19 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Dua Paskibraka Nasional Wakil Sultra Resmi Dilepas Ikuti Pemusatan Latihan di Jakarta

  • Bagikan
Dua Paskibraka Nasional Asal Sultra resmi dilepas untuk mengikuti pemusatan latihan di Jakarta. (Ismu/Sultratop.com)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi melepas dua paskibraka asal Sultra untuk tampil di istana negara usai bertemu dengan Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto di kantornya pada Kamis (11/7/2024).

Kedua paskibraka tersebut yaitu Luthfiya Naurasyifa Utoyo yang merupakan pelajar SMAN 1 Kendari dan Aldiansyah Rahmat, pelajar SMAN 1 Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Pada kesempatan itu, kedua anggota paskibraka tersebut diberikan uang saku oleh Pemprov Sultra sebesar Rp7,5 juta dan beasiswa yang berasal dari dana pribadi Pj Gubernur Andap sebesar Rp7,5 juta.

Andap mengucapkan selamat kepada kedua paskibraka asal Sultra itu atas capaian yang didapat dan kerja kerasnya melewati proses seleksi yang begitu ketat dan transparan. Ia juga mengucapkan selamat kepada orang tua kedua paskibraka yang hadir pada pertemuan itu.

“Selamat kepada ananda berdua. Terus berjuang, berikan yang terbaik untuk Sultra,” ungkapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Ideologi, Wasbang dan Karakter Bangsa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra, Laode Muh Al Basyir mengatakan, kedua paskibraka itu akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti pemusatan latihan pada 12 Juli 2024. Pemusatan latihan bakal digelar pada 12 Juli hingga 23 Agustus 2024.

“Berdasarkan informasi, pengibaran bendera akan dilaksanakan di dua tempat. Di Istana Negara dan Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan. Namun untuk penempatan dua perwakilan Sultra ini belum ditetapkan. Penetapannya nanti dalam proses pemusatan latihan,” ucapnya.

Kata Basyir, kedua Paskibraka Sultra itu telah dibekali oleh purna paskibraka nasional maupun provinsi. Bekal utamanya yaitu cara mereka bersikap selama pemusatan latihan seperti kedisiplinan hingga kerapian, peraturan baris berbaris, sikap tegap, suara, dan lainnya sehingga mereka bisa bersaing dengan perwakilan provinsi lainnya dalam penempatan pasukan.

Penyerahan uang saku serta beasiswa dari Pj Gubernur Sultra yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Ideologi, Wasbang dan Karakter Bangsa Kesbangpol) Sultra, Laode Muh Al Basyir. (Ismu/Sultratop.com)

Dari bekal yang diberikan itu, Basyir berharap kedua paskibraka itu bisa mendapatkan posisi terbaik, seperti Luthfiya bisa menjadi pembawa baki dan Aldiansyah bisa menjadi komandan pleton (Danton) dalam pasukan 8 paskibraka nasional.

Luthfiyah Naurasyifa Utoyo dan Aldiansyah Rahmat adalah 2 siswa-siswi terbaik hasil seleksi calon paskibraka tingkat provinsi tahun 2024 yang dilaksanakan oleh tim seleksi daerah di bawah binaan Pj Gubernur Sultra dan diketuai oleh Sekda Sultra.

Kata Basyir, seleksi yang dilaksanakan tahun 2024 kali ini dilaksanakan secara tertutup dan secara ketat, tidak ada titipan dan perlakuan spesial serta perbedaan kepada siapa pun dan semua sama di mata panitia.

Adapun tahapan seleksi yang dilaksanakan adalah seleksi sekolah, seleksi kabupaten/kota, seleksi provinsi dan seleksi pusat dengan materi tes yaitu verifikasi kelengkapan administrasi (sistem gugur), tes wawasan kebangsaan (sistem gugur), tes intelegensi umum (sistem gugur).

Tes kesehatan dan parade (sistem gugur), tes parade (sistem point), test kemampuan PBB (sistem poin), tes psikologi (sistem rekomendasi dan point), tes wawancara dan peminatan bakat, pantokhir, MCU (sistem rekomendasi), verifikasi akhir dokumen (sistem gugur), dan pengumuman.

“Untuk menjadi paskibraka baik tingkat pusat maupun tingkat provinsi kali ini tidak mudah dan sangat sulit karena semua tahapan seleksi tersebut dilaksanakan secara profesional oleh semua panitia yang berasal dari ASN, TNI/Polri, tim kesehatan, profesi jambore pemuda Indonesia Kemenpora RI, DPPI dan PPI Sultra,” tutur Basyir. (—)

Kontributor: Ismu Samadhani

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan