15 July 2024
Indeks

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Kuncinya pada Makanan

  • Bagikan
Plak lemak di dinding arteri (pembulu darah) akibat tingginya kadar kolesterol. Konidisi ini pada akhirnya menurunkan aliran darah ke area vital tubuh sehingga perlu menurunkan kolesterol secara alami. (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Kolesterol pada dasarnya merupakan zat alami yang dibuat oleh hati dan dibutuhkan oleh tubuh untuk fungsi sel, saraf, dan hormon. Namun begitu, penting untuk menurunkan kolesterol secara alami demi kesehatan tubuh.

Kelebihan kolesterol dapat menumpuk dan membentuk plak lemak di dinding arteri (pembuluh darah), yang pada akhirnya menurunkan aliran darah ke area vital tubuh. Jika plak terus terbentuk dalam jangka panjang, secara signifikan dapat meningkatkan risiko terkena sakit jantung atau stroke.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Untuk menurunkan kolesterol secara alami maka biasanya keseimbangannya harus terjaga. Kuncinya ada pada makanan yang setiap hari mengisi tubuh. Pola makan yang tidak sehat dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak terhidrogenasi dan karbohidrat olahan dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol.

Ketidakseimbangan tersebut menyebabkan meningkatnya kolesterol jahat dan membuat kolesterol baik jadi rendah. Kondisi inilah yang meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Penyebab lain meningkatnya kadar kolesterol jahat dapat mencakup aktivitas fisik, penyakit diabetes, dan stres.

Kolesterol jahat adalah bentuk yang dapat menumpuk di dinding arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Sementara kolesterol baik berjalan melalui aliran darah, menghilangkan kolesterol berbahaya dari arteri untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Jadi pertanyaan yang tepat adalah bagaimana cara menurunkan kolesterol jahat sambil meningkatkan kolesterol baik? Berikut ini jawabannya, menurut laman Dr. Axe (Co-Founder of Ancient Nutrition).

Tidak perlu mengikuti diet rendah kolesterol untuk menurunkan kolesterol jahat secara alami. Cukup memasukkan beberapa porsi makanan yang mampu menurunkan kolesterol ke dalam porsi makanan per hari. Ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat sehingga mengoptimalkan kesehatan jantung.

Daftar bahan makanan yang menurunkan kolesterol jahat yaitu minyak zaitun, sayuran, kacang-kacangan, ikan salmon, kunyit, bawang putih, okra, ubi jalar, teh hijau, buah kesemek, alpukat, dan gandum utuh bebas gluten.

Untuk menurunkan kolesterol jahat juga perlu memperhatikan sejumlah jenis makanan yang harus Anda batasi. Ada empat makanan teratas yang harus dihindari sebagai metode sederhana untuk menurunkan kolesterol yakni gula dan karbohidrat halus; alkohol; kafein, dan lemak trans.

Sementara daftar makanan yang perlu Anda batasi untuk menurunkan kolesterol secara alami adalah telur, daging merah, dan produk susu. Sejumlah makanan tersebut mengandung kolesterol yang dapat Anda konsumsi dalam jumlah sedang. (===)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan