15 July 2024
Indeks

Mengenal Sakit Ginjal, Begini Detail Penyebab dan Gejalanya

  • Bagikan
Ilustrasi organ ginjal manusia. (Gambar: Pixabay.com)

SULTRATOP.COM – Ginjal merupakan organ tubuh yang berbentuk seperti kacang merah, terletak di dekat tulang belakang. Ginjal berfungsi mengeluarkan atau memisahkan produk buangan metabolisme dari darah. Bila organ ginjal rusak atau ada masalah maka akan mengganggu proses pembuangan β€œracun” dari dalam tubuh.

Sakit ginjal dapat memiliki banyak penyebab. Ginjal dapat mengalami infeksi, cedera, atau masalah kesehatan lainnya, seperti batu ginjal. Karena letak ginjal di tubuh Anda, sakit ginjal juga sering disalahartikan sebagai sakit punggung.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Menurut informasi dari The American Kidney Fund (AKF) atau Dana Ginjal Amerika melalui laman resminya, berikut ini gejala dan penyebab sakit ginjal.

Di mana saya merasakan sakit ginjal?

Anda merasakan sakit ginjal di area tempat ginjal Anda berada: dekat tengah punggung, tepat di bawah tulang rusuk, di setiap sisi tulang belakang. Ginjal Anda adalah bagian dari saluran kemih, organ yang membuat urin (yaitu kencing) dan mengeluarkannya dari tubuh Anda. Saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra.

Anda mungkin merasakan sakit ginjal hanya pada satu sisi atau kedua sisi punggung Anda. Mengalami nyeri di area ini tidak selalu berarti ada yang salah dengan ginjal Anda. Karena ada otot, tulang, dan organ lain di sekitar ginjal Anda, sulit untuk mengatakan apa sebenarnya yang menyebabkan rasa sakit Anda. Jika Anda mengalami nyeri terus-menerus yang menurut Anda mungkin disebabkan oleh ginjal maka segera bicarakan dengan dokter.

Seperti apa rasanya sakit ginjal?

Nyeri ginjal seringkali terasa seperti nyeri tumpul yang semakin parah jika seseorang menekan area tersebut dengan lembut. Meskipun lebih umum merasakan nyeri ginjal hanya pada satu sisi, beberapa masalah kesehatan dapat memengaruhi kedua ginjal dan menyebabkan nyeri pada kedua sisi punggung Anda.

Sakit ginjal vs. sakit punggung

Bagaimana untuk membedakan sakit ginjal dan sakit punggung, yang notabene sama-sama terjadi dalam tubuh. Maka Anda perlu memahami gejala sakit ginjal untuk membedakannya dengan sakit punggung.

Gejala sakit ginjal yakni terasa tinggi di punggung dan jauh di dalam tubuh Anda, terasa membosankan, bisa terjadi pada satu atau kedua sisi, dan sakitnya kemungkinan tidak akan hilang saat Anda menggeser tubuh atau beristirahat.

Sementara, sakit punggung yakni biasanya terasa di punggung bawah, terasa sakit yang menusuk, memburuk ketika Anda melakukan aktivitas tertentu seperti membungkuk atau mengangkat sesuatu yang berat, dan dapat mereda saat Anda menggeser tubuh atau beristirahat.

Apa yang menyebabkan sakit ginjal?

Sakit ginjal memiliki banyak kemungkinan penyebab. Dokter dapat membantu Anda mencari tahu apa yang menyebabkan rasa sakit Anda dan bekerja dengan Anda untuk mencari cara terbaik untuk mengobatinya.

Batu ginjal

Ini adalah salah satu penyebab paling umum dari sakit ginjal. Penyakit ini terjadi ketika limbah yang menumpuk di darah dan saling menempel di ginjal membentuk gumpalan. Batu ginjal yang kecil dapat bergerak melalui saluran kemih dan keluar bersama urin. Namun, batu yang lebih besar bisa sangat menyakitkan untuk dikeluarkan, atau Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkatnya.

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) disebabkan oleh bakteri di saluran kemih dan dapat menyebabkan nyeri saat buang air kecil. Kebanyakan ISK terjadi di kandung kemih dan uretra. ISK juga dapat menyebabkan demam dan sering buang air kecil.

Dehidrasi

Dehidrasi yakni tidak memiliki cukup air dalam tubuh, ternyata kadang dapat menyebabkan sakit ginjal. Kondisi dehidrasi dapat terjadi melalui banyak berkeringat, muntah, diare, terlalu banyak buang air kecil atau kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes.

Infeksi ginjal

Infeksi ginjal disebabkan oleh bakteri yang biasanya menyebar ke ginjal dari bagian lain saluran kemih, misalnya jika Anda mengalami infeksi saluran kemih. Wanita lebih cenderung mengalami infeksi ginjal karena cara tubuh mereka dibangun. Jika Anda mengira Anda mengalami infeksi ginjal maka segera hubungi dokter karena Anda perlu segera diobati untuk membantu mencegah kerusakan ginjal.

Cedera ginjal

Terkadang, ginjal Anda bisa terluka, misalnya jika Anda terjatuh atau kecelakaan atau saat berolahraga seperti sepak bola, tinju, atau sepak bola. Rasa sakit akibat cedera ginjal bisa ringan atau sangat kuat, tergantung seberapa parah ginjal Anda terluka. Cedera ginjal, juga dikenal sebagai trauma ginjal atau memar ginjal, berbeda dengan cedera ginjal akut.

Kanker ginjal

Kanker ginjal mungkin tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala lain sejak dini. Saat kanker semakin parah, Anda mungkin merasakan nyeri yang tidak kunjung hilang di bagian samping, punggung, atau perut. Anda mungkin juga mengalami demam atau darah dalam urin Anda. Namun, gejala ini tidak selalu berarti Anda menderita kanker ginjal. Banyak masalah kesehatan lain juga dapat menyebabkan gejala ini.

Penyakit ginjal polikistik

Penyakit ginjal polikistik adalah kondisi genetik yang menyebabkan kista (pertumbuhan berisi cairan) tumbuh di ginjal Anda. Kista ini membuat ginjal jauh lebih besar dari seharusnya dan dapat menyebabkan rasa sakit di punggung atau samping.

Apa saja gejala sakit ginjal?

Tergantung pada apa yang menyebabkan sakit ginjal Anda, Anda mungkin memiliki gejala lain juga. Beberapa di antaranya bisa berarti Anda memiliki masalah ginjal yang serius. Segera ke dokter jika Anda memiliki gejala berikut bersamaan dengan nyeri ginjal: demam; ada darah dalam urin; nyeri saat buang air kecil; tubuh sakit atau menggigil; kelelahan; merasa mual atau muntah. (===)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan