16 June 2024
Indeks
Iklan Dispar Sultra Jelajahi Sulawesi Tenggara

Kenali 11 Tanda Sakit Jantung, Mungkin Anda Mengalaminya

  • Bagikan
Ilustrasi Jantung. (Sumber gambar: Pixabay.com)

SULTRATOP.COM – Sekitar 11 persen pria dan 9 persen wanita di Inggris telah didiagnosis dengan beberapa bentuk penyakit jantung atau peredaran darah. Namun tanda sakit jantung apa yang bisa Anda perhatikan, yang mungkin mengindikasikan potensi masalah sakit jantung?

Melalui laman British Heart Foundation (BHF), Profesor Kardiologi BHF John Wheatley di Pusat Penelitian Unggulan BHF di Universitas Edinburgh, menjelaskan tentang tentang 11 tanda sakit jantung. Jika mengalami masalah berikut ini maka bisa berarti sudah waktunya menemui dokter.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

1. Nyeri dada

Rasa nyeri di bagian dada anda adalah tanda klasik dari serangan jantung. Namun banyak orang tidak menyadari ini bisa menjadi keadaan darurat medis. Jika Anda mengalami nyeri dada dan merasa sangat tidak sehat, Anda harus menghubungi dokter atau pihak rumah sakit.

Jika itu serangan jantung, biasanya digambarkan sebagai rasa berat, sesak atau tertekan di dada. Orang akan sering menggambarkannya sebagai “gajah duduk di dadaku” atau “rasanya seperti ada pita ketat di dadaku” seperti perasaan yang menyempit.

2. Mual

Tidak setiap serangan mual sama dengan serangan jantung tetapi jika Anda juga merasakan sakit, maka itu kemungkinan alarm sakit jantung. Jika Anda mengalami nyeri dada yang hebat bahkan sewaktu Anda hanya duduk-duduk saja dan tidak melakukan apa-apa dan Anda juga merasa mual, inilah saatnya untuk memanggil ambulans.

3. Sakit perut atau gangguan pencernaan

Nyeri tipe gangguan pencernaan atau sensasi terbakar di dada atau perut Anda bisa menjadi tanda serangan jantung atau masalah jantung terkait. Sebab jantung, kerongkongan (saluran antara mulut dan perut Anda) dan perut semuanya terletak bersebelahan. Tandanya adalah rasa terbakar atau gangguan pencernaan.

4. Berkeringat

Bila berkeringat ketika pergi berolahraga karena hari yang sangat panas maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Namun merasa panas dan lembap disertai nyeri dada adalah tanda sakit jantung yang butuh penanganan dokter segera.

5. Sakit kaki

Jika Anda merasakan sensasi mencengkeram dan kram di betis saat berjalan, mungkin ada baiknya Anda menemui dokter. Sebab itu bisa menjadi penanda salah satu jenis yang berhubungan dengan jantung yakni penyakit arteri perifer (PAD). Ini paling umum pada perokok dan orang yang menderita diabetes.

6. Nyeri lengan

Anda mungkin tidak mengaitkan nyeri lengan dengan jantung Anda, tetapi itu bisa menjadi tanda serangan jantung.

Jika rasa sakit Anda menjalar ke lengan, terutama lengan kiri, atau ke leher, itu lebih mungkin berhubungan dengan jantung daripada gangguan pencernaan. Jika tidak hilang, atau jika Anda tahu Anda memiliki penyakit jantung dan telah menggunakan semprotan gliseril trinitrat (obat yang melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah) dua atau tiga kali tanpa efek yang terlihat, maka Anda harus segera mendapat pertolongan medis.

7. Sakit rahang atau punggung

Tanda serangan jantung, bisa berupa rasa sakit di rahang, atau punggung. Ada beberapa bukti bahwa gejala wanita lebih cenderung bervariasi dari nyeri dada, apalagi wanita cenderung tidak mencari perhatian dan perawatan medis.

8. Sensasi tersedak

Terkadang sesak atau sakit bisa terjadi di tenggorokan. Orang cenderung menggambarkan sensasi “membatasi” atau “tersedak”. Jika perasaan itu berlanjut, dan Anda belum pernah didiagnosis menderita masalah jantung, maka Anda harus segera ke rumah sakit.

9. Pergelangan kaki bengkak

Pergelangan kaki yang membengkak tidak boleh diabaikan, terutama jika pergelangan kaki menjadi sangat besar, karena ini bisa menjadi penanda gagal jantung. Namun juga sangat umum dan memiliki banyak penyebab lainnya. Soal kaki bengkak ini bisa jadi penyebabnya lain, misalnya, obat tekanan darah dapat menyebabkan pergelangan kaki bengkak.

10. Kelelahan ekstrem

Merasa lelah sepanjang waktu bisa menjadi gejala gagal jantung, serta kondisi lainnya. Banyak pasien mengatakan mereka lelah, tapi apakah mereka menderita gagal jantung atau tidak? Ini yang sulit karena sangat tidak spesifik.

Jika Anda lelah dan Anda telah bekerja berjam-jam atau begadang, itu mungkin bukan jantung. Namun, jika Anda mulai mengalami kelelahan yang ekstrem dan gaya hidup Anda tidak berubah, ada baiknya untuk mengobrol dengan dokter.

11. Detak jantung tidak teratur

Anda tidak perlu mengkhawatirkan detak jantung yang melonjak karena biasanya tidak berbahaya. Menyadari detak jantung sendiri benar-benar sangat umum dan dengan sendirinya tidak ada yang perlu Anda khawatirkan.

Jika jantung Anda bekerja sangat cepat dan melompat-lompat tidak menentu maka saat itulah Anda harus menemui dokter. (===)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan