23 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

16 Makanan Diet Ala Orang Jepang

  • Bagikan
Makanan diet menurunkan berat badan
Makanan Diet Menurunkan Berat Badan. (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Jepang tergolong negara yang warganya mampu menjaga berat badan atau sangat sedikit yang mengalami obesitas. Salah satu kuncinya adalah makanan diet ala orang Jepang efektif menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal.

Diet adalah pembatasan makanan. Pembatasan dalam diet ini sangat penting untuk menurunkan berat badan secara efektif. Jika Anda serius ingin menurunkan berat badan, mari tinjau kembali kebiasaan makan Anda dengan cara yang benar dan sukseskan diet Anda. Jika Anda tidak melakukan diet secara efektif dan sehat, dapat membuat Anda kembali ke titik awal.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Kemungkinan besar berhasil dalam diet adalah dengan belajar tentang makanan dan memanfaatkan efek sinergis dari bahan-bahan. Makan dengan cara yang benar dan makan makanan yang seimbang untuk berhasil secara efektif dalam diet pasti dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Berikut 16 bahan dan menu makanan diet di Jepang.

1. Sayuran

Jika Anda serius ingin menurunkan berat badan, mulailah dengan sayuran terlebih dahulu. Karena banyak sayuran kaya akan serat makanan, sehingga memungkinkan untuk meningkatkan kerja usus dengan mengonsumsi sayuran terlebih dahulu. Dengan kandungan serat yang tinggi ini, sayuran adalah pilihan yang pas sebagai jenis makanan diet untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, jika Anda mengonsumsi karbohidrat setelah mengonsumsi serat makanan, Anda juga dapat menekan kenaikan kadar gula darah. Saat kadar gula darah naik, tubuh bekerja menurunkan kadar gula darah dan mengubah gula dalam darah menjadi lemak, sehingga tidak baik untuk diet.

Ubah kebiasaan makan Anda untuk menghindari gula. Jika Anda ingin berhasil dalam diet, penting untuk menahan diri dari karbohidrat. Hanya saja gula termasuk dalam begitu banyak makanan, jadi faktanya juga sangat sulit untuk menahan diri. Dalam kasus seperti itu, mudah untuk mengganti nasi yang merupakan makanan pokok bagi banyak orang.

Misalnya saja dengan mengganti nasi putih menjadi nasi merah, Anda sudah bisa melihat perubahan kenaikan kadar gula darah. Nasi merah mengandung lebih banyak serat makanan daripada nasi putih, jadi Anda bisa mengharapkan efek pengaturan usus.

2. Protein

Protein adalah salah satu dari tiga nutrisi utama dan merupakan komponen penting yang berfungsi untuk semua kesehatan tubuh. Jika Anda aktif mengonsumsi protein, kesehatan kulit, rambut, kuku, dan lainnya akan membaik. Selain itu protein juga membuat kesehatan tubuh Anda yang sulit dilihat, seperti otot dan organ akan meningkat.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang seimbang. Untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, penting untuk memperbaiki pola makan Anda. Dengan meninjau kebiasaan makan Anda dan mengonsumsi makanan yang Anda butuhkan, Anda akan berhasil dalam diet. Misalnya, vitamin B bekerja pada metabolisme tiga nutrisi utama. Oleh karena itu, efek sinergis ini akan sangat baik.

Selain itu, jika Anda mengonsumsi vitamin C dengan protein, Anda dapat mengharapkan efek sinergis saat tubuh memproduksi kolagen.

3. Air

Ada banyak manfaat untuk minum banyak air saat diet. Misalnya, jika Anda minum air saat bangun di pagi hari, gerakan pencernaan Anda akan menjadi aktif, dan Anda dapat mengharapkan efek ketika usus bekerja dengan baik.

Sering minum air saat makan dapat membantu Anda merasa puas bahkan ketika Anda makan lebih sedikit. Jika Anda sedang diet dan berolahraga secara aktif, Anda mungkin mengalami dehidrasi jika tidak mengisi ulang cairan tubuh. Ini juga efektif mencegah sengatan panas di bawah terik matahari, jadi perhatikan asupan air Anda.

Saat Anda sedang diet, ada kalanya Anda hanya harus makan di luar. Dalam kasus seperti itu, jika Anda membuat daftar menu makanan ringan yang tidak mengganggu diet Anda, kecil kemungkinan Anda akan gagal diet.

Pikirkan tentang menu makanan ringan yang sehat dan seimbang, seperti salad ayam, yogurt tanpa pemanis, dan sup berbahan dasar sayuran. Selain itu, menu makanan ringan juga bisa masuk sebagai menu sehari-hari.

4. Putih telur

Telur merupakan salah satu bahan yang bisa mewakili protein. Telur, terutama putih telur, mengandung protein tinggi dan kaya vitamin B, jadi ini adalah salah satu makanan yang harus Anda masukkan ke dalam makanan Anda.

Selain menumis ringan dengan sayuran, Anda bisa membuat hidangan lezat dengan menambahkannya ke dalam sup. Jika Anda benar-benar ingin makan sesuatu yang manis saat diet, Anda bisa menambahkan sedikit gula untuk membuat meringue (sejenis kue).

Kuning telur inilah yang seharusnya Anda perhatikan saat saat memilih makanan diet untuk menurunkan berat badan Anda. Kuning telur juga mengandung protein yang tinggi, namun yang menjadi masalah adalah kolesterol. Karena kadar kolesterolnya yang tinggi, kuning telur adalah salah satu makanan yang harus Anda pisahkan saat sedang diet.

Jika Anda memiliki anak di masa puncak pertumbuhan, gunakan kuning telur yang bergizi tinggi untuk makanan mereka dan putih telur untuk mereka yang sedang diet.

5. Dada ayam

Ngomong-ngomong soal dada ayam, ini adalah makanan populer yang ingin Anda makan saat diet dan latihan. Ini tinggi protein dan rendah kalori, sehingga Anda bisa memakannya dengan sehat, jadi mari kita konsumsi dengan berbagai cara memasak.

Anda juga memungkinkan untuk mengurangi karbohidrat dengan rasa aman saat makan daging. Dada ayam Dapat ditambahkan ke salad dengan berbagai sayuran atau sebagai bahan sup.

Anda bisa mengharapkan efek kombinasi saat makan dada ayam dengan peterseli. Karena peterseli tinggi vitamin C dan zat besi, maka protein pada dada ayam dapat meningkatkan metabolisme zat besi pada peterseli.

6. Tuna

Ikan tuna adalah bahan makanan yang dapat Anda temukan dengan mudah di pasar. Jika Anda mengkonsumsinya dengan baik, itu adalah makanan yang tergolong ke dalam menu diet sehat.

Tuna memiliki kandungan protein yang tinggi. Bahan ini juga nyaman karena Anda dapat menambahkannya dengan cepat ke berbagai hidangan. Perpaduan tuna dan tomat dapat Anda gunakan dalam berbagai makanan. Kombinasi asam inosinat pada tuna dan asam glutamat pada tomat menciptakan efek umami yang sinergis.

Selain menambahkan tuna ke dalam sup tomat dan saus tomat, roti bakar tomat dan tuna juga enak. Saat membuat roti panggang, pilihlah roti bakar rendah gula.

7. Ikan kod

Ikan kod adalah salah satu bahan yang bisa Anda dapat di supermarket dengan harga yang relatif terjangkau. Kod dapat dimakan dengan berbagai cara. Misalnya sebagai bahan sup miso.

Selenium yang terkandung dalam ikan kod memiliki efek sinergis bila dikonsumsi dengan vitamin E. Selain mengoleskan saus menggunakan irisan almond yang kaya vitamin E, Anda dapat meningkatkan efeknya dengan memanggang dalam foil menggunakan minyak zaitun yang mengandung vitamin E.

Asam inosinat yang merupakan komponen umami pada ikan kod sangat cocok dengan asam glutamat pada tomat, sehingga sangat nikmat bila memakannya bersamaan.

8. Seledri

Seledri merupakan sayuran dengan aroma unik yang berfungsi untuk menenangkan pikiran. Selain potasium yang mengatur sodium dalam tubuh dan mencegah kelumpuhan otot, ia juga banyak mengandung vitamin U yang menekan sekresi asam lambung.

Daun seledri banyak mengandung vitamin A, jadi lebih efektif lagi jika Anda memakan daunnya beserta batangnya. Anda bisa memakan seledri begitu saja dalam salad sambil menikmati teksturnya, atau bisa juga dengen merebus atau menumisnya. Meski ada yang suka dan tidak suka dengan bahan-bahan yang harum, konon nutrisinya tidak mudah hilang meski terpanaskan.

Masak dengan cara yang Anda suka dan nikmati. Jika Anda padukan dengan jamur shiitake yang juga mengandung banyak potasium, maka akan menjadi hidangan yang tepat untuk mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi).

9. Kubis

Kubis adalah bahan sehat mengandung vitamin U yang berfungsi untuk kesehatan saluran pencernaan. Selain itu kubis mengandung vitamin C yang dapat mencegah masuk angin dan kulit kasar, serta vitamin K yang berfungsi untuk darah dan tulang. Ini juga kaya dengan serat makanan, sehingga memudahkan kerja usus.

Kubis bagus untuk diet karena jika Anda mengkonsumsinya sebelum makanan utama maka akan membuat perut terasa kenyang dan makan jadi lebih sedikit. Anda bisa memasak kubis begitu saja dan bisa sebagai bahan sup, atau menumisnya dengan sayuran lainnya.

Dengan menambahkan kol ke piring kecil, bisa jadi camilan atau makanan ringan. Kubis merupakan sayuran yang tersedia hampir sepanjang tahun. Mudah memasaknya dengan sayuran lain atau sebagai bahan campuran masakan daging dan ikan, jadi sering-seringlah menambahkannya ke berbagai hidangan.

10. Bayam

Bayam mewakili sayuran dengan nilai gizi tinggi. Ini mengandung banyak zat besi, vitamin C yang membantu penyerapan zat besi, dan kelompok vitamin B.

Cara memasak bayam seperti menumisnya dengan jamur atau menambahkannya ke bahan sup. Namun Anda harus berhati-hati karena bayam mengandung asam oksalat yang jadi penyebab batu ginjal. Saat menggunakan bayam, pastikan untuk merebusnya dengan benar.

Bayam juga dapat mencegah anemia dengan menggabungkannya dengan telur, yang sangat baik untuk wanita yang sedang menstruasi. Namun, bayam dan kedelai merupakan kombinasi yang meniadakan manfaat satu sama lain. Asam fitat pada kedelai mengganggu penyerapan kalsium pada bayam.

11. Okra

Komponen lengket pada okra adalah sejenis serat makanan yang memiliki efek bagus untuk usus. Okra adalah sayuran yang ada sepanjang tahun. Jika Anda mengonsumsi okra dengan daging, ikan, atau rumput laut maka dapat meningkatkan penyerapan protein.

Okra adalah bahan yang terjangkau dan mudah memasaknya, jadi selalu sediakan di dapur.

12. Shiitake

Shiitake adalah makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi. Bahan makanan ini mengandung Guanylic acid yang merupakan komponen umami. Karena rendah kalori, Shiitake dapat Anda tambahkan ke dalam tumisan.

Shiitake kaya akan serat makanan, vitamin D yang bekerja pada tulang dan otot, dan kelompok vitamin B yang meningkatkan metabolisme. Kandungan vitamin D ini larut dalam lemak, sehingga Anda dapat mengharapkan efek sinergis saat memakannya dengan minyak.

13. Nori

Nori adalah rumput laut yang berbentuk lembaran. Ini jadi bagian tak terpisahkan dari meja makan sehari-hari orang Jepang. Selain protein, ia mengandung banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral. Karena termasuk makanan rendah kalori, ini adalah bahan yang baik Anda makan sedikit demi sedikit setiap hari.

Karena lebih baik mengurangi karbohidrat selama diet, ada banyak cara lain untuk menggunakannya. Anda dapat menambahkan nori ke hidangan daging dan menambahkannya ke sup.

Untuk menggunakan rumput laut secara efisien, Anda dapat menggunakannya dengan sayuran yang kaya serat makanan untuk meningkatkan kerja usus. Kombinasi rumput laut dengan makanan kaya zat besi seperti kerang dan bayam, ia memiliki efek sinergis dan mencegah anemia.

Selain itu, kombinasi rumput laut dan lobak baik karena vitamin C dalam lobak meningkatkan tingkat penyerapan zat besi dalam rumput laut. Ada berbagai cara penggunaan rumput laut oleh banyak rumah tangga di Jepang, jadi mari nikmati berbagai kombinasi sambil mempertimbangkan nutrisi.

14. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E, serat makanan, potasium, dan bahan lain yang membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Sangat cocok untuk mereka yang ingin makanan diet untuk menurunkan berat badan dengan tetap memperhatikan kecantikan dan kesehatan.

Beberapa orang menjadi kurang gizi karena mereka makan lebih sedikit saat diet. Namun, karena alpukat mengandung banyak nutrisi seperti asam folat dan potasium, alpukat juga memiliki keuntungan untuk mencegah kekurangan nutrisi selama diet.

Meskipun alpukat rendah karbohidrat, namun tinggi lemak, jadi berhati-hatilah untuk tidak makan terlalu banyak. Asupan alpukat harian yang baik adalah 1/2.

Anda ingin mengonsumsi nutrisi kaya yang terkandung dalam alpukat secara efisien, maka sebaiknya saat sarapan atau makan siang. Ini juga enak di atas roti bakar atau nasi. Menggabungkan alpukat dengan makanan utama akan membantu Anda merasa lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan.

15. Tahu

Tahu adalah makanan diet rendah kalori dan tinggi protein. Selain rendah karbohidrat, tahu juga mengandung magnesium yang efektif meredakan sembelit. Tahu juga mengandung isoflavon kedelai, nutrisi yang efektif mencegah obesitas.

Tahu sendiri rendah kalori dan rendah gula, menjadikannya makanan diet yang ideal. Tapi makan banyak tahu tidak selalu berarti Anda akan menurunkan berat badan. Tentu saja, untuk mengharapkan efek diet, perlu berhati-hati dengan makanan selain tahu.

Misalnya, jika Anda banyak makan makanan berlemak dan berkalori seperti makanan berminyak dan manis, Anda tidak akan mendapatkan efek diet. Jika Anda ingin mengurangi asupan kalori harian, kurangi jumlah nasi yang Anda makan dan makan tahu sebagai gantinya.

16. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang mengandung banyak serat makanan dan potasium. Bahan yang mengandung banyak serat makanan membuat Anda kenyang dan mencegah makan berlebihan. Kalium juga membantu menghilangkan kelebihan air dan garam dalam tubuh, sehingga efektif meredakan pembengkakan.

Ubi jalar rasanya manis dan bisa lezat hanya dengan memanaskannya di dalam microwave. Bagi yang sering makan yang manis-manis, sebaiknya makan ubi jalar sebagai pengganti cemilan.

Saat makan ubi jalar selama pembatasan diet, berhati-hatilah agar tidak makan berlebihan. Ubi jalar enak dan kaya akan nutrisi seperti vitamin dan serat makanan, tetapi asupan yang berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Misalnya, hindari makan ubi jalar dalam jumlah besar sebagai tambahan dari diet normal Anda. Selain itu, ubi jalar mengandung banyak nutrisi antara kulit dan dagingnya, sehingga baik untuk memakannya dengan kulitnya.

***

Hendari Stres Saat Mengkonsumsi Makanan Diet

Saat memulai diet, Anda mungkin merasa stres karena tidak bisa makan apa yang biasa Anda makan. Jangan stres hanya memikirkan menurunkan berat badan.

Jika Anda merasa stres karena membatasi diet, ada kemungkinan besar kelebihan berat badan Anda akan kembali setelah diet yang sukses. Selain itu, jika Anda mengalami gangguan mental, kondisi fisik Anda akan memburuk, yang tidak baik untuk kesehatan Anda.

Jika Anda kesal dengan pantangan makanan, yuk hilangkan iritasi dengan diet alternatif. Diet alternatif bukanlah diet yang tidak makan sama sekali, tetapi diet yang menggantikan hal-hal lain, dan dengan beralih ke makanan rendah kalori. (===)

 

Sumber: Kurashi-no.jp

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan