15 July 2024
Indeks

9 Manfaat Makan Mangga, Tapi Waspada Efek Sampingnya

  • Bagikan
Manfaat Makan Mangga
9 Manfaat makan mangga.

SULTRATOP.COM – Manfaat makan mangga sangat banyak bagi kesehatan. Buah ini sangat populer di seluruh dunia. Selain enak, mangga tergolong buah yang mudah untuk mendapatkannya, apalagi bila musimnya tiba.

Nilai gizi buah mangga sangat tinggi, dan kandungan vitamin A-nya mencapai 3,8 persen. Kandungan vitamin C-nya juga mengungguli jeruk dan strawberry. Mangga mengandung gula, protein, kalsium, fosfor, zat besi dan nutrisi lainnya yang semuanya diperlukan tubuh manusia.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Berikut 9 manfaat makan mangga yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Membersihkan perut

Makan mangga memiliki efek membersihkan perut, dan memiliki efek antiemetik tertentu pada mabuk perjalanan dan mabuk laut.

2. Melindungi hati

Mengkonsumsi mangga dapat membantu Anda melindungi hati. Mangga mengandung antioksidan kuat yang membantu membersihkan hati dari racun berbahaya. Memasukkan mangga ke dalam menu makanan Anda adalah salah satu cara paling efektif untuk tetap sehat.

3. Mempercantik kulit

Karena mangga mengandung banyak vitamin, dengan makan mangga secara teratur dapat melembabkan kulit.

4. Mencegah tekanan darah tinggi

Mangga mengandung nutrisi, vitamin C, mineral, dan lainnya. Selain efek anti kanker, mangga juga memiliki efek terapeutik untuk mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi).

5. Menghilangkan dahak & meredakan batuk

Mangiferin yang terkandung dalam mangga memiliki efek menghilangkan penyakit dan meredakan batuk, serta memiliki efek terapeutik tambahan pada batuk, dahak, asma dan penyakit lainnya.

6. Menurunkan kolesterol

Kandungan vitamin C pada buah mangga lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan biasa yaitu 56,4-98,6 mg. Konsumsi mangga secara rutin dapat terus melengkapi konsumsi vitamin C dalam tubuh, menurunkan kolesterol, serta membantu mencegah dan mengobati penyakit kardiovaskular (berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah).

7. Mencegah & mengobati sembelit

Mangga mengandung banyak serat, yang dapat melancarkan buang air besar dan memiliki manfaat tertentu untuk pencegahan dan pengobatan sembelit.

8. Anti kanker

Menurut pandangan diet modern, mangga mengandung banyak vitamin A, sehingga manfaat makan mangga adalah bisa mendapat efek anti kanker. Buah mangga mengandung asam triasetat dan senyawa polifenol seperti asam manggalat dan asam isomangolat yang memiliki efek farmakologis anti kanker.

Jus mangga juga dapat meningkatkan motilitas gastrointestinal dan mempersingkat waktu tinggal feses di usus besar. Oleh karena itu, makan buah mangga sangat bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan kanker usus besar.

9. Mengontrol kenaikan berat badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan yang tidak diinginkan dan mengontrol berat badan Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk memasukkan mangga ke dalam diet sehat Anda. Sejumlah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kulit mangga dapat membantu mengontrol kenaikan berat badan.

Ekstrak yang terdapat pada kulit mangga dapat menghambat perkembangan sel lemak dalam tubuh dan dapat membantu menjaga berat badan Anda.

Efek Samping Makan Mangga

Selain memiliki segudang manfaat, ternyata mangga memiliki efek samping. Berikut ini sejumlah hal yang harus Anda waspadai ketika makan mangga.

1. Jangan makan mangga setelah makan kenyang. Mangga tidak boleh dimakan bersama dengan zat pedas seperti bawang putih, yang dapat menyebabkan penyakit menguning.

2. Karena kandungan gula mangga yang tinggi, pasien diabetes harus menghindari memakannya. Mangga bisa beracun, dan mereka yang memiliki penyakit kulit atau tumor tertentu harus menghindari memakannya.

3. Makan lebih banyak mangga dapat menyebabkan alergi, dan dalam kasus tertentu makan mangga dapat berbahaya bagi ginjal. Daun mangga dan jus mangga dapat menyebabkan dermatitis pada penderita alergi, sehingga penderita alergi harus memperhatikannya.

Selain itu, mangga merupakan salah satu dari sedikit buah yang kaya protein, sehingga makan lebih banyak akan membuat Anda merasa kenyang. (===)

 

Sumber: kknews.cc

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan