24 February 2024
Indeks

Kembalikan Marwah Mubar, Pj Bupati Tekankan Empat Poin kepada ASN

  • Bagikan
Kembalikan Marwah Mubar, Pj Bupati Tekankan Empat Poin kepada ASN
Pj Bupati Muna Barat (Mubar), La Ode Butolo saat disambut oleh aparatur sipil negara (ASN), tokoh adat dan masyarakat sekitar di kediamannya, di Desa Latugho, Kecamatan Lawa, Selasa (2/1/2023). (Adin Nre/Sultratop.com)

SULTRATOP.COM, LAWORO – Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), La Ode Butolo tiba di daerah yang akan dipimpinnya dan disambut oleh seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat sekitar di kediamannya, di Desa Latugho, Kecamatan Lawa, Selasa (2/1/2023).

Sejak Muna Barat mekar sembilan tahun lalu, kata La Ode Butolo, ia melihat ada yang perlu diluruskan antara lain marwah daerah yang dipimpinnya ini sudah mulai memudar. Menurutnya, marwah yang memudar tersebut karena adanya ketidakdisiplinan para ASN yang tidak sepenuhnya ingin menjadi bagian dari Mubar.

Iklan Astra Honda Sultratop

Misalkan, lemahnya manajemen ASN, pengelolaan aset daerah serta kepegawaian. Kemudian, minimnya harmonisasi antarlembaga dan lemah perekat antar tiga wilayah besar di Mubar, yakni Lawa Raya, Tiworo Raya, dan Kusambi Raya.

“Jadi, untuk membangun Mubar dibutuhkan kekompakan kita semua (ASN). Tidak ada lagi sekat-sekat, mari kita bersatu membangun Mubar agar lebih maju dan sejahtera,” kata Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo.

Untuk itu, Butolo menegaskan sebagai perwujudan mengembalikan marwah Mubar, ia menekankan ada empat poin. Pertama manajemen aset daerah perlu dilakukan penataan kembali dan tidak mau melihat ada aset daerah beroperasi di luar Mubar dengan menggunakan plat hitam atau putih, serta digunakan oleh pihak-pihak lain di luar kepentingan dinas.

Kemudian, poin kedua yakni ASN diharapkan menerapkan kedisiplinan, berkinerja baik dan membuat terobosan serta berprestasi. Selanjutnya, poin ketiga adalah ASN diwajibkan berdomisili di Mubar.

“Kepada seluruh ASN wajib dan harus berdomisili di Mubar,” ucapnya.

Untuk poin keempat, kata Butolo akan memperdayakan sumber daya manusia. Sebab, menurutnya Mubar mekar karena tuntutan seluruh masyarakat.

“Saya menginginkan dengan mekarnya Mubar ini, dapat dirasakan manfaatnya seluas-luasnya untuk masyarakat Mubar. Sekarang tidak ada lagi dikotomi Lawa Raya, Tiworo Raya, Kusambi Raya. Yang ada sekarang kita semua keluarga besar Muna Barat,” tuturnya.

Butolo menambahkan salah satu tugas utamanya adalah untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan, baik pilpres dan pileg. Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Mubar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, aman, dan nyaman.

“Selaku Pj Bupati Mubar, saya mengajak  untuk simpul menjaga kekompakan diantara kita semua, simpul silaturahmi diantara kita, demi Muna Barat yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Mubar, LM Husein Tali mengucapkan selamat datang kepada Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo dikampung halamannya. Kata dia, La Ode Butolo merupakan Bupati Mubar yang tujuh.

“Kami ucapkan selamat dan sukses kepada Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo telah kembali mengabdikan diri di Mubar. Sebanyak 81 desa dan 5 kelurahan, 2.024 ASN, 2.800 tenaga non-ASN, 426 pejabat eselon II, III dan IV ada di tangan Bapak Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo,” ucapnya.

Kata Husein Tali, Mubar harus bangkit dan jalan terus. Sebab, ke depannya dihadapkan dengan pesta demokrasi lima tahunan, apa lagi jumlah penduduk Mubar capai 85 ribu jiwa.

“Saya yakin di tangan Bapak Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo kita akan menghadirkan prestasi-prestasi gemilang. Kita flashback ke belakang, peletakan batu pertama pembangunan kantor bupati Mubar itu di zamannya Bapak Bahri, tetapi yang capek pertama itu adalah Bapak La Ode Butolo saat menjadi Kepala Dinas PUPR Mubar,” katanya.

Untuk itu, Husein Tali mengajak seluruh ASN dan masyarakat bersama-sama bersatu dan kompak mendukung ke hal yang positif. Serta meninggalkan hal-hal yang negatif. (—–)

Reporter: Adin Nre
Editor: Ilham Surahmin

google news sultratop.com
  • Bagikan