16 June 2024
Indeks
Iklan Dispar Sultra Jelajahi Sulawesi Tenggara

6 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari saat Perut Masih Kosong

  • Bagikan
Minum air putih saat bangun di pagi hari tentunya menyehatkan. (Foto: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Mungkin Anda pernah mendengar nasihat yang menyebut minum air putih di pagi hari saat perut masih kosong adalah cara terbaik untuk memulai hari. Tapi benarkah meminum segelas air putih di pagi hari merupakan rutinitas yang menyehatkan?

Air adalah nutrisi penting bagi tubuh. Tubuh membutuhkan air untuk melumasi persendian, mengatur suhu tubuh, mengangkut nutrisi, dan mengeluarkan limbah melalui urine dan keringat.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Namun, tubuh secara alami kehilangan air setiap hari melalui proses normal seperti buang air kecil dan berkeringat.

Saat Anda tidur, tidak mungkin untuk terus minum air, dan tubuh akan kehilangan cairan sepanjang malam tanpa menerima isi ulang.

Sehubungan dengan itu, minum air putih saat pertama kali bangun di pagi hari tentunya dapat memberikan beberapa manfaat yang menyehatkan.

Jika Anda tertarik ingin mulai mencoba rutinitas pagi ini, berikut 6 manfaat minum air putih di pagi hari.

Menghidrasi Tubuh

Karena Anda tidak bisa minum sambil tiduran, tubuh secara alami mengalami dehidrasi di pagi hari. Dehidrasi bisa mengakibatkan masalah kesehatan.

Jadi, minum segelas air saat bangun tidur bisa membantu menghidrasi tubuh dengan mengisi kembali cairan yang hilang saat tidur.

Meningkatkan Energi

Menurut National Library of Medicine, dehidrasi yang terjadi secara alami saat tidur dapat membuat Anda lelah dan pusing.

Mengonsumsi segelas air di pagi hari dapat membantu mencegah hal ini dengan mendorong proses rehidrasi, memastikan jaringan dan organ tubuh mendapatkan cairan secepatnya.

Meningkatkan Produktivitas

Memulai hari dengan segelas air juga dapat membantu memaksimalkan ketajaman mental dan produktivitas Anda sepanjang hari.

Dehidrasi berkaitan dengan kabut otak dan sakit kepala, jadi minum segelas air putih adalah cara pertama yang bagus untuk meningkatkan kinerja mental.

Bahkan dehidrasi ringan dikaitkan dengan kehilangan ingatan dan konsentrasi jangka pendek.

Meningkatkan Metabolisme

Kapan pun waktunya, minum air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Secara khusus, air dingin memicu tubuh untuk mengaktifkan mekanisme yang disebut thermogenesis.

Thermogenesis berperan dalam meningkatkan laju metabolik tubuh, yang akan meningkatkan pengeluaran energi. Itu sebabnya, minum air putih juga dapat menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin memulai metabolisme segera setelah bangun, tak ada salahnya minum segelas air putih di pagi hari.

Meningkatkan Pencernaan

Air minum sangat penting untuk pencernaan yang sehat. Tetap terhidrasi sangat membantu untuk meredakan sembelit, efek samping umum dari dehidrasi.

Oleh karena itu, jika Anda rentan mengalami sembelit, minum air putih saat bangun tidur dapat memulai proses rehidrasi dan melancarkan pencernaan.

Mengekang Rasa Lapar

Jika Anda bukan orang yang suka sarapan besar atau jika Anda tidak punya waktu untuk makan, minum air putih terlebih dahulu di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu.

Sebagai catatan studi tahun 2018, minum air putih sepanjang pagi dapat meredam rasa lapar, berpotensi meredakan perut yang keroncongan hingga tiba waktu Anda bisa makan.

Tetap terhidrasi juga dapat mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan ketika Anda sebenarnya tidak lapar. Asmens duomenų apsauga, BDAR, GDPR www.novusnexus.lt

Nah, itulah beberapa manfaat minum air putih di pagi hari.

Minum air di pagi hari memang baik untuk Anda, tetapi tidak perlu memaksakan diri melakukannya jika itu bukan kesukaan Anda. (—-)

Sumber: Real Simple

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan