16 June 2024
Indeks
Iklan Dispar Sultra Jelajahi Sulawesi Tenggara

4 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan

  • Bagikan
Kacang tanah memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Di balik bentuknya yang kecil, ternyata ada sederet manfaat kacang tanah untuk kesehatan.

Kacang tanah merupakan makanan padat energi dan nutrisi seperti folat, magnesium, potasium, dan zat besi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Melansir laman Eating Well, berikut empat manfaat kacang tanah untuk kesehatan.

Antioksidan

Kacang tanah mengandung antioksidan yang bervariasi. Antioksidan tersebut antara lain asam fenolik dan flavonoid, yang juga terdapat pada jenis teh hijau dan hitam, apel, anggur merah, dan kacang kedelai.

Lebih mengejutkan, kulit kacang lebih tinggi antioksidan daripada kacang utuh, yang merupakan alasan bagus untuk membeli dalam cangkangnya dan mengupasnya sendiri.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat anti-inflamasi kacang tanah dapat membantu mengurangi risiko berbagai kondisi seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan bahkan jenis kanker tertentu.

Menurunkan Berat Badan

Meskipun kelihatannya tinggi kalori, kacang-kacangan (termasuk kacang tanah) adalah camilan yang enak jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat.

Kombinasi protein, serat, dan lemak sehat yang terdapat dalam kacang dapat membantu Anda merasa kenyang dan puas di antara waktu makan.

Ini dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar dan mencegah makan berlebihan.

Penelitian menemukan kacang memainkan peran penting dalam pengaturan berat badan, serta menemukan hubungan terbalik antara obesitas dan konsumsi kacang. Artinya semakin sering Anda makan kacang, semakin kecil kemungkinan Anda mengalami obesitas.

Satu studi menemukan bahwa memasukkan 1 ons kacang per hari tidak hanya meningkatkan kualitas diet, tetapi juga membantu meningkatkan pemeliharaan berat badan yang sehat.

Menyehatkan Jantung

Kacang memiliki campuran serat larut dan tidak larut yang memberikan banyak manfaat kesehatan jantung, salah satunya membantu menurunkan LDL, atau kadar kolesterol “kurang sehat”.

Kacang tanah juga mengandung niacin (vitamin B3) yang penting untuk fungsi jantung sehat.

Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari 1 ons kacang per hari (42g) selama 12 minggu membantu peserta mengurangi tekanan darah, kolesterol, dan kadar trigliserida.

Plus, efek anti-inflamasi dari antioksidan dalam kacang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Menyeimbangkan Gula Darah

Berdasarkan penelitian, kacang-kacangan, termasuk kacang tanah, dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan meningkatkan hasil bagi orang yang sudah menderita diabetes.

Satu tinjauan studi baru-baru ini menemukan bahwa makan selai kacang secara khusus berbanding terbalik dengan pengembangan diabetes tipe 2.

Studi lain menemukan bahwa mengemil kacang, seperti kacang tanah, juga dapat membantu mengurangi risiko komplikasi bagi mereka yang mengidap diabetes.

Orang yang meningkatkan konsumsi kacang mereka setelah diagnosis diabetes memiliki risiko penyakit kardiovaskular 11% lebih rendah, risiko penyakit jantung koroner 15% lebih rendah, dan risiko kematian semua penyebab 27% lebih rendah.

Nah, itulah manfaat kacang tanah untuk kesehatan. Tak ada salahnya Anda mulai menjadikan kacang tanah sebagai camilan yang sehat. (—-)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan