26 May 2024
Indeks

4 Bahaya Minum Air Sambil Berdiri

  • Bagikan
Minum air sambil berdiri tidak disarankan karena dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. (Foto: Pexels)

SULTRATOP.COM – Apakah Anda menyadari bahaya minum sambil berdiri bagi kesehatan? Jika tidak maka ulasan di bawah ini akan memberikan Anda penjelasannya.

Minum air sangat penting bagi tubuh agar tetap terhidrasi dan berfungsi dengan baik. Namun, minum air saja tidak cukup, tetapi Anda juga harus tahu cara minum air yang benar untuk kesehatan yang lebih baik.

Iklan Astra Honda Sultratop

Dalam hal minum air putih, kita semua terbiasa meminumnya sambil berdiri. Namun ternyata minum air sambil berdiri bukanlah cara yang benar.

Dokter umum di RS Apollo Spectra, Delhi, Vipul Rustgi, seperti melansir laman healthshots tidak menyarankan untuk minum air sambil berdiri karena dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Saat berdiri, tubuh dan jaringan dalam keadaan tegang. Ini menyebabkan air mengalir dengan cepat ke tubuh dan menyebabkan gangguan pada keseimbangan cairan yang ada.

Berikut empat bahaya minum air sambil berdiri:

1. Gangguan pencernaan

Minum air sambil berdiri dapat merusak sistem pencernaan. Itu karena ketika Anda berdiri dan minum air, air mengalir dengan kekuatan dan kecepatan tinggi melalui saluran makanan dan langsung jatuh ke perut bagian bawah.

“Saraf menjadi tegang ketika seseorang minum air dengan cepat sambil berdiri, yang mengganggu keseimbangan cairan, menyebabkan peningkatan racun dan gangguan pencernaan,” terang dr. Rustgi.

2. Memicu radang sendi

Saraf dalam keadaan tegang saat Anda minum air dengan cepat dalam posisi berdiri akan mengganggu keseimbangan cairan, menyebabkan peningkatan racun, dan gangguan pencernaan dalam tubuh.

Tak hanya itu, dr. Rustgi mengatakan, minum air sambil berdiri dapat menyebabkan penumpukan cairan di persendian, dan dapat memicu masalah radang sendi dan kerusakan persendian.

3. Berisiko pada paru-paru

Saat minum air sambil berdiri, nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tidak sampai ke hati dan saluran pencernaan. Saat Anda minum air sambil berdiri, air mengalir melalui sistem dengan sangat cepat dan itu membahayakan fungsi paru-paru dan jantung karena tingkat oksigen terganggu dengan cara ini.

4. Masalah ginjal

Telah ditemukan bahwa ginjal menyaring lebih baik saat duduk. Saat berdiri dan minum air, cairan cenderung mengalir tanpa ada penyaringan ke perut bagian bawah di bawah tekanan tinggi. Ini menyebabkan kotoran air mengendap di kandung kemih, dan merusak fungsi ginjal. Bahkan bisa menyebabkan gangguan saluran kemih.

Lantas apakah ada cara yang benar untuk minum air? Cara minum air yang benar adalah dengan duduk di kursi dan menjaga punggung tegak sambil minum air. Dengan cara ini, nutrisi mencapai otak dan meningkatkan aktivitas otak. Tidak hanya itu, pencernaan akan membaik dan Anda tidak akan merasa kembung.

Jadi, mulai sekarang ubahlah kebiasaan minum air putih untuk kesehatan yang lebih baik. (—)



google news sultratop.com
  • Bagikan