13 April 2024
Indeks

6 Manfaat Makan Kacang Mete, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

  • Bagikan
Kacang mete tinggi protein, serat, dan lemak sehat serta berbagai macam vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. (Foto: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Ada banyak manfaat makan kacang mete untuk kesehatan.

Kacang mete tidak hanya tinggi protein, serat, dan lemak sehat, tetapi juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Iklan Astra Honda Sultratop

Melansir laman Eat This Not That, berikut 6 manfaat makan kacang mete untuk kesehatan yang harus Anda tahu.

1. Menurunkan berat badan

Banyak orang salah berasumsi bahwa saat tengah menurunkan berat badan tidak boleh mengonsumsi kacang karena merupakan makanan padat kalori dan tinggi lemak.

Namun faktanya, sebuah studi pada 2017 di Nutrients mengungkapkan, orang yang rutin mengunyah kacang lebih mungkin mempertahankan berat badan yang sehat daripada mereka yang tidak.

Ini bisa jadi karena kacang sangat mengenyangkan (berkat kombinasi protein, serat, dan lemak yang kuat), sehingga mendorong penurunan berat badan.

Meskipun kacang mete rasanya sangat kaya, faktanya kacang mete memiliki sedikit lemak dan kalori daripada banyak kacang populer lainnya, seperti kacang almond, kacang tanah, dan kenari.

Satu porsi kacang mete rata-rata mengandung sekitar 137 kalori, tetapi sebuah studi pada 2019 di Nutrients menemukan bahwa tubuh manusia hanya dapat menyerap sekitar 84% kalori ini.

Alasannya karena sebagian lemak yang terkandung dalam kacang mete tetap tersegel di dalam dinding berserat kacang.

2. Menurunkan tekanan darah

Menurut sebuah studi di Current Developments in Nutrition pada 2019, makan kacang mete memiliki kaitan dengan tekanan darah rendah.

Konsumsi kacang mete juga berkaitan dengan penurunan kadar trigliserida—sejenis lemak dalam darah yang dapat meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung saat kadarnya tinggi.

Namun, tidak semua kacang mete sama dalam hal ini. Banyak kacang mete kemasan yang diasinkan, dan makanan dengan kelebihan garam berkaitan dengan tekanan darah tinggi.

3. Mengontrol kolesterol

Ada dua jenis kolesterol, yakni LDL, jenis yang menyebabkan penumpukan lemak berbahaya di arteri Anda, dan HDL, jenis yang benar-benar dapat melindungi jantung dengan membawa kolesterol LDL menjauh dari arteri dan menuju hati.

Sebuah studi pada 2017 di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa memasukkan kacang mete ke dalam makanan dapat menurunkan kolesterol LDL “jahat”.

Tidak hanya itu, sebuah studi tahun 2018 di Journal of Nutrition menunjukkan bahwa diet kaya kacang mete meningkatkan kadar kolesterol baik HDL.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Tinjauan tahun 2007 yang terbit dalam British Journal of Nutrition menemukan risiko penyakit jantung 37% lebih rendah bagi mereka yang makan kacang lebih dari empat kali seminggu.

Sementara sebuah studi tahun 2018 yang terbit dalam Journal of Nutrition menemukan, orang dengan diabetes tipe 2 makan 30 gram kacang mete mentah setiap hari selama 12 minggu, mereka mengalami penurunan faktor risiko kardiovaskular: tekanan darah mereka turun, dan kolesterol HDL mereka naik.

Kemungkinan alasan mengapa kacang mete berkaitan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular adalah karena kacang mete merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik.

Keduanya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL.

5. Mengontrol gula darah

Apa yang kita makan dapat memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk menjaga kadar gula darah.

Menambahkan kacang mete ke dalam makanan dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada gula darah, baik bagi penderita diabetes atau pradiabetes.

Dalam satu studi tahun 2019 di International Journal of Endocrinology and Metabolism, orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 10% kalori harian mereka dari kacang mete memiliki tingkat insulin yang lebih rendah daripada mereka yang tidak makan kacang mete.

Ini mungkin karena kacang mete sangat tinggi seratnya, yang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dengan melepaskan glukosa lebih lambat ke dalam aliran darah.

6. Antioksidan

Kacang-kacangan dan biji-bijian terkenal dengan kandungan antioksidannya yang mengesankan.

Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas penyebab kerusakan dalam tubuh sehingga melindungi tubuh dari penyakit dan mengurangi peradangan secara keseluruhan.

Kacang mete, khususnya, merupakan sumber yang sangat baik dari dua jenis antioksidan: polifenol dan karotenoid.

Kacang mete panggang tampaknya memiliki aktivitas antioksidan yang lebih besar daripada yang mentah.

Nah, itulah manfaat makan kacang mete untuk kesehatan. Meskipun bentuknya kecil, ternyata manfaatnya luar biasa. (—)



google news sultratop.com
  • Bagikan