21 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

7 Penyebab Sakit Perut dan Naiknya Asam Lambung, Begini Cara Mengatasinya

  • Bagikan
Penyebab Sakit Perut & Naiknya Asam Lambung, Begini Cara Mengatasinya
7 Penyebab Sakit Perut & Naiknya Asam Lambung.

SULTRATOP.COM – Penyebab sakit perut dan naiknya asam lambung yang paling umum adalah karena makanan. Meski sakit jenis ini kadang terabaikan, namun Anda tidak boleh meremehkannya.

Jika Anda terus membiarkan sakit perut seperti biasa, gejalanya bisa berlanjut menjadi “gastritis kronis”, “maag”, “perforasi”, dan lain-lain. Jadi, berhati-hatilah.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Nila sakit perut tidak hilang dengan mudah atau sering berulang, jangan menilai diri sendiri dan segera berkonsultasi dengan dokter.

Berikut ini 7 penyebab sakit perut dan naiknya asam lambung serta cara efektif mengatasinya.

1. Melewatkan waktu makan

Jika Anda melewatkan sarapan atau hanya makan satu kali sehari, perut Anda akan kosong dalam waktu lama, dan hanya asam lambung yang keluar sehingga membuat perut Anda lebih rentan terhadap iritasi.

Orang dengan ketidaknyamanan perut harus mencoba makan tiga kali sehari secara teratur.

2. Terlalu banyak minum alkohol atau kopi

Alkohol dan kopi dalam jumlah sedang meningkatkan sekresi asam lambung dan membantu pencernaan. Namun berhati-hatilah untuk tidak minum terlalu banyak alkohol atau kopi hitam, sebab dapat mengiritasi dinding lambung dan menyebabkan kerusakan.

3. Merokok

Kebiasaan merokok dapat menyempitkan pembuluh darah mukosa (lapisan jaringan yang membatasi rongga saluran cerna) lambung dan mengganggu aliran darah, mengakibatkan kerapuhan dan penurunan fungsi mukosa lambung. Merokok juga meningkatkan sekresi asam lambung, yang merusak lapisan lambung.

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, kondisi lambung Anda tidak pernah baik karena aliran darah di mukosa lambung terus berkurang dan asam lambung menyerang dinding lambung. Jika Anda merasa tidak nyaman di perut Anda, cobalah untuk berhenti merokok.

4. Makanan pedas/dingin & Makan Banyak

Dengan mengkonsumsi makanan yang sangat pedas atau dingin dapat membuat perut tegang. Selain itu, makanan berlemak membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan mengeluarkan banyak asam lambung, yang menambah beban lambung. Jadi jangan makan banyak, apalagi bila terlalu pedas atau terlalu dingin.

5. Stres

Kehidupan bebas stres hampir tidak ada dalam masyarakat modern. Namun, ketika stres menumpuk, sistem saraf otonom terganggu, menyebabkan sekresi asam lambung berlebihan, yang mengintensifkan stimulasi dinding lambung.

Jika Anda mudah stres dan perut Anda terasa sakit, temukan beberapa cara untuk mengalihkan perhatian Anda dari terlalu banyak berpikir.

Untuk mengatur sistem saraf otonom, berendam di bak mandi secara perlahan juga efektif. Biarkan aroma favorit Anda melayang di ruangan, dan tarik napas dalam-dalam secara sadar beberapa kali sehari.

6. Kurang tidur

Jika Anda begadang dan makan atau minum di tengah malam, itu akan mengganggu perut Anda. Tidur yang cukup juga diperlukan untuk mengatur ulang stres, jadi mari kita ambil waktu tidur yang cukup.

7. Sembelit

Sembelit bisa menyebabkan rasa sakit di ulu hati. Jika sembelit jelas menjadi penyebabnya, maka merupakan premis utama untuk mencoba memperbaiki sembelit dengan meninjau pola makan, olahraga, dan kebiasaan buang air besar.

Diet kaya serat makanan juga penting. Namun terlalu banyak serat makanan yang tidak larut sulit dicerna dan membuat perut tegang hingga jadi penyebab penyebab sakit perut dan naiknya asam lambung . Jadi, cobalah makan dalam jumlah sedang. (===)

Sumber: Aloefoods.co.jp

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan