21 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

15 Manfaat Tauge untuk Kesehatan

  • Bagikan
15 Manfaat Tauge untuk Kesehatan
Tauge memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Ada begitu banyak manfaat tauge untuk kesehatan. Mulai dari mencegah kanker, melawan osteoporosis hingga meningkatkan kesuburan bagi pria.

Tauge merupakan gudang nutrisi karena mengandung vitamin B, C, B1, B6, K dan A. Selain itu, tauge juga merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan mangan, serta asam lemak omega 3.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Lantas apa saja manfaat tauge untuk kesehatan? Melansir laman Health Benefits Times, berikut 15 manfaat tauge untuk kesehatan:

1. Mencegah kanker

Dalam proses kacang menjadi kecambah, 90% rantai polisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah diserap tubuh tanpa menghasilkan gas.

Karena mengandung banyak serat dan juga air, tauge membantu mengeringkan partikel berbahaya di dalam usus besar. Bisa dibilang itu adalah kekuatan ganda tauge dalam memerangi kanker.

Tauge menekan kotoran langsung ke kiri usus besar, sehingga hampir tidak ada zat beracun di dalam kotoran yang dapat meresap ke seluruh tubuh. Tauge juga akan menghindari penumpukan senyawa beracun yang dapat mendorong berkembangnya benih kanker.

Antioksidan yang ditemukan di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan menghentikan penggandaan sel kanker.

2. Mencegah serangan jantung dan stroke

Orang-orang dengan risiko serangan jantung dan serangan jantung karena peningkatan kadar lemak darah, dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak tauge.

Saponin dalam tauge akan menghilangkan kolesterol jahat LDL tanpa mengganggu lemak baik HDL.

3. Mencegah osteoporosis

Estrogen alami yang ada dalam tauge akan bekerja seperti estrogen buatan. Namun, kecemerlangan estrogen alami tidak memiliki efek negatif.

Jadi, estrogen dalam tauge dapat dengan mudah memperbaiki ketebalan tulang, struktur tulang, dan menghentikan keropos tulang.

4. Membangkitkan sistem kekebalan tubuh

Saponin yang terdapat dalam tauge juga dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh, terutama dengan meningkatkan aktivitas sel vaskular alami (sel pembunuh alami), khususnya limfosit sel-T serta interferon.

Seiring dengan sarat DNA, tauge berlimpah dengan anti-oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.

5. Baik untuk pencernaan

Karena bersifat basa, tauge sangat baik untuk menjaga tingkat keasaman lambung sekaligus membantu pencernaan.

Kandungan seratnya dapat dengan mudah memperbaiki kontraksi saluran usus sehingga memperlancar buang air besar.

6. Meningkatkan kesuburan

Tauge memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesuburan. Jika dikonsumsi secara teratur akan meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E, khususnya vitamin E-alpha dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi pria.

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Dengan mengonsumsi tauge, ada kemungkinan vitamin E ini melindungi sel telur atau bahkan sperma dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

7. Baik untuk kulit

Tauge juga bagus untuk kecantikan, yang akan membantu menyegarkan sekaligus melembutkan kulit. Pasalnya, tauge mengandung vitamin E dalam jumlah yang lebih tinggi.

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Tauge juga bisa dianggap sebagai protein utama dan juga dibutuhkan untuk pergantian kulit.

8. Menurunkan berat badan

Tauge juga sangat bebas lemak, secangkir tauge hijau atau bahkan sekitar 124 gram hanya terdiri dari 0,11 gram lemak. Oleh karena itu, tauge merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Diet rendah lemak dengan kecambah sangat ideal untuk menurunkan berat badan. Selain diet rendah lemak juga menurunkan kemungkinan diabetes tipe 2 karena gaya hidup.

9. Mencegah gangguan haid dan menopause

Kandungan deoksidasi dalam tauge dapat dengan mudah meningkatkan aliran darah untuk menghindari serta menetralisir faktor-faktor yang membantu munculnya penyakit.

Jika Anda sering mengonsumsi tauge sebelum periode bulanan dapat membantu menghindari masalah selama menstruasi.

Mengonsumsi tauge sebagai sumber vitamin E juga dapat membantu menghindari gangguan panas yang dirasakan pada masa pra menopause.

10. Baik untuk wanita

Selain itu, tauge juga menyediakan estrogen alami yang berfungsi seperti sintesis estrogen.

Estrogen dalam tauge tentunya dapat meningkatkan kepadatan dan struktur tulang, serta menghentikan pengeroposan tulang (osteoporosis).

Konsumsi tauge secara rutin oleh wanita dapat membantu mereka terhindar dari kanker payudara, gangguan menstruasi, gejala pra-menopause, serta masalah karena menopause.

11. Membuat awet muda

Tauge umumnya padat dengan anti oksidan yang efektif untuk mencegah tubuh dari DNA sel radikal bebas yang berbahaya. Hal ini memperkuat kesimpulan bahwa tauge adalah sayuran yang membuat Anda awet muda.

12. Menghilangkan kotoran di usus besar

Manfaat lain tauge adalah membantu menghilangkan kotoran di usus besar karena mengandung banyak serat dan air. Ini sebenarnya pilar utama tauge dalam memerangi kanker.

Setelah kotoran dengan cepat meninggalkan usus besar, tidak ada zat beracun di dalam kotoran yang dapat diserap oleh tubuh. Ini akan menghindari akumulasi bahan kimia beracun yang dapat mempromosikan sel kanker.

13. Memerangi anemia

Tauge kaya akan zat besi yang penting untuk pembentukan hemoglobin di dalam tubuh. Hemoglobin sebenarnya adalah protein yang terkandung dalam sel darah merah. Oleh karena itu, penggunaan tauge mengurangi kemungkinan terkena anemia.

Tauge juga mengandung vitamin C yang mendorong penyerapan zat besi melalui usus, sehingga membantu mengobati atau bahkan menghentikan anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi.

14. Mencegah sembelit

Karena mengandung serat, tauge cenderung meningkatkan motilitas usus dan membantu memberikan istirahat dari gejala gangguan usus.

15. Kesehatan hati

Tauge sangat bagus untuk mempertahankan kesehatan hati yang tepat. Pasalnya, tauge merupakan metode yang berlimpah untuk mendapatkan lesitin. Zat ini membantu menjaga kadar kolesterol darah lebih rendah dan juga mengurangi lemak hati yang pada gilirannya membantu mencegah perlemakan hati, terutama menyebabkan gangguan hati. (—)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan