21 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

8 Makanan yang Baik untuk Berbuka Puasa

  • Bagikan
8 Makanan yang Baik untuk Berbuka Puasa
Semangka (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Ada banyak teori atau saran tentang makanan apa yang terbaik untuk berbuka puasa. Tetapi intinya makanan apa pun yang Anda pilih, pastikan mudah dicerna serta tidak mengandung karbohidrat dan gula yang berlebihan.

Lantas apa sebenarnya makanan terbaik untuk berbuka puasa? Melansir laman Better Me, berikut beberapa pilihan menu makanan yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Bayam atau Kale

Sayuran berdaun hijau ini mengandung banyak nutrisi dan mineral, seperti vitamin C, B2, B6, E, A, K, magnesium, besi, tembaga, kalium, kalsium, folat, dan mangan. Manfaat kesehatan dari nutrisi ini tidak boleh diremehkan.

Bayam membantu pencernaan dan pencegahan sembelit, yang merupakan dua kekhawatiran terbesar di antara orang yang berpuasa.

Ikan

Ikan adalah sumber protein, vitamin D, dan lemak sehat. Untuk alasan ini, ikan harus masuk dalam daftar makanan terbaik Anda untuk berbuka puasa.

Jika langsung makan ikan terlalu banyak untuk Anda, cobalah mulai dengan kaldu ikan.

Telur

Protein yang terdapat dalam telur sangat membantu saat berbuka puasa karena akan mencegah hilangnya otot.

Jadi, jika tujuan Anda adalah menghilangkan lemak dan membentuk otot maka Anda harus mempertimbangkan untuk makan telur saat berbuka puasa.

Telur juga kaya leusin, asam amino yang dipuji karena perannya dalam pertumbuhan otot. Selain itu, ada banyak alasan lain mengapa telur harus menjadi pilihan Anda.

Pertama, telur mudah dicerna, rendah kalori, kaya protein, dan sangat mengenyangkan sehingga membantu mengurangi nafsu makan.

Brokoli atau Kembang Kol

Brokoli dan kembang kol adalah pilihan yang baik untuk berbuka puasa. Sayuran ini mengandung Vitamin C, B6, B2, K, B5, B9, A dan zat besi, magnesium, dan mangan.

Sebelum mengonsumsi sayuran ini, pastikan Anda memasaknya terlebih dahulu agar lebih mudah dicerna.

Semangka

Memiliki kandungan lebih dari 90% air, semangka adalah buah yang bagus untuk dikonsumsi saat berbuka puasa karena membuatnya mudah dicerna dan membantu menghidrasi Anda.

Pisang

Meskipun kandungan gula dan karbohidratnya tinggi, buah-buahan yang kaya nutrisi ini menjadi makanan terbaik untuk dimakan saat berbuka puasa.

Pisang mengandung karbohidrat sehat, serat, vitamin, dan mineral yang akan mengisi kembali tubuh Anda dengan cepat.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi dalam pisang membuatnya menjadi pilihan yang kurang cocok untuk berbuka puasa karena dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Jika Anda memilih untuk berbuka puasa dengan pisang, makanlah dengan sesuatu yang kaya protein dan lemak sehat (seperti selai kacang) yang akan memperlambat pencernaan dan penyerapan seluruh makanan.

Buah kering

Buah-buahan kering seperti kurma, aprikot, dan kismis mengandung banyak nutrisi sehingga harus ada dalam daftar menu berbuka puasa Anda.

Buah-buahan kering ini mengandung gula alami sehingga konsumsilah sebagai bagian dari makanan yang juga mengandung protein dan lemak sehat untuk memperlambat penyerapan.

Alpukat

Meskipun beberapa orang memandang alpukat sebagai buah berlemak, tetapi alpukat mungkin saja menjadi pilihan terbaik untuk seseorang yang sedang berbuka puasa.

Buahnya rendah kalori dan kaya akan lemak sehat, antioksidan, vitamin, mineral, folat, kalium, dan tembaga.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk berbuka puasa. Lantas apa saja menu berbuka puasa kalian? (—)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan