23 February 2024
Indeks

Nihil Kecelakaan Kerja, 3 Perusahaan di Sultra Dapat Penghargaan dari Pemprov

  • Bagikan
Pemberian penghargaan kepada perusahaan yang nihil kecelakaan kerja hingga Desember 2023. Penghargaan diserahkan oleh Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto. (Foto: Istimewa)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), ada tiga perusahaan di Sultra yang nihil kecelakaan kerja hingga Desember 2023.

Hal tersebut diumumkan langsung sekaligus diberi penghargaan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto dalam apel kesiapan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2024 di kantor Gubernur Sultra pada Senin (15/1/2024).

Iklan Astra Honda Sultratop

Pada kesempatan itu, Andap mengatakan bahwa pada 2023, angka pekerja yang wafat mengalami penurunan. Berdasarkan data disnaker, pekerja yang meninggal karena kecelakaan kerja tahun 2021 sebanyak 21 pekerja, tahun 2022 sebanyak 25 pekerja dan tahun 2023 mengalami penurunan menjadi 20 pekerja.

Meskipun angka orang yang wafat mengalami penurunan, namun angka kecelakaan kerja selama 3 tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Tahun 2021 tercatat sebanyak 246 kasus kecelakaan kerja yang tersebar di 60 perusahaan, tahun 2022 sebanyak 485 kasus dari 110 perusahaan, dan 2023 meningkat lagi menjadi 504 kasus dari 120 perusahaan.

“Saya harapkan kedepannya dapat kita tekan bahkan zero accident,” tuturnya.

Adapun tiga perusahaan yang dimaksud adalah PT DSSP Power Kendari, PT Putra Perkasa Abadi Site MLP, dan PT Apollo Nickel Indonesia.

PT DSSP Power Kendari adalah perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2×50 MW yang berlokasi di Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yang menyuplai kebutuhan listrik di wilayah Sultra melalui jaringan interkoneksi 150 KV sistem Sulawesi Tenggara – Sulawesi bagian Selatan.

Perusahaan tersebut telah melaksanakan program K3 sehingga mencapai 10 juta jam kerja dengan orang tanpa kecelakaan kerja sejak September 2016 hingga Desember 2023.

Sementara PT Putra Perkasa Abadi Site MLP berlokasi di Lameru, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara (Konut) yang bergerak di bidang kontraktor batu bara dan tambang nikel. PT Putra Perkasa Abadi Site MLP telah melaksanakan program K3 sehingga mencapai 7,5 juta jam kerja dengan orang tanpa kecelakaan kerja sejak Januari 2021 sampai dengan Desember 2023.

Berikutnya yaitu PT Apollo Nickel Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan di Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara (Konut). Perusahaan itu telah melaksanakan program K3 sehingga mencapai 2 juta jam kerja dengan orang tanpa kecelakaan.

Andap memberikan tiga atensi kepada pengawas ketenagakerjaan dan juga pemberi kerja dalam hal ini pengusaha. Yaitu meningkatkan kesadaran keselamatan kerja bagi pekerja, memberikan pelatihan, dan menyediakan alat pelindung diri sesuai SNI. Menegakkan aturan sesuai regulasi yang ada, serta mengubah mindset dan teknologi bekerja melalui proses pendataan yang valid dan digitalisasi.

”Kami mengajak semua pihak khususnya perusahaan dan pekerja untuk menggelorakan K3 guna menekan angka kecelakaan kerja serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran penerapan norma ketenagakerjaan,” tuturnya. (—–)

Kontributor: M1
Editor: Ilham Surahmin

google news sultratop.com
  • Bagikan