16 June 2024
Indeks
Iklan Dispar Sultra Jelajahi Sulawesi Tenggara

7 Drama Korea yang Diangkat dari Kisah Nyata

  • Bagikan
7 Drama Korea yang Diangkat dari Kisah Nyata
Beberapa drama Korea populer ternyata terinspirasi dari kisah nyata. (Gambar: tvN)

SULTRATOP.COMDrama Korea selalu sukses menyedot perhatian penonton dengan alur ceritanya yang menarik. Namun, siapa sangka jika beberapa drama Korea populer ternyata terinspirasi dari kisah nyata.

Berikut adalah 7 drama Korea yang diangkat ataupun terinspirasi dari kisah nyata.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

1. Fight For My Way

Fight For My Way terinspirasi dari kehidupan seniman bela diri campuran Choo Sung-hoon dan istrinya, Yano Shiho. (Gambar: KBS)

Drama ini mengikuti kisah Ko Dong-man (Park Seo-joon), mantan pemain taekwondo yang menjadi petarung MMA, dan Cho Ae-ra (Kim Ji-won), karyawan di sebuah pusat perbelanjaan yang memiliki cita-cita menjadi pembawa acara televisi.

Penulis Im Chang-soon mengakui Fight For My Way berdasarkan kisah nyata kehidupan seniman bela diri campuran Choo Sung-hoon dan istrinya, Yano Shiho.

Kabarnya, Penulis Im terinspirasi untuk menyelami kehidupan petarung profesional MMA usai melihat Shiho menangis saat menyaksikan suaminya bertanding.

2. Reply 1988

Salah satu karakter di drama Reply 1988 terinspirasi dari Lee Chang-ho, pemain baduk Korea Selatan yang menjuarai beberapa turnamen lokal dan internasional. (Gambar: tvN)

Drama Korea Reply 1988 mengikuti kehidupan lima sahabat yang tinggal di lingkungan yang sama. Mereka memiliki kepribadian yang berbeda. Namun, selalu menghabiskan waktu bersama.

Cerita drama ini memang tidak berdasarkan kisah nyata, tapi salah satu karakternya, Choi Taek (Park Bo-gum) terinspirasi dari Lee Chang-ho, pemain baduk Korea Selatan yang menjuarai beberapa turnamen lokal dan internasional.

3. Signal

Drama Signal terinspirasi oleh peristiwa kriminal yang terjadi di Korea Selatan. (Gambar: tvN)

Salah satu drama thriller terbaik Korea ini mungkin tampak sedikit fantastik karena interaksi dua polisi menggunakan talkie walkie di timeline yang berbeda. Namun, ternyata drama ini terinspirasi oleh peristiwa kriminal yang sebenarnya.

Penulis naskah Signal menggunakan kasus penculikan Park Choroung Bitnari dan kasus pembunuhan berantai Hwaseong yang keji.

4. Taxi Driver

Sebagian besar kasus dalam drama Taxi Driver berdasarkan kisah nyata. (Gambar: SBS)

Drama ini mengikuti Kim Do-gi (Lee Je-hoon), yang bekerja sebagai sopir taksi. Meski kelihatannya seperti pekerjaan sopir taksi pada umumnya, tetapi kenyataannya, perusahaan menawarkan layanan kepada kliennya yang ingin balas dendam.

Sebagian besar kasus dalam drama ini berdasarkan kisah nyata. Salah satunya adalah kasus Cho Doo-soon, seorang pemerkosa anak yang terkenal dibebaskan dari penjara. Hal ini menimbulkan penentangan kuat dari masyarakat.

5. Move to Heaven

Drama Move to Heaven diangkat dari kisah nyata seorang trauma cleaner asal Korea Selatan. (Gambar: Netflix)

Serial populer yang menguras air mata ini menampilkan seorang mantan napi Sang-gu (Lee Je-hoon) yang setelah bebas dari penjara harus menjaga keponakannya, Geu-ru (Tang Jung-sang) yang mengidap autism spectrum disorder.

Drama Korea satu ini ternyata juga diangkat dari kisah nyata berdasarkan esai nonfiksi berjudul Things Left Behind oleh Kim Sae-byul, seorang trauma cleaner asal Korea Selatan. Trauma cleaner yaitu jasa pembersih barang-barang orang yang sudah meninggal.

Kim Sae-byul mencatat bahwa dia membersihkan rumah seorang pria berusia 70-an yang meninggal sendirian dan baru ditemukan beberapa minggu kemudian.

Insiden ini direplikasi dalam salah satu episode paling menguras air mata dalam serial Move to Heaven.

6. Crash Landing on You

Drama Crash Landing on You terinspirasi pada insiden yang melibatkan aktris Jung Yang pada 2008. (Gambar: tvN)

 

Drama populer ini menceritakan kisah menarik dari seorang miliarder Yoon Se-ri (Yon Se-jin), yang secara tidak sengaja mendarat di Korea Utara setelah kecelakaan paralayang. Dengan bantuan kapten asal Korea Utara, Ri Jeong-hyeok (Hyun Bin), Yoon Se-ri berhasil kembali ke Korea Selatan.

Drama ini mendapat pujian karena penggambarannya yang akurat tentang kehidupan Korea Utara. Namun, sedikit yang tahu bahwa kisah Crash Landing on You ternyata berdasarkan kisah nyata.

Penulis Park Ji Eun menyatakan, dia mendasarkan cerita pada insiden yang melibatkan aktris Jung Yang, yang pada 2008 berada di kapal feri rekreasi di tepi Incheon. Cuaca buruk menyapu kapal dan membawa mereka hampir melintasi Garis Batas Utara yang membagi Selatan dan Utara.

Ia baru menyadari hal itu saat mendengar para nelayan berbicara dengan aksen Korea Utara. Menyadari seberapa dekat seseorang bisa sampai ke sisi lain, Park Ji-eun mulai menulis naskah Crash Landing On You.

7. Empress Ki

Empress Ki berdasarkan kisah nyata seorang wanita berpangkat rendah yang lahir pada masa dinasti Goryeo dan dikirim ke dinasti Yuan di Tiongkok. (Gambar: MBC)

Drama sejarah ini berdasarkan kisah nyata seorang wanita berpangkat rendah, Ki Seung-nyang, (Ha Ji-won) yang lahir pada masa dinasti Goryeo dan dikirim ke dinasti Yuan di Tiongkok.

Di sana, dia perlahan naik ke puncak dan menikah dengan Raja Yuan, Toghon Temur (Ji Chang-wook). Ia pun menjadi Permaisuri Ki.

Rupanya, setelah berkuasa di Yuan, dia dengan kejam menginvasi negaranya sendiri menggunakan pasukan suaminya. Meskipun dia dipandang sebagai pemimpin oleh beberapa orang, tapi sebagian lainnya menyebutnya pengkhianat karena menyerang tempat kelahirannya.

Nah, itulah tujuh drama yang berdasarkan kisah nyata. Apakah kalian sudah menonton semuanya? (—)

Sumber: gqindia, lifestyleasia

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan