26 May 2024
Indeks

Rekomendasi Anime Sepak Bola Terpopuler di Jepang

  • Bagikan
Anime Sepak Bola
Anime sepak bola terpopuler di Jepang.

SULTRATOP.COM – Olahraga sepak bola adalah salah satu genre populer di anime Jepang. Banyak anime sepak bola terpopuler telah memiliki jalan cerita yang kurang lebih mirip. Kisahnya berkutat pada karakter utama hingga menjadi pemain profesional.

Anime sepak bola selalu bercerita tentang kerja sama tim untuk memenangkan kejuaraan lokal, nasional, dan menampilkan permainan mencolok dengan gerakan khusus. Lantas, judul anime sepak bola apa yang paling populer? Salah satu tolak ukur popularitasnya adalah di negara asalnya yakni Jepang.

Iklan Astra Honda Sultratop

Animeanime.jp melakukan survei kepada pembacanya tentang judul mana yang jadi favorit pembaca. Tanggapan datang dari 275 orang selama periode survei dari 2 November hingga 9 November 2022.

Rasio para responden tersebut yakni laki-laki ke perempuan adalah sekitar 30% laki-laki dan sekitar 70% perempuan. Kelompok usia sebagian besar masih muda, dengan sekitar 60% di bawah usia 19 tahun dan sekitar 20% di usia 20-an.

Berikut ini 3 peringkat teratas anime sepak bola terpopuler.

Inazuma Eleven

Tempat pertama anime sepak bola terpopuler adalah “Inazuma Eleven” dengan hasil survei mencapai 30%. Inazuma Eleven adalah serial populer yang menceritakan permainan sepak bola. Sejak anime TV pertama mulai tayang pada tahun 2008, telah banyak komentar yang mengatakan “Ini adalah anime olahraga pertama yang saya lihat,”.

Inazuma Eleven
Anime Inazuma Eleven. (Gambar: IMDb)

Meski secara global anime ini tidak begitu populer tapi ternyata banyak yang meminatiknya. Mungkin karena cara penceritaan dan visual yang cocok untuk kalangan anak-anak sehingga anime ini menempati posisi teratas. Apalagi, responden mayoritas di bawah usia 19 tahun.

Blue Lock

Anime sepak bola terpopuler di tempat kedua adalah “Blue Lock” dengan hasil survei sekitar 28 persen. Blue Lock merupakan adaptasi dari serial manga di “Weekly Shonen Magazine”. Karakter utama, Yoichi Isagi berpartisipasi dalam proyek Blue Lock (Penjara Biru). Penjara ini bertujuan untuk membesarkan penyerang dengan berbagai tantangan dan games.

Blue Lock
Anime Blue Lock. (Gambar: IMDb)

Salah satu komentar menyebut “Pandangan dunia yang unik itu menarik, dan bahkan saya, yang tidak bermain sepak bola, menikmatinya. Saya senang dengan karakter yang terlalu unik dan perkembangan yang tidak terduga,”.

Kapten Tsubasa

Juara 3 anime sepakbola terpopuler adalah “Kapten Tsubasa”. Peringkat dalam survei sekitar 16 persen. Karya ini merupakan manga sepak bola monumental yang terbit di “Weekly Shonen Jump” dan lainnya. Ceritanya menggambarkan pertumbuhan karakter utama, Tsubasa Ozora. Manga legendaris ini merupakan karya populer yang telah mendapat adaptasi animenya beberapa kali.

Captain Tsubasa
Anime Captain Tsubasa. (Gambar: IMDb)

Banyak yang mengomentari pengenalan dan pengaruh namanya, mengatakan, “Ini adalah anime sepak bola yang dikenal tidak hanya di Jepang, tetapi di seluruh dunia. Ada banyak pemain yang mulai bermain sepak bola setelah menonton Captain Tsubasa.

Selain itu, karena responden berasal dari berbagai kelompok umur maka tidak semua punya minat yang sama terhadap anime. Ada yang mengatakan “saya bukan dari generasi yang menontonnya secara langsung, tetapi saya menikmati karya pembuatan ulangnya,”. (===)



google news sultratop.com
  • Bagikan