26 May 2024
Indeks

Walau Pahit, Ini 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan

  • Bagikan
Manfaat pare untuk kesehatan
Meski rasanya pahit, pare mengandung sejumlah nutrisi penting untuk tubuh. (Pixabay)

SULTRATOP.COM – Manfaat pare untuk kesehatan sangat mengesankan.

Meski rasanya pahit, tanaman yang masih berkerabat dengan labu dan ketimun ini mengandung sejumlah nutrisi penting untuk tubuh.

Iklan Astra Honda Sultratop

Melansir laman Healthline, berikut sederet manfaat pare untuk kesehatan, mulai dari membantu menurunkan kadar gula darah hingga menurunkan berat badan.

1. Sumber nutrisi yang baik

Pare merupakan sumber nutrisi yang baik karena mengandung serat, vitamin C, vitamin A, dan folat.

Pare sangat kaya akan vitamin C, mikronutrien penting yang terlibat dalam pencegahan penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka.

Selain itu, pare juga tinggi vitamin A yang meningkatkan kesehatan kulit dan mata.

Tak hanya itu, pare juga mengandung folat yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Pare juga merupakan sumber katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenat yang baik. Kesemuanya merupakan senyawa antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Selain itu, pare rendah kalori namun tinggi serat — memenuhi sekitar 8% kebutuhan serat harian dalam porsi satu cangkir.

2. Membantu Menurunkan Gula Darah

Berkat khasiat obatnya yang manjur, pare telah lama digunakan di seluruh dunia untuk membantu mengobati kondisi kesehatan terkait diabetes.

Sebuah studi selama 3 bulan pada 24 orang dewasa dengan diabetes menunjukkan bahwa mengonsumsi 2.000 mg pare setiap hari menurunkan gula darah dan hemoglobin A1c.

Studi lain pada 40 orang dengan diabetes menemukan bahwa mengonsumsi 2.000 mg per hari pare selama 4 minggu menyebabkan penurunan kadar gula darah.

Pare dianggap memperbaiki cara gula digunakan dalam jaringan Anda dan meningkatkan sekresi insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah.

3. Memiliki Sifat Melawan Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa pare mengandung senyawa tertentu dengan sifat melawan kanker.

Misalnya, satu penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak pare efektif membunuh sel kanker lambung, usus besar, paru-paru, dan nasofaring.

Studi tabung reaksi lain memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa ekstrak pare mampu memblokir pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara sementara juga meningkatkan kematian sel kanker.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana pare dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker pada manusia bila dikonsumsi dalam jumlah normal yang ditemukan dalam makanan.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan plak lemak menumpuk di arteri Anda, memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung

Beberapa penelitian pada hewan menemukan pare dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Namun, penelitian saat ini tentang potensi sifat penurun kolesterol dari pare sebagian besar terbatas pada penelitian pada hewan yang menggunakan ekstrak pare dosis besar.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pare merupakan menu yang bagus untuk diet karena rendah kalori namun tinggi serat. Ini mengandung sekitar 2 gram serat di setiap porsi satu cangkir (94 gram)

Serat melewati saluran pencernaan dengan sangat lambat, membantu kita kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar dan nafsu makan.

Oleh karena itu, menukar bahan berkalori tinggi dengan pare dapat membantu meningkatkan asupan serat dan mengurangi kalori untuk mendorong penurunan berat badan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pare dapat memiliki efek menguntungkan pada pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi kapsul yang mengandung 4,8 gram ekstrak pare setiap hari menyebabkan penurunan lemak perut yang signifikan.



google news sultratop.com
  • Bagikan