15 July 2024
Indeks

Manfaat Sayur Okra, Lendirnya Bagus bagi Lambung & Usus

  • Bagikan
Manfaat Okra
4 Manfaat Sayur Okra

SULTRATOP.COM – Sayur okra merupakan jenis tanaman yang hanya bagian buahnya dapat menjadi sayur konsumsi. Ketika mendapat hidangan dari bahan ini mungkin Anda berpikir apa manfaat sayur okra ini dengan lendirnya yang begitu banyak.

Ternyata sayur okra sangat bergizi, dan merupakan makanan yang efektif dalam mencegah kelelahan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Tekstur Okra yang berlendir unik juga mengandung nutrisi yang dapat membuat Anda bahagia.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Berikut ini adalah manfaat sayur okra yang perlu Anda ketahui.

1. Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah

Sayur okra mengamdung zat pektin. Zat ini biasanya memang terdapat di dalam buah yang masak dan merupakan salah satu serat makanan yang larut dalam air. Dengan adanya pektin dalam sayur okra maka memiliki fungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan kadar gula darah.

2. Membantu Kerja Usus

Okra tergolong sayuran yang terususun atas serat makanan yang mudah larut dalam air. Selain okra, rumput laut seperti wakame dan rumput laut konnyaku, talas, dan lain-lain adalah makanan yang banyak mengandung serat mudah larut dalam air.

Dengan kandungannya itu, okra berperan dalam penyerapan gula dan lemak secara bersamaan. Selanjutnya, ketika terfermentasi dan terurai di usus besar, lingkungan usus diperbaiki dan jumlah bakteri baik meningkat, sehingga memiliki efek pengaturan usus. Dengan kata lain, manfaat sayur okra adalah membantu kerja usus.

3. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Kandungan dalam sayur okra yang sangat bermanfaat adalah Beta-karoten (β-karoten). Ini adalah prekursor vitamin A, dan ketika terserap oleh tubuh, berubah menjadi vitamin A sesuai kebutuhan.

Vitamin A adalah komponen yang banyak terkandung dalam sayuran hijau dan kuning. Selain efek anti kanker dan peningkatan kekebalan, vitamin A berguna untuk menjaga penglihatan dan menjaga kulit normal dan selaput lendir.

4. Melindungi Mukosa Lambung dan Meningkatkan Penyerapan Protein

Lendir adalah bahan yang membuat okra tampak lengket. Zat yang merupakan karbohidrat kompleks dan protein ini juga biasanya terkandung dalam bahan makanan seperti ubi, akar teratai, dan jamur nameko.

Kelengketannya yang unik melindungi mukosa lambung dan meningkatkan penyerapan protein. Hal ini menjadikannya bahan yang sempurna untuk meningkatkan dan mencegah kelelahan. Selain itu, juga membantu kerja usus.

Cara Mendapatkan Manfaat Sayur Okra Secara Maksimal

Agar dapat menyerap nutrisi kaya yang terkandung dalam okra secara efektif, ada beberapa cara memakannya. Cara paling umum untuk makan okra adalah dengan merebusnya dan memasaknya. Namun, untuk mendapatkan semua nutrisi okra, bisa juga memakannya mentah.

Bahan-bahan seperti pektin dan musin yang terkandung dalam okra larut dalam air, jadi jika terlalu lama merebus atau memasaknya akan larut dalam air panas dan harus dibuang bersama airnya. Karena itu, saat Anda makan okra, makanlah dalam keadaan mentah sebanyak mungkin.

Selain itu, β-karoten yang terkandung dalam okra merupakan komponen yang larut dalam lemak. Oleh karena itu, sebaimnya saat menumisnya bisa tambahkan sedikit minyak, atau memakannya dengan keju atau makanan berlemak tinggi lainnya. (===)

 

Sumber: gohanjp.com

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan