18 April 2024
Indeks

Kinerja Baik, BPR Bahteramas Kendari Terima Penghargaan Top BUMD Bintang 4

  • Bagikan

SULTRATOP.COM, JAKARTA – Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Bahteramas Kendari, sebuah lembaga keuangan mikro di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengukir prestasi dengan meraih penghargaan bergengsi sebagai Top BUMD BPR Bintang 4.

BPR Bahteramas Kendari dinyatakan sebagai pemenang TOP BUMD Awards 2024 yang diselenggarakan Majalah TopBusiness bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-Otda).

Iklan Astra Honda Sultratop

Pada penganugerahan penghargaan yang mengusung tema “Penguatan Tata Kelola dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD” itu, BPR Bahteramas Kendari memenangkan 2 kategori, yaitu Top BUMD BPR Bintang 4 dan Top CEO BUMD 2024 diraih oleh Direktur Utama (Dirut) BPR Bahteramas Kendari, Suryaningsih.

Berkat capaian BPR Bahteramas Kendari itu, Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto selaku pemegang saham pengendali dan Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup selaku pemegang saham juga mendapatkan penghargaan Top Pembina BUMD 2024. Namun, keduanya berhalangan hadir karena menerima kunjungan Wakil Presiden (Wapres) RI di Kendari.

Sehingga, Pj Gubernur Sultra diwakilkan Kepala Biro (Karo) Ekonomi Setda Sultra, Abdul Rajab dan Pj Wali Kota Kendari diwakilkan Dewan Pengawas BPR Bahteramas Kendari untuk menerima penghargaan itu.

Acara penerimaan penghargaan dilaksanakan di Hotel Raffles, Jakarta pada Rabu (20/3/2024), dihadiri sekitar 850-an orang lebih yang berasal dari berbagai kalangan seperti petinggi BUMD, kepala daerah penerima penghargaan, pakar/konsultan bisnis, media massa, dan lainnya.

Khusus penghargaan yang diraih oleh BPR Bahteramas Kendari, diserahkan langsung pihak penyelenggara kepada Dirut BPR Bahteramas Kendari, Suryaningsih.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas kinerja luar biasa yang telah ditunjukkan oleh BPR Bahteramas Kendari dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Proses penjurian yang dilewati BPR Bahteramas Kendari tidaklah mudah. Pasalnya, dalam proses tersebut presentase wawancara langsung dilakukan melalui zoom meeting oleh juri yang berkompeten di bidangnya.

Usai acara penganugerahan itu, Dirut Suryaningsih menyatakan rasa syukur dan bangga atas capaian yang telah diraih. Capaian tersebut diakuinya karena kesolidan dari semua divisi dalam struktur organisasi yang dipimpinnya.

Ia juga menegaskan komitmen BPR Bahteramas untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan kontribusi positifnya bagi pembangunan ekonomi daerah.

“Penghargaan Top BUMD BPR Bintang 4 ini menjadi dorongan besar bagi BPR Bahteramas untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi seluruh nasabah dan stakeholder,” ungkapnya.

Suryaningsih berharap penghargaan tersebut tidak menjadikan rasa puas dan berbangga diri. Melainkan tetap bersyukur dan menjadi pemicu kinerja tim yang lebih baik.

Pasalnya, pencapaian tersebut merupakan hasil kerja bersama tim yang solid dan tentunya berkat koordinasi yang baik dengan pembina BUMD dalam hal ini Biro Ekonomi Setda Sultra.

Sebagai informasi, penghargaan diberikan setelah sejumlah BUMD tersebut berhasil melewati proses penilaian oleh dewan juri Top BUMD Awards 2024, yang terbagi dalam beberapa tahap sedari pengisian kuesioner hingga wawancara penjurian.

Top BUMD Awards 2024 diikuti oleh 215 BUMD dari total sekitar 1.133 BUMD di Indonesia. Angka 215 tersebut merupakan jumlah yang mengikuti seleksi secara lengkap hingga wawancara dengan dewan juri Top BUMD Awards 2024.

Tahun 2024 merupakan penyelenggaraan Top BUMD Awards yang kesembilan kali. Penghargaan ini berlangsung sejak tahun 2016.

Kriteria utama penilaian oleh dewan juri Top BUMD Awards 2024 mengacu pada empat aspek penting untuk menentukan level bintang penghargaan dari bintang 1 sampai yang tertinggi, yakni bintang 5.

Aspek tersebut mencakup pertama pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan atau achievement. Kedua adalah BUMD yang terus melakukan perbaikan atau improvement.

Ketiga adalah aspek kontribusi dalam pembangunan daerah. Serta aspek keempat yaitu memiliki kebijakan dan menjalankan tata kelola perusahaan yang baik dan benar. (—–)

Penulis: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan