21 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat, Perhatikan Perubahan Gaya Hidup

  • Bagikan
Pembuluh darah (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Kolesterol adalah lemak yang menyerupai alkohol, berkilau seperti mutiara, terdapat di dalam sel tubuh manusia dan hewan, terutama sel saraf dan otak. Kolesterol memiliki peranan penting dalam pengangkutan lemak dan pembuatan hormon.

Secara sederhana kolesterol merupakan lemak, zat lilin dalam darah. Beberapa kolesterol berasal dari makanan, tubuh Anda membuat sisanya. Melansir laman Healthline, berikut adalah penjelasan lengkap tentang kolesterol dan bagaimana cara efektif menurunkan kolesterol.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Kolesterol memiliki beberapa tujuan yang bermanfaat. Tubuh Anda membutuhkannya untuk membuat hormon dan sel sehat. Namun memiliki terlalu banyak jenis kolesterol yang salah dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh. Low-density lipoprotein (LDL) atau koleterol jahat adalah jenis kolesterol tidak sehat yang menyumbat arteri. Sementara, high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik adalah jenis sehat yang membantu membersihkan kolesterol LDL dari arteri Anda.

Ketika Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah Anda, itu mulai menumpuk di dalam pembuluh darah. Endapan ini adalah plak. Mereka mengeraskan dan mempersempit arteri Anda, sehingga lebih sedikit darah yang mengalir melaluinya.

Terkadang plak bisa pecah, dan gumpalan darah bisa terbentuk di lokasi cedera. Jika gumpalan darah itu tersangkut di arteri koroner di otot jantung, itu dapat menghalangi aliran darah dan menyebabkan serangan jantung.

Gumpalan darah juga dapat melakukan perjalanan ke pembuluh darah yang memberi makan otak Anda. Jika itu mengganggu aliran darah ke otak maka bisa menyebabkan stroke.

Cara Menurunkan Kolesterol Jahat

Pendekatan pertama untuk menurunkan kolesterol adalah dengan diet, olahraga, dan perubahan gaya hidup lainnya. Berikut adalah lima tips untuk membantu Anda memulai.

1. Mengadopsi pola makan sehat

Makan dengan benar adalah bagian penting untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Anda pasti ingin menghindari lemak jenuh dan lemak trans karena meningkatkan kolesterol jahat.

Anda dapat menemukan lemak jenuh dalam makanan seperti: daging merah; daging olahan; makanan susu penuh lemak seperti es krim, keju krim, dan susu murni.

Sementara lemak trans dibuat melalui proses yang menggunakan hidrogen untuk mengubah minyak cair menjadi lemak padat. Produsen menyukai lemak trans karena membantu makanan kemasan tetap segar lebih lama. Lemak trans ini tidak sehat untuk arteri.

Lemak tidak sehat ini tidak hanya meningkatkan kolesterol jahat, tetapi juga menurunkan kolesterol baik. Itu sebabnya Anda harus menghindarinya sepenuhnya.

Anda akan menemukan lemak trans dalam makanan seperti: gorengan, makanan cepat saji, makanan panggang kemasan seperti kue, kerupuk, dan kue mangkuk.

Sebaliknya, dapatkan lemak Anda dari sumber tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang lebih sehat seperti: ikan berlemak seperti salmon, tuna, sarden, minyak zaitun, kanola, safflower, bunga matahari, biji anggur, alpukat, kacang-kacangan seperti kenari dan kedelai.

Agar kadar kolesterol baik-baik saja, maka batasi makanan seperti mentega, keju, lobster, kuning telur, dan jeroan, yang semuanya tinggi kolesterol.

Perhatikan juga jumlah gula rafinasi dan tepung yang Anda makan. Pilih biji-bijian utuh seperti gandum utuh, beras merah, dan oatmeal. Biji-bijian utuh tinggi serat, yang membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari tubuh.

Lengkapi asupan makanan harian Anda dengan banyak buah dan sayuran berwarna, dan protein tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, dan tahu.

2. Berolahraga lebih banyak

Kebugaran sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik. Cobalah berolahraga aerobik selama 30 hingga 60 menit hampir setiap hari dalam seminggu.

Jika Anda kekurangan waktu, bagi latihan Anda menjadi beberapa bagian yang lebih mudah. Jalan kaki selama 10 menit di pagi hari, 10 menit saat makan siang, dan 10 menit saat pulang kerja atau sekolah.

3. Menurunkan berat badan

Makan dengan baik dan berolahraga lebih sering juga akan membantu Anda menurunkan berat badan. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, penurunan 5 hingga 10 pon saja mungkin cukup untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Berhenti merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk karena berbagai alasan. Selain meningkatkan risiko kanker dan penyakit paru-paru, bahan kimia dalam asap rokok merusak pembuluh darah dan mempercepat penumpukan plak di dalam arteri.

5. Bicaralah dengan dokter tentang obat penurun kolesterol

Jika perubahan gaya hidup tidak cukup membantu menurunkan kolesterol jahat Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang obat resep yang dapat membantu. Beberapa obat dapat menurunkan kolesterol jahat, sementara yang lain meningkatkan kolesterol baik. (===)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan