26 May 2024
Indeks

5 Jenis Buah Menurunkan Kolesterol

  • Bagikan
Buah Menurunkan Kolesterol
5 Jenis Buah Menurunkan Kolesterol.

SULTRATOP.COM – Beberapa jenis buah menurunkan kolesterol dengan kandungan berbagai zat di dalamnya yang penting bagi tubuh manusia. Selain bergizi tinggi, rasa buah-buahan juga enak sehingga tidak ada salahnya untuk selalu mengkonsumsi jenis makanan ini.

Biasanya banyak orang sibuk dengan pekerjaan. Demi kenyamanan, sebagian besar waktu mereka makan di luar atau memesan melalu GrabFood dan GoFood untuk makan di rumah. Namun, makanan di luar biasanya tinggi sodium, tinggi kalori, dan banyak minyak, yang mengarah pada kecenderungan merangsang naiknya kadar kolesterol .

Iklan Astra Honda Sultratop

Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit jantung, dan tentunya memiliki ancaman tersendiri bagi kesehatan Anda. Oleh karena itu, selain mengatur pola makan dan memperbanyak olahraga, Anda juga bisa mengonsumsi 5 jenis buah berikut untuk membantu menurunkan kolesterol.

1. Pepaya

Karotenoid dalam pepaya dapat melawan oksidasi, menghambat low-density lipoprotein agar tidak teroksidasi dan mengendap di pembuluh darah. Zat ini juga mengurangi emboli pembuluh darah, serta dapat menghilangkan radikal bebas yang merusak sel, memperbaiki sel, meningkatkan kekebalan tubuh manusia, dan memiliki efek anti kanker.

Pepaya
Pepaya

Pepaya juga mengandung serat makanan, yang dapat meningkatkan buang air besar, mengurangi konsentrasi kolesterol dalam darah, mencegah hipertensi dan penyakit kardiovaskular, serta dapat mengurangi lemak darah.

2. Tomat

Tomat
Tomat

Buah ini dapat menurunkan kolesterol karena kaya akan potasium dan likopen. Sehingga, dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, mencegah agregasi trombosit membentuk trombus, dan mengurangi risiko stroke.

3. Alpukat

Nutrisi utama alpukat adalah asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak esensial yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Alpukat
Alpukat

Jenis buah yang satu ini kaya akan antioksidan, yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Apel

Apel
Apel

Buah ini jadi favorit banyak orang dan selalu tersedia di pasar buah. Apel kaya akan pektin (serat makanan yang larut dalam air), dapat memperbaiki sembelit atau diare, menurunkan gula darah, menurunkan kolesterol, dan memperlambat oksidasi.

5. Jeruk

Buah ini mengandung pigmen jingga β-cryptoxanthin yang dapat meningkatkan fungsi hati, mencegah arteriosklerosis, menekan gula darah dan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah osteoporosis serta melawan kanker.

Jeruk
Jeruk

Tidak hanya daging buahnya, kulit jeruk mengandung hesperidin dan vitamin P yang dapat melindungi pembuluh darah. Buah ini juga kaya akan kandungan pektin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. (===)

 

Sumber: heho.com.tw



google news sultratop.com
  • Bagikan