24 May 2024
Indeks

Wajah Baru Dominasi 30 Aleg yang Lolos di DPRD Muna

  • Bagikan
Wajah Baru Dominasi 30 Aleg yang Lolos di DPRD Muna
Ilustrasi kursi DPRD (foto: internet)

SULTRATOP.COM, MUNA – Rangkaian pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) pada Pemilihan Umum 2024 di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) tuntas digelar.

Tercatat sebanyak 30 caleg dinyatakan lolos untuk mengisi kursi DPRD Muna. Sekretaris DPRD Muna, La Kore, mengatakan, para legislator yang terpilih periode 2024-2029 tersebut didominasi oleh wajah baru.

Iklan Astra Honda Sultratop

La Kore mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah 30 aleg DPRD Muna rencananya akan digelar setelah pleno penetapan dari KPUD Muna.

“Aleg lama itu masa jabatannya akan segera berakhir pada Oktober 2024 mendatang dan yang baru terpilih menunggu pleno KPUD Muna,,” terang La Kore, ditemui Selasa (16/4/2024).

Ia menjelaskan, nantinya jika sudah ditentukan waktunya akan dilaksanakan rapat peresmian pemberhentian anggota DPRD masa bakti 2019-2024 dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah/janji anggota DPRD masa bakti 2024-2029. 

“Memang belum ada jadwal pasti karena keputusan resmi dari hasil pleno KPUD belum tuntas,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi kinerja anggota DPRD periode 2019-2024 yang telah berkarya selama 5 tahun di DPRD Muna.

Ia mengatakan banyak sumbangsih nyata yang diberikan oleh para aleg periode 2019-2024 selama bertugas. Ia juga berharap aleg yang didominasi wajah baru ini bisa berkarya dan menunaikan janji politiknya untuk pembangunan di dapil masing-masing.

Sebagai informasi, dari komposisi 30 kursi yang diperebutkan, PDIP sukses meraih 5 kursi dari 6 dapil yang diperebutkan. Disusul oleh Golkar, Gerindra dan Demokrat dengan masing-masing 4 kursi.

Sementara itu Nasdem, PKS dan PKB harus puas memperoleh 3 kursi. Partai Hanura yang pada periode sebelumnya memperoleh kursi terbanyak harus puas mendapatkan 2 kursi saja. Sisanya masing-masing 1 kursi diraih PAN dan PBB.

Aleg pendatang baru yang berhasil melenggang di DPRD Muna, yakni L. Honto Darwin, Laode Andri Ashary, Laode Ena, Arya Yudistira, Laode Ary Priadi Annas, Siswono, Asdar, Muhamad Rahim, dan LM Oster.

Kemudian Abdul Salam Loga, M. Saleh Hayadi, Laode Hermin, M. Takdir, M. Tomorimbi, M. Sahrun, La Sali, Awal Hisabu, Rasmin, M. Zultasyridah dan Murida.

Sementara petahanan yang kembali lolos yakni Wa Nurnia (PKS), La Irwan dan Agustini Muhaimin (PAN), M Nasir Ido (Golkar), Cahwan (Demokrat), Laode Dyrun (Golkar), Zahrir Baitul (Hanura), Laode Gerson Kadaka (Gerindra), dan Syarif Ramadan (PKB). (—-)

Kontributor: Nasrudin
Editor: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan