13 July 2024
Indeks

Mengenal Erling Haaland, Striker Jangkung Pemecah Rekor Liga Premier Inggris

  • Bagikan
Striker Manchester City Erling Haaland
Kompilasi gambar Erling Haaland dari IG @erling.haaland.

SULTRATOP.COM – Erling Braut Haaland merupakan putra mantan pemain Manchester City, Alfie Haaland. Erling lahir di Leeds, Inggris, tempat ayahnya saat itu berkarir sebagai pesepak bola di Liga Premier. Kemudian, keluarganya pindah ke Bryne, Norwegia Selatan ketika Erling Haaland masih berusia tiga tahun.

Haaland junior ini tumbuh sebagai anak yang turut mencintai sepak bola sebagaimana sang ayah. Ia bergabung dengan klub kampung halamannya sebelum usia 10 tahun. Ia berkembang melalui tim muda untuk melakukan debutnya di tingkat kedua Norwegia tiga bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-16.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop
Erling Haaland
Erling Haaland semasa kecil sudah menggunakan baju Manchester City. (IG: @erling.haaland)

Kepindahannya ke klub sepak bola Molde mulai menunjukkan bakat spesialnya. Ia mencetak gol kemenangan dari bangku cadangan pada debutnya. Sang Wonderkid ini mengakhiri musim 2018 sebagai pencetak gol terbanyak Klub, dengan mencetak 12 gol dalam 25 pertandingan liga, saat masih berusia 18 tahun.

Performanya di Norwegia mendorong klub juara Austria Red Bell Salzburg untuk merekrutnya pada Januari 2019. Ia membuat lima penampilan di paruh kedua musim. Pada awal musim berikutnya kariernya benar-benar melejit dan semakin gemilang. Dari sini, dunia Haaland junior mulai menarik mata dunia.

Antara Agustus 2019 dan September 2019, sang striker jangkung ini mencetak 17 gol dalam sembilan pertandingan. Ia juga mencetak tiga hat-trick, termasuk treble dalam debutnya di Liga Champions melawan Genk.

Pada saat ia bergabung dengan Dortmund pada Januari berikutnya, ia telah mencetak 28 gol dalam 22 penampilan untuk Salzburg dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat di Bundesliga Jerman.

Haaland mengakhiri musim 2019/2020 dengan 44 gol dalam 40 penampilan klub untuk Salzburg dan Dortmund serta diikuti dengan mencetak 41 gol dalam banyak pertandingan di 2020/2021. Itu termasuk empat gol melawan Hertha Berlin dan dua gol melawan Sevilla yang membuatnya menjadi pemain tercepat dan termuda yang mencapai 20 gol di Liga Champions.

Dortmund akan finis ketiga di belakang Red Bull Leipzig dan Bayern Munich, tetapi Haaland mencetak dua gol melawan yang pertama dalam kemenangan final Piala Jerman 4-1 untuk memastikan dia mengakhiri musim dengan trofi.

Penampilannya selama musim itu sudah cukup untuk memberinya penghargaan Pemain Terbaik Bundesliga, sementara ia juga finis sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Champions untuk memenangkan hadiah kompetisi.

Haaland terpaksa hanya main untuk 30 penampilan dalam musim 2021/2022 yang karena cedera, tetapi masih berhasil mencetak gol dalam 29 kesempatan dan, pada November, ia mencetak gol ke-50 Bundesliga untuk menjadi pemain termuda dan tercepat yang mencapai itu. Kisah gemilang turut terjadi di panggung internasional, di mana sang striker telah mencatatkan 18 gol dalam 20 pertandingan untuk Norwegia.

Haaland Makin Cemerlang Bersama Manchester City dan Pep Guardiola

Erling Haaland sepertinya pencetak gol yang terlahir alami, turun dari garis sang ayah. Haaland melanjutkan performa mencetak golnya yang produktif bersama Manchester City. Sejak bergabung hingga hingga Februari 2023, ia telah mencetak 31 gol yang luar biasa untuk Klub asuhan Pep Guardiola itu.

Pencapaian luar biasa membuat Haaland masuk dalam FIFPro World XI untuk 2022 pada akhir Februari 2023. Satu bulan kemudian, dia menjadi pemain ketiga dalam sejarah – dan yang pertama selama sembilan tahun yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan Liga Champions UEFA saat City mengalahkan RB Leipzig 7-0 di Stadion Etihad.

Erling Haaland Pep Guardiola
Erling Haaland bersama pelatih Manchester City Pep Guardiola. (IG: @erling.haaland)

Jelang akhir musim 2022/2023, Haaland turut mengantar The Cityzens (julukan Manchester City) memuncaki klasemen Liga Premier dengan mengkudeta Arsenal. Selain itu, mereka juga menuju gelar juara Liga Champions tetapi harus mengalahkan Real Madri di Semi Final.

Haaland melakukan tugasnya dengan sangat baik di City, secara khusus dengan gol hattricknya yang mengagumkan. Ia berlari dengan kencang hingga menahan pemain bertahan, bahkan berada di tempat yang tepat untuk mencetak gol. Ia melakukan semuanya.

Haaland mengaku atmosfir kebersamaan di City sangat bagus, di mana para pemain bermain untuk satu sama lain. Menikmati permainan dan memiliki hubungan yang kuat dengan para pemain lain di City jadi kunci sukses Erling Haaland.

“Kami bermain untuk satu sama lain, kami bermain bersama dan itu sangat bagus. Kami tidak peduli siapa yang mencetak gol, ini tentang kemenangan dan mentalitas pemenang,” ujar Haaland dalam suatu wawancara.

Haaland Kalahkan Mohamed Salah

Erling Haaland mencetak rekor baru dalam mencetak gol di Liga Premier. Striker Manchester City itu mengalahkan rekor gol pemain Liverpool Mohamed Salah dalam kemenangan 3-0 atas West Ham United pada 3 Mei 2023. Lewat pertandingan itu, Haaland mengantongi gol ke-35 musim ini.

Gol pemain berusia 22 tahun pada malam itu jadi sangat istimewa bagi Haaland. Ia menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Inggris yang mencetak 35 gol dalam satu musim hanya dalam 31 penampilan di musim debutnya. Dia melampaui rekor yang dipegang Alan Shearer sejak 1994-1995.

Erling Haaland
Erling Haaland ketika menggiring bola. (IG: @erling.haaland)

Ketika mendapat pertanyaan bagaimana rencananya untuk merayakan pencapaian barunya, Haaland menegaskan itu akan berjalan seperti biasa dengan lebih banyak pertandingan untuk dimainkan karena City masih dalam perburuan untuk memenangkan Treble.

“Saya akan pulang dan bermain video game, makan, tidur, dan besok saya akan masuk dan memikirkan Leeds. Ini adalah hidup saya,” katanya kepada pembawa acara Sky Sports David Jones usai pertandingan. (===)

 

Sumber: mancity.com, bitterandblue.sbnation.com, express.co.uk

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan