25 July 2024
Indeks

7 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

  • Bagikan
Ilustrasi wanita yang mengecilkan perut setelah melahirkan. (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Bagaimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan? Pertanyaan ini seperti ini yang mengelilingi pikiran wanita setiap hari setelah melahirkan.

Nah, Anda tidak sendiri. Kebanyakan wanita punya pikiran yang sama di kepalanya. Masalah mereka kurang lebih sama seperti Kulit longgar yang menggantung di sekitar pinggang membuat seorang wanita terlihat sangat lusuh dan apa pun yang Anda kenakan akan terlihat sangat tidak pas.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Khawatir adalah hal yang wajar, tetapi seseorang tidak boleh melakukan diet ketat untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Sebab itu dapat membuat tubuh Anda kekurangan nutrisi.

Seorang wanita tidak bisa menghilangkan semua lemak pasca-kehamilan dalam semalam. Usaha mengecilkan perut setelah melahirkan butuh waktu sekitar sembilan bulan.

Setelah melahirkan, tubuh wanita juga harus sembuh terlebih dahulu dan seorang wanita juga bertanggung jawab atas kesehatan dan gizi bayinya. Jadi beri waktu pada diri Anda untuk kembali bugar.

Berdasarkan informasi dari laman Babydestination.com, berikut ini cara yang efektif menurunkan berat badan setelah melahirkan.

1. Menyusui

Ini mungkin mengejutkan sebagian besar ibu, tetapi menyusui sebenarnya membantu menghilangkan lemak perut. Dalam proses menyusui, tidak hanya bermanfaat bagi sang ibu tapi juga bagi anaknya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa menyusui membantu menurunkan sekitar 500 kalori per hari dan itu banyak sekali. Jadi, para ibu jangan menunggu, mulailah menyusui bayi Anda sedini mungkin dan Anda bisa terus menyusui selama satu tahun atau lebih.

2. Sering makan tapi kecil

Sebagian besar rumah tangga di India memiliki kebiasaan makan 3 kali sehari. Alih-alih melakukan itu, seseorang harus makan 5-6 porsi kecil secara berkala.

Sang ibu bisa makan sambil memberi makan si anak. Dalam kondisi ini ibu dan anak akan sama-sama mendapatkan nutrisi karena ada asupan.

3. Senam pasca hamil

Bagi yang melahirkan dengan operasi pembedahan maka senam dapat dilakukan setelah jahitan sembuh. Wanita yang pernah menjalani operasi sesar bisa mulai berolahraga setelah 6-8 minggu.

Bergabung dengan pusat kebugaran mungkin merupakan solusi yang paling mudah, tetapi pilihan lain adalah bersepeda, berenang, dan berjalan adalah pilihan yang lebih baik.

Olahraga pagi hari atau sesi yoga dapat memberi keajaiban untuk mengencangkan tubuh Anda. Yoga membantu mengencangkan seluruh tubuh dan juga mengangkat suasana hati Anda.

4. Hindari makanan olahan

Makan makanan yang sehat dan seimbang dan hindari makan junk food (makanan cepat saji) dan makanan olahan karena ini hanya memberikan kalori kosong pada tubuh. Gunakan roti gandum sebagai pengganti roti putih.

Sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan seperti burger, sandwich, dan produk roti lainnya. Percayalah, mereka sama sekali tidak memiliki nilai gizi, hanya kalori. Untuk mengunyah, Anda dapat memiliki berbagai jenis campuran biji-bijian dan kacang-kacangan, salad, dan jus.

5. Minum banyak air

Minumlah air setiap kali Anda haus dan pastikan tubuh Anda terhidrasi. Air tidak hanya membantu mengeluarkan semua racun dari tubuh, tetapi juga membuat Anda merasa kenyang sehingga tidak tergoda untuk ngemil yang tidak perlu.

Siapkan sebotol air dan jika memungkinkan, cobalah minum air hangat. Ini membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh. Pastikan saja Anda minum air setidaknya setengah jam sebelum makan karena itu akan mengurangi rasa lapar Anda.

6. Kurangi gula

Untuk dapat mengecilkan perut setelah melahirkan secara optimal maka Anda harus bisa menahan diri dari makan mengandung gula seperti permen, coklat, dan kue. Jauhi minuman soda, dan minuman manis lainnya.

Sebagai gantinya, makanlah kurma saat Anda menginginkan sesuatu yang manis yang mengandung gula alami. Ketika Anda ingin minum sesuatu, yang terbaik adalah minum air putih. Tidak ada yang bisa memuaskan dahaga Anda lebih baik daripada air.

7. Hindari stres

Dengan serangkaian tanggung jawab baru, Anda mungkin merasa kewalahan tetapi cobalah untuk menghindari stres. Tetap positif dan bahagia!

Stres membuat tubuh melepaskan hormon stres yaitu kortisol. Hormon ini menginduksi lapar, lelah, dan akhirnya berefek ke penambahan berat badan. Cobalah untuk tidur sebanyak yang Anda bisa, karena membantu meremajakan tubuh dan juga membakar kalori. (===)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan