15 July 2024
Indeks

Inflasi Merosot di Angka 2,75 Persen, Pemprov Sultra Diganjar Penghargaan oleh Presiden

  • Bagikan
Inflasi Merosot di Angka 2,75 Persen, Pemprov Sultra Diganjar Penghargaan oleh Presiden
Andap Budhi Revianto

SULTRATOP.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) diganjar penghargaan oleh Presiden RI, Joko Widodo karena berhasil menurunkan angka inflasinya.

Penghargaan TPID Award 2024 itu diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto di Istana Negara pada Jumat (14/06/24).

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Inflasi di Sultra terus menunjukan tren menurun sejak Andap dilantik menjadi Pj Gubernur Sultra. Merujuk data pada awal tahun 2023 inflasi Sultra berada pada angka 6,57 persen.

Kemudian turun pada September 2023 menjadi 3,46 persen dan terakhir pada Mei 2024 pada angka 2,57 persen atau masuk dalam 10 provinsi terendah inflasi se-Indonesia.

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen Pemprov Sultra dalam mendukung kebijakan nasional untuk pengendalian inflasi dan pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Andap dalam keterangan resminya.

Inflasi Merosot di Angka 2,75 Persen, Pemprov Sultra Diganjar Penghargaan oleh Presiden
Pemprov Sultra diganjar penghargaan karena memiliki kinerja terbaik dalam menurunkan angka inflasinya. (Ist)

Kata Andap, keberhasilan tersebut tidak lepas dari komitmen dan kolaborasi seluruh stakeholder terkait untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta mendukung kebijakan nasional.

Ia juga menyebut, saat ini Pemprov Sultra terus melakukan langkah-langkah strategis dalam pengendalian inflasi serta memitigasi risiko pangan di Sultra seperti melakukan Gerakan Pangan Murah (GPM) di 17 kabupaten/kota, penyaluran beras SPHP sinergi dengan Bulog melalui pasar tradisional, ritel, maupun kios pangan.

“Upaya tersebut dilakukan guna memastikan stabilisasi pasokan dan harga pangan di Sultra,” tuturnya.

Dalam sambutannya pada penganugrahan penghargaan itu, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, inflasi Indonesia hingga Mei 2024 tercatat sebesar 2,84 persen yang notabenenya adalah salah satu yang terendah di dunia. Kata dia, dengan terjaganya inflasi maka pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat.

Kendati demikian, Presiden mewanti-wanti untuk tetap waspada menuju “neraka iklim” yang diperkirakan suhu dunia akan mencapai rekor tertinggi pada 5 tahun ke depan.

“Kita telah diperingatkan bahwa dunia akan menuju neraka iklim. Dalam satu tahun terakhir, adanya gelombang panas periode terpanas. Hati-hati masalah pangan jika didiamkan. Perkiraan pada tahun 2050 dunia akan alami kelaparan,” ungkap Jokowi.

Sebagai informasi, TPID Award tahun ini diikuti oleh 505 pemerintah daerah (Pemda) baik tingkat provinsi, kabupaten maupun kota. (—-)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan