16 June 2024
Indeks
Iklan Dispar Sultra Jelajahi Sulawesi Tenggara

Ini Deretan Tokoh yang Berpotensi Mengkudeta Putin di Tengah Invasinya ke Ukraina

  • Bagikan
Presiden Rusia Vladimir Putin (Pic: Sputnik/Reuters)

SULTRATOP.COM – Tokoh yang berpotensi mengkudeta Putin dari jabatannya sebagai Presiden Rusia memiliki penggambaran sebagai “burung nasar”. Para burung “pemakan bangkai” ini dapat sewaktu-waktu mengambil alih kekuasaan Rusia di tengah laporan bahwa Putin menderita kanker saat perang melawan Ukraina terus berlanjut.

Mirror melansir bahwa ada juga desas-desus berulang tentang kesehatan Presiden Putin yang memburuk akibat kanker saat dia meledakkan Ukraina dengan rudal. Klaim aneh terbaru adalah bahwa dalam dua pertemuan penting, sang diktator Kremlin itu harus tetap di posisi yang sama dan duduk di bantal khusus mengikuti operasi proktologis (prosedur yang melibatkan punggung).

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Beberapa pejabat Amerika Serikat (AS) melihat bos tentara bayaran Rusia Yevgeny Progozhin (61) dapat mengkudeta Putin. Karena sangat kuat, Progozhin dapat mengambil alih kekuasaan saat Putin melemah.

Dalam sebuah laporan, Prigozhin membanggakan pasukan pribadinya sendiri (Wagner) dan telah merekrut puluhan ribu tentara bayaran dan narapidana untuk berperang di Ukraina. Ini merupakan sebuah kekuatan yang oleh beberapa orang dianggap memberinya pengaruh dalam perebutan kekuasaan Kremlin.

Beberapa pejabat pemerintah AS menatap Prigozhin dengan hati-hati dan bertanya-tanya apakah 10 bulan setelah perang, sumber potensi kudeta telah muncul.

Christo Grozev, Kepala Penyelidik Rusia untuk organisasi jurnalisme investigasi Bellingcat, mengatakan: “Ini adalah wilayah yang belum dipetakan untuk Putin. Prigozhin memiliki 20.000 orang yang haus darah, bersenjata, dan agresif”.

Grozev telah meramalkan bahwa Prigozhin akan mengkudeta Putin adalah pilihan yang realistis pada tahun 2023, dengan menyatakan: “Penanak bertekanan ini harus meledak ke satu arah atau lainnya. Entah itu akan menjadi revolusi berdarah atau yang lainnya.”

Beberapa orang khawatir Prigozhin bisa bekerja sama dengan pemimpin panglima perang Chechnya Ramzan Kadyrov (46). Sang panglima memiliki pasukan yang cukup besar yang setia kepadanya, dan juga dipandang sebagai loyalis yang mendukung perang Putin.

Saingan utama Prigozhin adalah Kepala Keamanan Garis Keras Nikolai Patrushev (71). Patrushev ingin mengangkat putranya, Menteri Pertanian Dmitry Patrushev (45) sebagai pengganti Putin untuk jabatan presiden.

Tokoh garis keras lain yang dekat dengan Putin adalah Wakil Kepala Pemerintahan Kremlin Sergei Kiryenko (60). Dengan posisinya saat ini, Sergei Kiryenko juga berpeluang mengkudeta putin. (===)

 

Sumber: Mirror.co.uk

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan