24 February 2024
Indeks

7 Manfaat Makan Pisang, Baik untuk Kesehatan

  • Bagikan
Manfaat makan pisang
7 manfaat makan pisang.

SULTRATOP.COM – Pisang merupakan salah satu jenis buah paling populer. Manfaat makan pisang bagi kesehatan tubuh ada beragam yang perlu Anda ketahui, apalagi stok buah ini sangat melimpah di seluruh dunia.

Melansir Blinkit.co.kr, berikut adalah 7 manfaat makan pisang.

Iklan Astra Honda Sultratop

1. Pisang memberi energi

Pisang mengandung kalori tinggi, yang dapat membuat Anda terjaga hingga 90 menit selama aktivitas berat. Satu pisang berukuran sedang padat nutrisi mengandung sekitar 105 kalori.

2. Pisang jaga tingkat gula darah

Indeks glikemik (GI) memeringkat makanan dan minuman berdasarkan potensinya untuk meningkatkan kadar gula darah.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi (seperti nasi putih dan roti putih) mudah terurai setelah makan, menyebabkan kadar gula darah dan insulin melonjak. Kemudian, kadar gula darah turun dengan cepat.

Pisang diserap perlahan ke dalam aliran darah, mencegah hipoglikemia reaktif, mengidam gula, dan perubahan suasana hati. Pisang mendapat peringkat 18 pada skala indeks glikemik 0 hingga 250.

3. Pisang bantu jaga tekanan darah sehat

Pisang terkenal dengan kandungan potasiumnya yang tinggi. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 422 miligram potasium. Jadi, manfaat makan pisang pada bagian ini adalah dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dengan merelaksasi pembuluh darah dan menjaga tekanan darah yang tepat.

4. Pisang bantu jaga kesehatan jantung

Pisang mengandung serat, vitamin C, vitamin B6, dan potasium dapat meningkatkan kesehatan jantung. Menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional di Korea Selatan, terlepas dari manfaat asupan potasium, banyak orang tidak mendapatkan cukup potasium.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 4.069 miligram (mg) potasium per hari memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung iskemik 49% lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi lebih sedikit potasium, sekitar 1.000 mg per hari.

5. Pisang bantu lancarkan pencernaan dan cegah sembelit.

Serat pada pisang membantu mencegah sembelit dan membuat buang air besar lebih mudah. Pisang adalah sumber serat yang bagus. Asupan serat harian untuk pria dan wanita masing-masing adalah 30 gram dan 20 gram. Sementara, pisang ukuran sedang mengandung 3 gram serat.

6. Pisang bantu redakan maag

Pisang biasa menjadi makanan antasida untuk meredakan sakit perut dengan menekan sekresi asam lambung. Leucocyanidin, senyawa dalam pisang, merangsang aktivitas sel di lapisan perut untuk membangun penghalang pelindung terhadap asam. Ini juga menghilangkan bakteri berbahaya yang telah berkaitan dengan perkembangan tukak lambung.

7. Pisang bantu tidur lebih nyenyak

Pisang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak karena kandungan magnesiumnya yang tinggi, mineral yang secara langsung terkait dengan peningkatan kualitas, durasi, dan ketenangan tidur.

Manfaat makan pisang lainnya adalah dapat membantu mengatur metabolisme Anda, mengurangi terjadinya gangguan tidur dan insomnia.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pisang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dengan meningkatkan kadar melatonin dalam darah Anda. (===)

google news sultratop.com
  • Bagikan