26 May 2024
Indeks

Kemenangan Besar Pertama Rusia, Pasukan Ukraina Mundur dari Barkhmut

  • Bagikan
Pasukan Ukraina Mundur
Tentara Ukraina (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Perang Rusia Ukraina memasuki babak penaklukan. Terbukti pasukan Ukraina mundur dari beberapa wilayah di Bakhmut minggu ini (pertengahan April 2023). Barkhmut adalah sebuah kota di timur Ukraina yang terletak di Oblast Donetsk bagian utara. Bakhmut termasuk dalam wilayah industrial Donbas.

Di bawah kendali Presiden Vladimir Putin, Rusia meluncurkan serangan setelah mengisi kembali “energi” di medan perang Oblast Donetsk. Pasukan Ukraina sendiri menghadapi masalah pasokan yang signifikan tetapi telah melakukan penarikan secara teratur dari posisi mereka. Padahal, Barkhmut merupakan salah satu pusat kota terakhir di wilayah tersebut yang melawan serbuan Rusia.

Iklan Astra Honda Sultratop

“Rusia telah menghidupkan kembali serangannya di Kota Bakhmut Oblast Donetsk karena pasukan (Kementerian Pertahanan) Rusia dan Grup Wagner telah meningkatkan kerja sama,” kata Intelijen Inggris, Jumat (14/4/2023).

Pertahanan Ukraina masih menguasai distrik barat kota tetapi telah menjadi sasaran tembakan artileri Rusia yang sangat intens selama 48 jam sebelumnya. Pasukan tentara bayaran utama Rusia Grup Wagner telah memainkan peran kunci dalam perebutan Bakhmut dan mampu memaksa pasukan Ukraina mundur.

Menurut Intelijen Inggris tersebut, pejuang Grup Wagner menargetkan pusat kota, sementara pasukan terjun payung Rusia mempelopori serangan di pinggiran kota. Kombinasi dua pasukan yang saling mendukung membuat pasukan Ukrainan kewalahan sehingga mengambil langkah mundur.

Sekarang kota itu hanya tersisa puing-puing. Sebelumnya Bakhmut pernah menjadi rumah bagi sekitar 70.000 orang. Peperangan musim dingin di wilayah tersebut diperkirakan menghasilkan tingkat pertempuran infanteri yang belum pernah terlihat sejak Perang Dunia II.

Menaklukkan kota itu dengan membuat pasukan Ukraina Mundur menjadi kemenangan besar pertama Rusia dalam beberapa bulan invasinya. Berita tentang kemenangan Rusia di Bakhmut sesungguhnya telah datang satu minggu setelah intelijen Inggris mengatakan bahwa pasukan Kremlin mungkin telah merebut pusat kota dan mengancam jalur pasokan utama Ukraina. (===)

 

Sumber: New York Post



google news sultratop.com
  • Bagikan