26 May 2024
Indeks

Tak Hanya Sehatkan Perut, Ini 6 Manfaat Makan Labu

  • Bagikan
Manfaat Makan Labu
6 Manfaat Makan Labu.

SULTRATOP.COM – Ada beragam manfaat makan labu. Jenis sayuran ini kaya akan karbohidrat, protein, vitamin C, E, karoten, kalsium, kobalt dan elemen mineral lainnya, serta manitol, citrulline dan zat aktif lainnya.

Lantas apa saja manfaat makan labu bagi kesehatan tubuh? Berikut ini 6 manfaat makan labu.

Iklan Astra Honda Sultratop

1. Sehatkan Perut

Labu yang kaya pektin dapat melindungi mukosa lambung, menghalangi rangsangan makanan kasar, dan mempercepat penyembuhan bisul. Kandungan dalam labu kuning juga dapat meningkatkan sekresi empedu, memperkuat gerak peristaltik lambung, dan melancarkan pencernaan.

2. Bagus untuk Kecantikan

Sering makan labu juga dapat mendetoksifikasi dan menyehatkan kulit. Labu kaya akan pektin, dan pektin ini dapat menyerap mikroorganisme berbahaya dan beberapa logam berat lainnya dalam tubuh manusia, yang dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh manusia dengan lancar.

Selain itu, labu juga banyak mengandung vitamin C dan asam amino yang juga sangat efektif untuk melindungi kulit.

3. Meningkatkan Imunitas

Labu juga kaya polisakarida, vitamin, kalsium, seng dan mineral lainnya, yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh manusia. Artinya, manfaat makan labu secara teratur dapat memperkuat tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Melindungi Penglihatan

Labu merupakan salah satu buah dan sayur yang kaya akan β-karoten, yang dapat berubah menjadi vitamin A dalam tubuh manusia. Menurut sebuah studi oleh National Institutes of Health di China, vitamin A dapat meningkatkan kejernihan penglihatan mata di lingkungan yang redup.

Sebuah studi Universitas Harvard menunjukkan bahwa vitamin A juga dapat menunda penurunan fungsi retina yang disebabkan oleh retinitis pigmentosa. Selain itu, vitamin A membantu membentuk dan menjaga kesehatan kulit, gigi, dan tulang.

5. Anti Kanker

Makan lebih banyak labu dalam kehidupan sehari-hari juga dapat mencegah kanker, karena labu kaya akan mannitol yang dapat pencahar dan detoksifikasi. Dengan kata lain, makan labu secara teratur dapat mencegah terjadinya kanker usus besar.

6. Berperan dalam Detoksifikasi

Labu kaya akan pektin. Pektin memiliki sifat adsorpsi yang baik dan dapat mengikat racun bakteri dan zat berbahaya dalam tubuh, seperti merkuri dan timbal, serta berperan dalam detoksifikasi yakni proses normal dalam tubuh untuk melakukan pembuangan zat-zat beracun.

Risiko Makan Labu

1. Labu juga merupakan salah satu alergen. Orang yang alergi labu ketika makan labu dapat menyebabkan gejala alergi seperti kulit kemerahan, diare, gangguan pencernaan, dan lain-lain.

2. Labu adalah makanan hangat. Makan terlalu banyak akan menyebabkan lembab dan panas di dalam tubuh.

3. Jangan makan labu dalam waktu lama. Sebab, labu kaya akan karoten. Asupan karoten yang berlebihan dalam tubuh manusia akan mengendap di stratum korneum, lama-lama kulit akan menguning. (===)

 

Sumber: Agri.cn



google news sultratop.com
  • Bagikan