28 May 2024
Indeks

Malam Perpisahan SMKN 1 Muna, Alumni Diharapkan Jadi Bagian Pembangunan Daerah

  • Bagikan
penyerahan penghargaan untuk siswa berprestasi pada malam perpisahan SMKN 1 Muna di pelataran Rumah Adat Muna pada Sabtu malam (20/4/2024).(Ismu/Sultratop.com)

SULTRATOP.COM, MUNA – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Muna menggelar malam perpisahan untuk angkatan 60 tahun 2023/2024 di pelataran Rumah Adat Muna pada Sabtu malam (20/4/2024).

Mewakili Pemerintah Kabupaten Muna, Staf Ahli Pemda Muna Muhammad Safei berharap setelah menamatkan sekolahnya itu, para siswa bisa melanjutkan pendidikannya sehingga bisa kembali dan membangun Kabupaten Muna.

Iklan Astra Honda Sultratop

“Saya atas nama pemerintah daerah, mengucapkan terima kasih dan kami harap para siswa dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sehingga bisa menjadi kebanggaan Kabupaten Muna dan dapat membangun daerah,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Transmigrasi Muna H. Syahrir meyakini selama 3 tahun, para siswa tersebut telah mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan atau langsung terjun ke dunia kerja.

” Yang ingin langsung terjun ke dunia kerja, silahkan menempuh prosedur yang ditetapkan pemerintah. Karena banyak yang dideportasi dari luar negeri baik Malaysia, Cina maupun negara lain karena tidak mengetahui prosedurnya,” ungkapnya.

Syahrir menyebut, kondisi lapangan kerja di Muna saat ini masih sangat terbatas sehingga banyak yang keluar daerah untuk mencari lapangan kerja. Pasalnya, Muna bukan daerah industri maupun jasa.

Dalam pembangunan ketenagakerjaan, Pemda Muna lebih fokus pada upaya peningkatan keterampilan pencari kerja dan sosialisasi perlindungan ketenagakerjaan.

Hal itu dinilai sangat penting karena banyak yang menjadi pekerja di dalam maupun luar negeri yang tidak memahami hak-hanya sebagai pekerja.

“Kami dari Disnaker Muna hampir setiap tahun melaksanakan sosialisasi tentang perlindungan tenaga kerja,” tutur Syahrir.

Kepala SMKN 1 Muna, Masrawati menekankan pentingnya peran para Alumni dalam memajukan daerah.

“Kalian adalah aset berharga bagi Muna. Kami berharap bahwa setelah menyelesaikan pendidikan di SMKN 1 Muna, kalian akan kembali dan menjadi agen perubahan yang positif untuk pembangunan daerah ini,” harapnya. (===)

 

Kontributor: Ismu Samadhani



google news sultratop.com
  • Bagikan