16 June 2024
Indeks
Iklan Dispar Sultra Jelajahi Sulawesi Tenggara

Mengenal Manfaat Magnesium Bagi Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

  • Bagikan
Ada banyak manfaat magnesium bagi tubuh. Salah satunya menjaga jantung tetap sehat. (Foto: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Magnesium adalah mineral yang ditemukan di seluruh tubuh dan secara alami terdapat pada banyak makanan. Ada banyak manfaat magnesium bagi tubuh.

Magnesium bekerja dengan lebih dari 300 enzim berbeda di dalam tubuh untuk menjalankan fungsi penting seperti produksi protein, fungsi otot, fungsi saraf, pengaturan tekanan darah, dan kontrol glukosa darah.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Magnesium adalah elektrolit, bersama dengan natrium, kalium, fosfor, klorida, dan kalsium.

Elektrolit membantu memindahkan nutrisi ke dalam sel untuk mengaktifkan fungsi seperti impuls saraf, kontraksi otot dan detak jantung, serta membantu mengatur keseimbangan cairan.

Mengapa Tubuh Membutuhkan Magnesium?

Fungsi seperti detak jantung, kontraksi otot, dan sinyal saraf adalah alasan yang cukup penting untuk memiliki cukup magnesium dalam tubuh Anda. Meski begitu, masih banyak asupan harian magnesiumnya tidak mencukupi.

Sebagian besar magnesium disimpan di dalam sel Anda atau di tulang, sehingga sulit untuk menilai status magnesium secara akurat. Artinya kadar serum dalam darah tidak selalu secara akurat menggambarkan jumlah total magnesium dalam tubuh.

Selain itu, jika asupan magnesium rendah, ginjal akan membatasi berapa banyak nutrisi yang dikeluarkan untuk mempertahankan kadar magnesium yang sesuai dalam tubuh.

Namun seiring waktu, kekurangan mungkin terjadi. Tanda-tanda awal termasuk kehilangan nafsu makan, mual, kelelahan, kelemahan, mati rasa, dan kram.

Kasus kekurangan magnesium yang parah dapat menyebabkan kejang dan hipokalsemia atau hipokalemia (kadar kalsium dan kalium rendah) karena keseimbangan elektrolit terganggu.

Lantas apa saja fungsi manfaat magnesium bagi tubuh?

Banyak sekali fungsi tubuh yang mengandalkan magnesium. Di luar kontraksi otot dan detak jantung sehari-hari, berikut adalah beberapa manfaat magnesium bagi tubuh.

Mengurangi Peradangan

Mendapatkan cukup magnesium dapat membantu menurunkan tingkat peradangan kronis dalam tubuh Anda, yang dapat membantu segala hal mulai dari umur panjang hingga manajemen berat badan yang sehat dan risiko penyakit kronis.

Sebuah ulasan pada 2017 yang terbit di dalam Current Pharmaceutical Design menemukan, di antara 11 studi yang dianalisis, suplementasi magnesium secara teratur menyebabkan penanda peradangan tubuh yang lebih rendah.

Penelitian lebih lanjut yang diterbitkan pada 2018 dan 2019 menggemakan temuan ini.

Membantu Mencegah Patah Tulang

Karena magnesium adalah komponen penting dari struktur tulang, mendapatkan cukup magnesium penting untuk kesehatan tulang secara keseluruhan.

Magnesium dapat membantu tubuh menyerap dan memanfaatkan kalsium, dan selanjutnya, vitamin D, yang semuanya membantu menjaga kekuatan tulang seiring bertambahnya usia.

Sebuah studi pada 2018 di British Journal of Nutrition menemukan, mereka yang memenuhi rekomendasi asupan magnesium, baik melalui makanan atau suplemen, memiliki risiko patah tulang 27% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang asupan magnesiumnya lebih rendah.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes

Magnesium berperan dalam detak jantung manusia. Jadi, mendapatkan jumlah yang cukup dapat membantu kita menghindari tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Tinjauan penelitian di Nutrients pada 2018 menemukan bahwa asupan magnesium yang lebih tinggi berkaitan dengan insiden penyakit jantung, stroke, dan hipertensi yang lebih rendah.

Penelitian lain menunjukkan bahwa magnesium juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan, yang juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Magnesium juga mendukung tingkat tekanan darah yang sehat dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Para peneliti juga menemukan bahwa asupan magnesium yang cukup mendukung kontrol glukosa darah yang lebih baik pada individu dengan diabetes.

Mendukung Kesehatan Mental

Sebuah tinjauan tahun 2017 di Nutrients menemukan magnesium dapat membantu menyeimbangkan neurotransmiter yang berhubungan dengan perasaan cemas.

Mereka yang mengonsumsi suplemen magnesium melaporkan tingkat kecemasan yang lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Selain itu, penelitian telah menemukan bahwa melengkapi magnesium dapat membantu mengurangi gejala depresi.

Namun, kesehatan mental adalah topik yang beragam dan rumit, dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk memperjelas temuan ini.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Memperbaiki tidur adalah salah satu manfaat magnesium yang paling dipuji di dunia kesehatan.

Magnesium membantu mengatur beberapa neurotransmiter yang berhubungan dengan tidur.

Satu ulasan pada 2021 di BMC Complementary Medicine and Therapies menemukan suplemen magnesium membantu orang dewasa dengan insomnia, tertidur lebih cepat rata-rata 17 menit.

Studi tahun 2022 lainnya menggemakan temuan ini dan menambahkan suplemen magnesium membantu peserta mengalami kualitas tidur yang lebih baik dan durasi tidur yang lebih lama.

Makanan Sumber Magnesium

Dianjurkan agar orang dewasa muda di atas usia 19 tahun mendapatkan 310 atau 400 miligram (masing-masing untuk wanita dan pria) magnesium setiap hari.

Untuk orang berusia di atas 30 tahun, tunjangan diet yang direkomendasikan meningkat menjadi 320 miligram untuk wanita dan 420 miligram untuk pria.

Beberapa sumber makanan yang paling ampuh untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan magnesium adalah biji labu, biji chia, almond.

Kemudian bayam, kacang mete, kacang tanah, susu kedelai, kacang hitam, kentang, nasi merah, dan yogurt. (—-)

Sumber: Eating Well

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan