24 May 2024
Indeks

13 Siswa MAN IC Kendari Juarai Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kota

  • Bagikan
13 Siswa MAN IC Kendari Juarai Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kota
Siswa-siswi MAN IC Kendari yang lolos untuk mengikuti OSN tingkat Provinsi Sultra. (Ist)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Sebanyak 13 siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari berhasil menjuarai Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Kendari dan akan kembali bersaing di tingkat provinsi bersama perwakilan kabupaten/kota lain di Sultra.

Ke-13 siswa tersebut yaitu Nurhaliza Melindah (peringkat 1), Muhammad Afif Yus (peringkat 2), dan Lasrif Talayansa (peringkat 3) pada bidang Kimia.

Iklan Astra Honda Sultratop

Zahra Kirana (peringkat 1) bidang Astronomi, Muh. Adhitia Al A’Raf B (peringkat 1) bidang Biologi, Muhammad Alfi Khatir Maarif (peringkat 1) bidang Ekonomi.

Muhammad Rais Akbar Kaisan (peringkat 2) dan Annisa Mubarak Maren Saputri (peringkat 3) bidang Matematika, Muhammad Fachruddin (peringkat 2) dan Annisa Nadhirah Ramadani (peringkat 4) bidang Geografi.

Fadhurrahman Al Faqih (peringkat 4) bidang Fisika, serta Irzal Amru Alqahtani (peringkat 6) dan Alif Itsar Prihartawan (peringkat 9) bidang Informatika/Komputer.

Penetapan para pemenang OSN tingkat kabupaten/kota jenjang SMA/MA tahun 2024 dan sekaligus akan menjadi peserta OSN tingkat provinsi itu berdasarkan hasil penilaian dewan juri masing-masing bidang sains dan masing-masing provinsi yang telah diumumkan pada 17 April 2024.

Kepala MAN IC Kendari, Muhammad Naim, mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian tersebut dan juga ucapan terima kasih kepada para guru atas pembimbingan dan pendampingan yang telah diberikan kepada siswa, terkhusus kepada guru pembimbing/pendamping olimpiade. 

“Alhamdulillah, siswa MAN IC Kota Kendari yang berhasil lolos sebagai peserta OSN-P 2024 sebanyak 13 orang,” ungkapnya di Kendari pada Rabu (8/5/2024).

Naim menyebut, prestasi yang diraih siswanya itu merupakan hasil dari usaha dan kerja keras serta semangat untuk mengikuti pembinaan. Pasalnya, semangat dan disiplin merupakan salah satu kunci untuk meraih kesusksesan.

Ia harap para siswa tetap semangat dan belajar lebih giat lagi untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pelaksanaan OSN tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada 6 Mei 2024.

Sebagai informasi, OSN merupakan salah satu kegiatan yang diselanggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

Kegiatan itu dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat dalam mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains dan juga ditujukan untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta kompetisi tingkat internasional.

Selain sebagai ajang kompetisi, OSN dianggap sebagai platform aktualisasi dan wadah untuk unjuk prestasi bagi peserta didik pada jenjang SD, SMP, dan SMA yang diharapkan mampu membentuk peserta didik yang memiliki prestasi yang dilandasi dengan nilai-nilai kejujuran, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cinta tanah air, dan berkarakter. 

Pada tahun 2024, pelaksanaan kegiatan OSN tingkat kabupaten/kota yang telah berlangsung secara serentak di seluruh wilayah Sultra sejak 25 hingga 27 Maret 2024 mengusung tema sentral “Merdeka Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi”.

Pada ajang itu, MAN IC Kendari mengikutsertakan 44 delegasi yang berlaga pada 9 bidang lomba meliputi bidang Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. (—–)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan