23 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Jemaah Haji Asal Katobu Muna Meninggal Jelang Wukuf di Arafah

  • Bagikan
Para jemaah haji bergerak menuju Arafah untuk melaksanakan wukuf. (Foto: Reuters)

SULTRATOP.COM, MUNA – Seorang jemaah haji asal Kecamatan Katobu, Kota Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) meninggal dunia saat melaksanakan ibadah haji di Makkah.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Muna Kammarudin mengatakan, jemaah tersebut bernama Abdullah Amin yang berkediaman di Jalan Sukawati, Kota Raha. Kata dia, Abdullah Amin masuk dalam kloter 38 jemaah haji Muna yang berangkat bersama istrinya.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

” Usianya di atas 60 tahun. Tidak ada riwayat penyakit karena orang yang berangkat haji itu sudah steril semua. Kalau ada riwayat penyakit, apalagi membahayakan nyawanya tidak mungkin diberangkatkan,” ungkap Kammarudin via telepon WhatsApp pada Senin (17/6/2024).

Kata Kammarudin, Abdullah Amin meninggal pada 8 Hijriah atau tanggal 15 Juni 2024. Semua rukun dan sunnah haji sudah dilaksanakannya, tinggal wukuf di Arafah.

Kammarudin menyebut, belum ada keterangan resmi dari dokter yang sampai kepadanya terkait penyebab kematian jemaah haji tersebut. Namun, kata dia rata-rata yang meninggal saat menunaikan ibadah haji karena kelelahan.

“Belum ada informasi resmi dari kedokteran tentang apa penyakitnya. Belum diberikan kepada saya,” tambahnya.

Selain itu, Kemenag Muna mengaku tidak mendapat pula informasi untuk kepulangan jenazah yang berarti jenazah Abdullah Amin dimakamkan di Makkah.

Kamamarudin melaporkan jumlah jemaah haji asal Kabupaten Muna yang berangkat tahun 2024 sebanyak 61 orang yang terdiri dari 21 orang laki-laki dan 40 orang perempuan.

Dari total tersebut, satu diantaranya telah meninggal dunia, sementara 60 orang lainnya termasuk 6 lansia di dalamnya dalam kondisi sehat dan telah melaksanakan wukuf di Arafah, mabid di Musdalifah dan sekarang berada di Minah.

“Diperkirakan tanggal 16 Juli 2024 kloter 38 dari Muna akan kembali,” tutup Kammarudin. (—–)

Kontributor: Ismu Samadhani

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan