap, sehingga menghasilkan penampilan yang lebih muda.

Mengurangi Peradangan

Jika Anda mengatasi rasa sakit kronis dari kondisi seperti rheumatoid arthritis, makan buah naga dapat meredakan peradangan dan nyeri tekan.

Buah ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit alami untuk gejala tersebut.

Makan buah naga dapat menghilangkan rasa sakit Anda sepenuhnya, mungkin mengurangi keparahan rasa sakit dan memungkinkan Anda untuk menikmati kualitas hidup yang lebih baik.

Menangkal Anemia selama Kehamilan

Ada hubungan antara anemia selama kehamilan dan kematian bayi, persalinan prematur, keguguran, dan berat badan lahir rendah.

Sebuah studi kecil dari tahun 2017 mengamati kemungkinan efek buah naga merah pada ibu hamil dengan anemia defisiensi besi, dan menemukan bahwa mengonsumsi jus buah naga merah meningkatkan kadar hemoglobin dan eritrosit pada hari ketujuh intervensi.

Temuan ini membuat para peneliti percaya bahwa jus buah naga merah bisa menjadi alternatif pengobatan anemia selama kehamilan.

Meski begitu, Anda tetap harus berbicara dengan dokter tentang cara mengatasi anemia dengan benar.

Nah, itulah sederet manfaat buah naga untuk kesehatan. Pastikan Anda memasukkan buah ini ke dalam daftar belanjaan secara rutin. (——)



google news sultratop.com
  • Bagikan