18 April 2024
Indeks

MAN IC Kendari Gelar Tahfidz Camp, Minimal Setiap Siswa Hafal 2 Juz Al-Qur’an

  • Bagikan
Pelaksanaan kegiatan Tahfidz Camp tahun 2024 yang terpusat di Masjid Al- Islah MAN IC Kota Kendari.

SULTRATOP.COM, KENDARI – Madrasah Aliah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Kendari menggelar kegiatan Tahfidz Camp tahun 2024 yang terpusat di Masjid Al- Islah MAN IC Kota Kendari.

Hal itu merupakan program bimbingan ibadah selama Ramadan, yang jadi salah satu program unggulan MAN IC Kota Kendari sebagai madrasah dengan system Boarding School. Program dalam Bidang Keasramaan ini adalah program Tahfidz Camp yang dilaksanakan setiap bulan Ramadan.

Iklan Astra Honda Sultratop

Program Tahfidz Camp MAN IC Kota Kendari dilaksanakan sejak tanggal 14 hingga 28 Maret 2024. Tujuanya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan bagi para siswa melalui Program Tahfidz Camp, maka kegiatannya terfokus dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an bagi siswa kelas X dan kelas XI. Sementara, bagi siswa kelas XII melaksanakan kegiatan Asesmen Madrasah yang berlangsung sejak tanggal 18 hingga 27 Maret 2024.

Kegiatan ini sejalan dengan agenda program pembelajaran yang telah disusun baik oleh madrasah maupun pemerintah yang dituangkan dalam Surat Edaran Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat KSKK Madrasah perihal kegiatan pembelajaran di madrasah selama bulan Ramadan Tahun 2024.

Isi surat edaran tersebut bahwa setiap madrasah dapat menyelenggarakan program bimbingan ibadah ramadan dan penguatan kompetensi beragama yang terkait dengan pelaksanaan puasa misalnya Pondok Pesantren Ramadan atau aktivitas pembinaan keagamaan lainnya dengan tetap memperhatikan dan menyesuaikan ketetapan dari pemerintah atau pemda.

Program Tahfidz Camp dilaksanakan melalui bimbingan dan pendampingan langsung oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Keasramaan Agustan, bersama beberapa guru bina asrama. Selain itu, pihak madrasah juga mendatangkan para pembina dan pendamping yang berasal dari luar madrasah melalui kerja sama dengan pihak eksternal yaitu dari IAIN Kendari bersama Yupita Tri Rizki, Putri Fahmy Aprilia, M. Jalil, dan Awal Jumaidil yang dianggap telah berpengalaman dalam proses menghafal Al- Qur’an.

Kegiatan ini bukan hanya sekadar mengajarkan hafalan tetapi juga membenarkan bacaan, makharijul huruf, dan tajwid para siswa.

MAN IC Kota Kendari juga menghadirkan Ustaz H. Resman, Lc yang merupakan pengasuh dari salah satu Pondok Tahfizh di Kota Kendari sebagai narasumber saat acara pembukaan kegiatan Tahfidz Camp yang berlangsung tanggal 14 Maret 2024 lalu. Melalui paparannya, Ustaz H. Resman memberikan motivasi dan metode terkait cara menghafal Al-Qur’an yang efektif.

Sementara, Wakil Kepala Madrasah Bidang Keasramaan, Agustan pada acara pembukaan kegiatan Tahfidz Camp menyampaikan bahwa Tahfidz Camp adalah program unggulan tahunan yang dilakukan setiap bulan Ramadan, maka siswa harus bersungguh-sungguh dalam menghafal Al-Qur’an karena menghapal Al-Qur’an memiliki banyak kemuliaan di dalamnya apalagi di bulan Ramadan pahalanya tentu berlipat ganda.

“Setiap siswa diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik karena targetnya minimal setiap siswa dapat menghafal 2 juz selama masa Tahfidz Camp. Oleh karena itu, gunakanlah waktu kalian dengan baik agar hasilnya dapat lebih maksimal sehingga mampu melebihi target 2 juz. Niatkanlah bahwa menghafal Al-Qur’an merupakan bekal ilmu agama yang diperintahkan oleh Allah Swt,” ujar Agustan.

Di berharap bekal ilmu pengetahuan yang diperoleh selama pelaksanaan kegiatan Tahfidz Camp khususnya mengenai Ilmu Pengetahuan Agama Islam dapat menjadi fondasi bagi siswa dalam memahami terutama dalam level yang lebih sulit adalah mampu menghayati, menerapkan, dan mengamalkan pengetahuan dan pengalaman agama tersebut dalam kehidupan sehari-hari. (===)

 

Sumber: Humas MAN IC Kota Kendari Asni. S.Sos., M.Pd.



google news sultratop.com
  • Bagikan