26 May 2024
Indeks

5 Manfaat Berhubungan Seks untuk Kesehatan

  • Bagikan
Pria dan wanita dibalik selimut
Berhubungan seks memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Berhubungan seks memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari kesehatan jantung hingga membantu menghilangkan stres.

Melansir laman Healthline, berikut lima manfaat berhubungan seksual untuk kesehatan.

Iklan Astra Honda Sultratop

Seks baik untuk jantung

Sebuah penelitian yang terbit di Journal of Epidemiology and Community Health menemukan seks dapat menurunkan risiko pria terkena serangan jantung yang fatal.

Para peneliti menemukan pria yang berhubungan seks dua kali atau lebih setiap minggu lebih kecil kemungkinannya meninggal akibat serangan jantung daripada pria yang jarang berhubungan seks.

Seks mengurangi stres

Hubungan seksual dapat mengurangi tingkat stres.

Sebuah studi yang terbit dalam jurnal Biological Perspective meminta peserta mengambil bagian dalam aktivitas yang membuat stres, seperti memberikan pidato atau mengikuti kuis matematika yang rumit.

Para peserta yang melakukan hubungan seks vaginal sebelum tugas yang membuat stres, memiliki tingkat stres dan tekanan darah yang lebih rendah daripada peserta yang tidak berhubungan seks.

Seks mengurangi rasa sakit

Manfaat berhubungan seks berikutnya adalah sebagai pereda nyeri.

Selama gairah dan orgasme, hipotalamus di otak melepaskan hormon oksitosin yang membuat Anda merasa nyaman.

Para peneliti di Universitas Rutgers di New Jersey menemukan lonjakan oksitosin ini dapat membantu wanita mengurangi rasa sakit, terutama saat menstruasi.

Sedangkan sebuah studi yang terbit dalam The Bulletin of Experimental Biology and Medicine juga menemukan oksitosin pada pria mengurangi persepsi nyeri hingga setengahnya.

Seks melindungi dari kanker

Menurut beberapa penelitian, pria berusia 50 tahun ke atas yang sering berhubungan seks lebih kecil kemungkinannya menderita kanker prostat dibandingkan pria seusia mereka yang tidak sering berhubungan seks.

Sementara sebuah studi yang terbit dalam jurnal BJU International menemukan hubungan seksual dan masturbasi dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria yang lebih tua.

Studi lain yang terbit di Jurnal Asosiasi Medis Amerika menemukan seringnya ejakulasi pada pria berusia 20-an juga dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat.

Meningkatkan kualitas sperma

Sering berhubungan seks dapat meningkatkan kualitas sperma pria, mengurangi kerusakan DNA pada sperma, dan meningkatkan kesuburan.

Menurut European Society of Human Reproduction and Embryology, pria yang berhubungan seks setiap hari, atau ejakulasi setiap hari, memiliki air mani yang lebih layak dan berkualitas lebih tinggi setelah tujuh hari dibandingkan pria yang tidak berhubungan seks.

Studi menunjukkan pendekatan ini dapat membantu pasangan dengan masalah kesuburan ringan untuk hamil.

Nah, itulah manfaat berhubungan seks untuk kesehatan. Pastikan untuk menerapkan kehidupan seks yang sehat dan aman. (—)



google news sultratop.com
Penulis: Tim Konten Kreator
  • Bagikan