16 June 2024
Indeks
Iklan Dispar Sultra Jelajahi Sulawesi Tenggara

Sederet Manfaat Manggis untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker

  • Bagikan
Manggis memiliki sederet manfaat untuk kesehatan mulai mencegah kanker hingga menjaga kesehatan kulit. (Foto: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Ada sederet manfaat manggis untuk kesehatan yang sangat menakjubkan.

Manggis merupakan buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini memiliki rasa manis dan asam. Warnanya ungu tua di luar dan putih di dalam.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam manggis sangat penting untuk berbagai aktivitas tubuh, termasuk sintesis DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, imunitas, dan stimulasi saraf.

Melansir laman Healthifyme, berikut sederet manfaat manggis untuk kesehatan.

Mencegah Kanker

Manggis mengandung senyawa bernama xanthones. Berdasarkan penelitian, xanthones memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah dan mengobati sel penyebab kanker.

Senyawa ini mencegah stres oksidatif sel karena antioksidan di dalamnya. Stres oksidatif mengacu pada ketidakseimbangan antara oksigen dan radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif dan tidak stabil. Ketidakstabilannya memicu proses stres oksidatif. Ini pada akhirnya merusak sel dan bagian vitalnya seperti membran sel, DNA, protein, dll. Stres oksidatif menyebabkan kondisi parah seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Selain xanthone, manggis juga mengandung vitamin C dan folat. Keduanya juga merupakan antioksidan dan membantu menangani sel kanker.

Mengontrol Gula Darah

Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh. Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel di berbagai bagian tubuh seperti hati, lemak, dan otot gagal menyerap glukosa dari darah.

Kondisi ini menciptakan ketidakseimbangan kadar glukosa darah, yang mengakibatkan diabetes.

Kombinasi kandungan xanthone dan serat pada manggis dapat membantu menyeimbangkan gula darah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manggis adalah sumber vitamin C yang baik. Vitamin C umumnya dikenal sebagai asam askorbat dan larut dalam air.

Berdasarkan penelitian, vitamin C membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Namun, karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C maka kita harus mendapatkannya dari makanan sehari-hari.

Vitamin C adalah nutrisi penting. Sebagai antioksidan, vitamin C membantu tubuh memerangi radikal bebas, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin C membantu penyembuhan luka dan perbaikan serta pemeliharaan kesehatan kulit, gusi, gigi dan tulang serta tulang rawan (jaringan keras yang menutupi tulang).

Menjaga Kesehatan Kulit

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan dari manggis meningkatkan kesehatan kulit. Proses pembaharuan kulit diperlambat oleh peradangan.

Antioksidan membantu kulit meremajakan dirinya sendiri dan memperbaiki kerusakan dengan menurunkan peradangan. Sedangkan kandungan vitamin C manggis membantu meningkatkan pembentukan kolagen, penting untuk kulit awet muda.

Garis-garis halus, kerutan, kulit kendur, berjerawat, dll., semuanya adalah tanda-tanda stres oksidatif. Antioksidan dapat membantu mencegah dan memperbaiki tanda-tanda ini dengan menetralisir radikal bebas, membuat kulit tampak lebih muda.

Radikal bebas dan paparan sinar matahari secara teratur dapat memicu perubahan produksi melanin kulit. Akibatnya, kulit menjadi bintik-bintik gelap dan warna kulit tidak merata.

Antioksidan dapat membantu mencegah pigmentasi kulit yang tidak teratur dengan meminimalkan photodamage. Beberapa antioksidan (seperti vitamin C) juga memblokir tirosinase, enzim yang mendorong pembentukan melanin.

Mengandung Sifat Antibakteri

Sifat antimikroba manggis menghambat pertumbuhan berbagai bakteri dan jamur. Misalnya, manggis mengandung xanthones yang mencegah bakteri seperti E. coli, Pseudomonas aeruginosa (penyebab pneumonia, ISK, dan infeksi lainnya pada manusia).

Xanthone memiliki struktur kimia unik yang dikenal sebagai sistem aromatik trisiklik, terkait dengan aktivitas antibakteri. Ini juga membantu melawan bakteri Staphylococcus aureus yang normal dan kebal antibiotik, yang menyebabkan berbagai penyakit pada manusia seperti bisul dan abses pada kulit, radang paru-paru, dan infeksi sendi.

Ekstrak buah manggis juga mencegah pertumbuhan Mycobacterium TB (bakteri penyebab tuberkulosis).

Mencegah Penyakit Jantung

Peradangan meningkatkan perkembangan plak dan pembekuan darah di arteri yang memicu stroke dan serangan jantung.

Tubuh kita menganggap plak ini sebagai zat asing. Tubuh berusaha memisahkan plak dari darah yang mengalir. Namun, terkadang plak pecah, memungkinkan komponen berdindingnya bersentuhan dengan darah, mengakibatkan pembentukan bekuan darah.

Penyumbatan arteri di jantung oleh gumpalan darah menyebabkan serangan jantung. Sesuai penelitian, manggis memiliki sifat anti-inflamasi, membatasi tingkat protein reaktif C yang menyebabkan peradangan.

Nah, itulah sederet manfaat manggis untuk kesehatan yang sangat luar biasa. Mulai sekarang, rutinlah mengonsumsi manggis untuk kesehatan yang lebih baik. (—-)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan