24 February 2024
Indeks

Disperindag Pastikan Harga Bahan Pokok di Mubar Stabil

  • Bagikan
LM Ishar Masiala.

SULTRATOP.COM, LAWORO – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Muna Barat (Mubar) memastikan harga bahan kebutuhan pokok relatif stabil mulai dari minggu kedua Januari 2024.

Plt Kepala Disperindag Mubar LM Ishar Masiala mengatakan, berdasarkan hasil pantauan di 13 pasar tradisional yang ada di Mubar, harga bahan pokok cenderung mengalami penurunan atau stabil. Semua ini berkat kerja keras Pj Bupati Mubar yang melakukan operasi dan sidak pasar.

Iklan Astra Honda Sultratop

Ia mengakui awal minggu pertama Januari memang harga bahan pokok naik, tetapi tidak signifikan. Sedangkan pada minggu kedua Januari ini harga bahan pokok sudah turun atau stabil.

Menurut mantan Kadis Kesehatan Mubar ini, harga bahan pokok yang melonjak naik pada minggu pertama itu seperti beras, cabai dan lainnya. Misalkan, cabai awalnya naik dari Rp80 ribu per kilo, dan turun menjadi Rp60 ribu per kilo. Begitu juga dengan beras turun Rp10.800.

“Yang pasti saat ini, harga bahan pokok sudah stabil. Kita juga kan sudah mulai melaunching gerakan pangan murah dan sudah meresmikan 13 rumah pangan kita (RPK). Nantinya, RPK ini akan menyetok bahan pokok seperti beras dan lainnya dengan harga normal,” tutur LM Ishar Masiala ditemui di ruangan kerjanya, Jumat (19/1/2024).

Ishar menegaskan pihaknya terus melakukan sidak atau pantauan di setiap pasar tradisional untuk mengecek harga bahan pokok. Pihaknya juga terus melaporkan SP2KP (sistem pemantauan pasar dan kebutuhan pokok) pada Kementerian Perdagangan.

“Jadi, kita (Disperindag) terus melakukan pemantauan bahan kebutuhan pokok. Kita tidak tahu bulan depan bagaimana, naik atau stabil. Apa lagi mendekat bulan puasa. Kita juga akan kembali menggelar pasar murah,” ucapnya. (—-)

Reporter: Adin
Editor: Ilham Surahmin

google news sultratop.com
  • Bagikan