26 May 2024
Indeks

7 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita, Pahami Faktor Naiknya Berat Badan

  • Bagikan
Cara Mengecilkan Perut Buncit
Perut ideal. (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Perut yang buncit tak jarang menjadi masalah tersendiri pada wanita atau perempuan. Ada cara mengecilkan perut buncit pada wanita agar dapat berpenampilan menarik dengan ukuran perut yang ideal atau langsing.

Namun, untuk mengecilkan perut buncit pada wanita ini tidaklah mudah. Tak jarang, banyak wanita melakukan diet ekstrem yang justru berdampak buruk pada kesehatan lambung.

Iklan Astra Honda Sultratop

Lantas, bagaimana cara mengecilkan perut buncit yang aman secara alami dan tanpa operasi? Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini 7 cara mengecilkan perut buncit pada wanita.

1. Pahami faktor kenaikan berat badan

Pahami dahulu tiga faktor utama kenaikan berat badan yang menyebabkan bertambahnya lemak di perut. Ketiga faktor tersebut yakni banyak kalori yang Anda konsumsi sepanjang hari, banyak kalori yang Anda bakar melalui latihan harian, serta usia Anda.

Jika Anda makan terlalu banyak dan berolahraga terlalu sedikit, Anda cenderung akan mengalami kelebihan berat badan, termasuk lemak perut.

Massa otot Anda mungkin sedikit berkurang seiring bertambahnya usia, sementara lemak bertambah. Kehilangan massa otot juga menurunkan kecepatan tubuh menggunakan kalori, yang dapat mempersulit Anda untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Banyak wanita juga mengalami peningkatan lemak perut seiring bertambahnya usia, bahkan jika berat badan mereka tidak bertambah. Hal ini mungkin karena penurunan kadar estrogen, yang tampaknya mempengaruhi distribusi lemak di dalam tubuh.

Kecenderungan berat badan bertumpuk atau bertambah di sekitar pinggang ada kemungkinan terkait dengan komponen genetik. Meskipun ada pengaruh genetik namun bukan berarti wanita tidak dapat mengecilkan perut buncit.

2. Perlu 10.000 langkah sehari

Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian. Dalam program mengecilkan perut buncit bagi wanita, aktivitas fisik ini tidak perlu yang berat tapi cukup dengan yang ringan saja.

Untuk sebagian besar orang dewasa yang sehat yang tepat adalah aktivitas aerobik sedang, seperti jalan cepat, setidaknya 150 menit seminggu atau aktivitas aerobik berat, seperti berlari setidaknya 75 menit seminggu.

Jika Anda menggunakan penghitung langkah, ingatlah bahwa dibutuhkan rata-rata 10.000 langkah sehari untuk mencegah kenaikan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan mungkin diperlukan 15.000 langkah sehari untuk mencegah kenaikan kembali berat badan setelah penurunan berat badan yang signifikan.

3. Konsumsi makanan sehat

Fokuslah pada makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Pilih sumber protein tanpa lemak dan produk susu rendah lemak. Batasi tambahan gula dan lemak jenuh, yang terdapat pada daging dan produk susu berlemak tinggi, seperti keju dan mentega.

Sebagai gantinya, pilihlah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam jumlah sedang yang ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, dan minyak nabati tertentu.

Selain jenis makanan yang sehat, penting juga memperhatikan agar porsi makanan tidak berlebihan atau makan terlalu kenyang. Makan secukupnya saja dengan menu makanan sehat adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengecilkan perut buncit bagi wanita.

4. Hindari minuman manis

Hindarilah minuman manis yang banyak terkandung pada minuman bersoda, atau jenis minuman lain yang banyak mengandung gula murni. Sebagai gantinya, minumlah air atau minuman dengan pemanis buatan.

Saat memilih pengganti gula, Anda harus menjadi konsumen yang cerdas. Pemanis buatan dan pengganti gula dapat membantu Anda mengontrol berat badan, bahkan mengecilkan perut buncit. Namun itu bukanlah hal yang instan dan penggunaanya hanya dalam jumlah sedang.

Makanan yang dipasarkan bebas gula tidak bebas kalori, sehingga tetap bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Ingatlah bahwa makanan olahan, yang seringkali mengandung pengganti gula, umumnya tidak memberikan manfaat kesehatan yang sama seperti makanan utuh, seperti buah dan sayuran.

5. Latihan kekuatan

Aktivitas olahraga jenis ini dianjurkan setidaknya dua kali seminggu. Latihan kekuatan adalah komponen kunci dari kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan untuk semua orang. Dengan melakukan ini dapat membantu Anda mempertahankan dan meningkatkan massa otot Anda pada usia berapa pun.

Gerakan-gerakan dalam latihan kekuatan dapat meningkatkan metabolisme untuk membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Dengan begitu, olahraga ini membantu Anda mengelola atau menurunkan berat badan, hingga mengecilkan perut buncit.

Aktivitas tersebut juga dapat membantu untuk mengembangkan tulang yang kuat. Dengan memberi tekanan pada tulang, latihan kekuatan dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Olehraga jenis itu dapat Anda lakukan di tempat di gym. Pilihan sederhananya Anda dapat melakukan di rumah dengan banyak latihan tapi dengan sedikit atau tanpa peralatan. Cobalah pushup, pullup, plank, lunges, dan squat.

6. Latihan kencangkan otot perut

Anda dapat mengencangkan otot perut dengan crunch atau latihan perut. Namun melakukan latihan dengan gerakan ini saja tidak akan mengecilkan perut buncit wanita.

Lemak visceral atau lemak yang terdapat pada bagian perut hanya akan berkurang dengan menerapkan strategi diet yang tepat dan olahraga seperti crunch. Dengan begitu, Anda menurunkan berat badan berlebih dan menurunkan total lemak tubuh.

7. Lakukan perlahan dan konsultasi ke dokter

Untuk mengecilkan perut buncit bagi Anda seorang wanita, usahakan melakukannya secara secara perlahan dan stabil. Konsultasikan dengan dokter untuk bantuan memulai dan tetap di jalur mengecilkan perut buncit dengan aman. (===)



google news sultratop.com
  • Bagikan