15 July 2024
Indeks

Anda Tidak akan Bisa Menurunkan Berat Badan Jika Masih Melakukan 5 Hal Ini

  • Bagikan
Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah, tapi membutuhkan komitmen dan motivasi yang kuat. (Foto: Pixabay)

SULTRATOP.COMMenurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah, tapi membutuhkan komitmen dan motivasi yang kuat.

Baik Anda baru memulai menurunkan berat badan maupun sudah berminggu-minggu, ada kebiasaan tertentu yang harus dihindari.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Nyatanya, berat badan tidak akan pernah turun jika Anda tetap melakukan kebiasaan tersebut sebagai bagian dari rutinitas.

Melansir laman Eat This Not That, berikut lima kebiasaan yang membuat Anda tidak akan bisa menurunkan berat badan.

1. Makan atau ngemil tanpa berpikir

Makan dan ngemil tanpa berpikir adalah cara yang pasti untuk menghambat kemajuan penurunan berat badan. Mengapa? Anda tidak mencatat kalori yang dikonsumsi sehingga bisa mengakibatkan makan berlebihan.

Sebaliknya, latih kontrol porsi sehingga Anda dapat melacak berapa banyak kalori yang Anda konsumsi sepanjang hari dan meminimalkan makan berlebihan.

2. Melewatkan waktu makan

Melewatkan makan menempatkan tubuh dalam “mode bertahan hidup.” Artinya Anda berpegang teguh pada kalori yang Anda konsumsi untuk menghemat energi.

Selain itu, Anda cenderung membuat pilihan makanan yang buruk karena lapar, seperti berhenti di restoran cepat saji karena itu adalah pilihan tercepat untuk mendapatkan makanan.

3. Meminum minuman manis

Banyak orang tidak menyadari berapa banyak kalori yang dimiliki kebanyakan minuman, bersama dengan banyak gula tambahan yang ada di dalam minuman untuk membuatnya terasa lebih enak.

Mengonsumsi terlalu banyak gula tidak hanya menyebabkan penambahan berat badan, tetapi juga dapat memperlambat metabolisme Anda.

4. Tidak mendapatkan istirahat yang cukup

Jangan remehkan kekuatan istirahat malam hari dan pemulihan setelah berolahraga. Semakin banyak Anda mengurangi waktu istirahat, semakin besar kemungkinan Anda akan menambah berat badan.

Tubuh membuang keseimbangan hormonal dan memicu nafsu makan karena tubuh cenderung mendambakan karbohidrat dan makanan berkalori tinggi saat kurang tidur.

Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup, terutama pada malam hari.

5. Memprioritaskan olahraga daripada nutrisi

Berolahraga adalah kunci dalam program penurunan berat badan, tetapi harus ada keseimbangan yang sehat antara menjadikan olahraga dan nutrisi sebagai prioritas utama.

Delapan puluh persen penurunan berat badan berdasarkan pada apa yang Anda makan sementara 20% lainnya berdasarkan pada apa yang Anda lakukan, alias olahraga.

Artinya, tidak peduli berapa lama Anda berolahraga, jika diet Anda tinggi kalori, berat badan Anda tidak akan turun.

Oleh karena itu, untuk menurunkan berat badan, Anda harus fokus pada nutrisi dan konsumsi kalori. (—)

  • Bagikan