13 April 2024
Indeks

Kaya Nutrisi, Ini Sederet Manfaat Timun untuk Kesehatan

  • Bagikan
Timun kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. (Foto: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Ada sederet manfaat timun untuk kesehatan. Tanaman ini kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Timun juga dapat membantu meringankan dehidrasi serta mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Timun bahkan digunakan sebagai produk kecantikan.

Iklan Astra Honda Sultratop

Melansir laman Medical News Today, berikut sederet manfaat timun untuk kesehatan.

Mencegah dehidrasi

Elektrolit dalam timun dapat membantu mencegah dehidrasi. Timun sebagian besar terdiri dari air dan juga mengandung elektrolit penting. Timun dapat membantu mencegah dehidrasi dalam cuaca panas atau setelah berolahraga.

Bagi orang yang tidak suka minum air putih, menambahkan timun dan mint bisa membuatnya lebih menarik.

Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, menghindari batu ginjal, dan banyak lagi. Mentimun adalah salah satu makanan yang paling menghidrasi.

Kesehatan tulang

Timun mengandung Vitamin K yang membantu pembekuan darah, dan dapat mendukung kesehatan tulang.

Vitamin K membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Bersama-sama, nutrisi ini dapat berkontribusi untuk kesehatan tulang yang baik.

Mencegah Kanker

Sebagai anggota tanaman keluarga Cucurbitaceae, timun mengandung nutrisi rasa pahit tingkat tinggi yang dikenal sebagai cucurbitacin.

Berdasarkan sebuah artikel dalam International Journal of Health Services, cucurbitacins dapat membantu mencegah kanker dengan menghentikan reproduksi sel kanker.

Selain itu, timun juga mengandung serat yang dapat membantu melindungi terhadap kolorektal atau kanker usus besar.

Kesehatan jantung

Timun mengandung serat. Menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA), serat dapat membantu mengelola kolesterol dan mencegah masalah kardiovaskular terkait. Timun juga menyediakan potasium dan magnesium.

Mengurangi asupan natrium dan meningkatkan asupan kalium dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Cucurbitacins dalam mentimun juga bisa membantu mencegah aterosklerosis .

Mengontrol Diabetes

Timun juga berperan mengontrol dan mencegah diabetes karena tanaman ini mengandung zat yang dapat membantu menurunkan gula darah atau menghentikan kenaikan glukosa darah terlalu tinggi.

Sebuah studi mengatakan, cucurbitacins dalam mentimun membantu mengatur pelepasan insulin dan metabolisme glikogen hati, hormon kunci dalam pemrosesan gula darah.

Satu studi juga menemukan bahwa kulit mentimun membantu mengelola gejala diabetes pada tikus. Ini mungkin karena kandungan antioksidannya.

Menurut AHA, serat dalam timun juga dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2.

Timun mendapat skor rendah pada indeks glikemik (GI). Ini berarti timun memberikan nutrisi penting tanpa menambahkan karbohidrat yang dapat meningkatkan glukosa darah.

Anti peradangan

Timun juga memiliki manfaat antiinflamasi. Peradangan adalah fungsi dari sistem kekebalan tubuh.

Para ahli percaya peradangan dapat membantu memicu perkembangan berbagai kondisi kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kondisi autoimun, depresi, dan kanker

Perawatan kulit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nutrisi mentimun dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit.

Menerapkan irisan mentimun langsung ke kulit dapat membantu mendinginkan dan menenangkan kulit serta mengurangi pembengkakan dan iritasi, juga meringankan sengatan matahari.

Nah, itulah sederet manfaat timun untuk kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya menambahkan timun dalam menu sehari-hari Anda. (—-)



google news sultratop.com
  • Bagikan